Bisnis

Kiat Sukses Usaha Rumahan Terbaru

Kiat Sukses Usaha Rumahan – Menjalankan usaha rumahan memang sangat menyenangkan, karena anda tidak harus keluar rumah setiap hari untuk menghadapi kemacetan dan hujan. Namun, untuk meraih kesuksesan dalam menjalani usaha rumahan juga diperlukan strategi yang bagus agar usaha rumahan anda bisa berkembang dengan cepat dan mampu bertahan dalam menghadapi persaingan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalani usaha rumahan supaya dapat berkembang dengan pesat dan lebih dikenal oleh banyak orang.

Keunikan
Setiap produk usaha pasti mempunyai ciri khas tersendiri atau keunikan. Buatlah suatu yang beda dengan produk lain. Misalkan produk anda adalah nasi uduk, kemudian buat sesuatu yang unik dari nasi uduk buatan anda, atau bisa juga anda campur dengan lauk yang menarik.

Pemasaran
Untuk sistem pemasarannya anda bisa memanfaatkan internet seperti promosi di social media, bergabung di berbagai mailing list sesuai dengan produk anda, promosi di berbagai forum online. Cara lainnya anda bisa mengikuti bazar, menyebar brosur, memasang spanduk atau banner dan lainnya.

Pengaturan Keuangan
Dalam menjalankan usaha anda juga harus pintar dalam mengatur keuangan. Jangan sampai keuangan usaha anda digabung dengan keuangan pribadi anda. Cara menyiasatinya anda bisa membuat 2 kartu atm, yang satu kartu atm untuk menyimpan keuangan usaha anda dan yang satu atm lagi untuk keuangan proibadi anda.

Kualitas Produk
Anda harus memperhatikan kualitas produk usaha anda, sehingga konsumen anda merasa puas saat membeli produk anda. Jika konsumen sudah merasa puas maka jangan heran jika konsumen akan balik lagi untuk membeli produk anda sehingga terciptalah repeat order.

Kebersihan Tempat
Hal lain yang harus diperhatikan adalah kebersihan tempat usaha anda. Apalagi jika usaha yang anda miliki berhubungan dengan kuliner, maka yang akan diperhatikan oleh pembeli anda adalah kebersihan tempat usaha anda.

Pelayanan
Jika anda memasuki restaurant Mc Donald maka anda akan disambut dengan hangat oleh para karyawannya sehingga terciptalah suasana yang nyaman di dalam Mc Donald. Begitupula dengan usaha rumahan yang anda jalani, berikanlah pelayanan yang baik sehingga pembeli anda merasa nyaman dan betah.

Sistem Bisnis
Memiliki sistem bisnis yang baik dapat membuat usaha anda tetap berjalan walaupun tanpa kehadiran anda. Anda bisa membuat sistem bisnis untuk usaha anda sendiri dengan cara mengadopsi sistem bisnis usaha yang lain kemudian anda modifikasi sedikit sistem bisnis tersebut untuk diterapkan di dalam usaha anda.

Harga yang Sesuai
Sudah punya produk, sistem pemasaran juga sudah punya, berarti anda harus menentukan harga jual yang pas untuk produk anda sesuai pasaran. Jangan sampai harga yang anda buat terlalu mahal ataupun terlalu murah.

Fokus
Mungkin anda pernah merasa bosan dalam menjalani usaha rumahan, ketika anda melihat usaha lain yang mendapatkan keuntungan lebih tinggi lalu anda ingin mencoba juga usaha tersebut. Jika seperti ini berarti anda belum konsisten dalam menjalani usaha, maka dari itu anda harus fokus dalam satu usaha, jika usaha tersebut sudah berkembang barulah anda bisa mencoba usaha atau bisnis yang lain.

Kerja Keras
Salah satu kunci sukses dalam menjalankan usaha adalah kerja keras. Mereka yang suskes saat ini pasti  pernah mengalami jatuh bangun, menghadapi berbagai macam kendala dan resiko, namun mereka tetap kerja keras sehingga kesuksesan pun bisa diraih dengan mudah.

Kerja Cerdas
Selain kerja keras, anda juga harus kerja cerdas. Dengan kerja cerdas dapat menyingkat waktu anda, misalkan anda mengangkat 10 tabung gas, jika kerja keras mungkin anda akan mengangkat dengan tangan, namun pastinya sangat membutuhkan waktu. Jika dengan kerja cerdas anda bisa menggunakan troli atau kereta dorong untuk mengangkat 10 tabung gas sekaligus tanpa menguras waktu.

Demikian beberapa tips yang dapat saya berikan. Semoga artikel “ Kiat sukses usaha rumahan” dapat bermanfaat untuk anda.

To top