Bisnis

Cara Mudah Memulai Bisnis Untuk Pemula

Cara mudah memulai bisnis – Kata siapa bisnis hanya untuk orang pintar? Semua orang juga bisa kok untuk memulai bisnis, malah banyak pengusaha sukses yang bermasalah dengan sekolahnya seperti, Bill Gates ( pendiri Microsoft yang pernah di DO dari kampus), Mark Zuckeberg ( Pendiri Facebook yang juga di DO dari kampus), Bob Sadino ( pengusaha nyentrik yang mengajak orang untuk belajar goblok) dan masih banyak yang lainnya.

Kebanyakan pengusaha sukses merintis bisnisnya mulai dari nol. Ayam bakar Mas Mono mungkin sudah tidak asing di telinga anda, pertama kali Mas Mono menjual ayam bakarnya dipinggir jalan, berkat ketekunannya sekarang dia memiliki banyak karyawan dan mengembangkan banyak cabang.

Jika anda masih pemula dalam berbisnis, sebaiknya anda simak beberapa tips berikut agar dapat memulai bisnis dengan cara yang tepat sehingga bisnis yang anda jalankan dapat bertahan lama dan semakin berkembang.

Cara Mudah Memulai Bisnis

Pilih Bisnis yang Sesuai dengan Minat Anda
Jika anda masih bingung dalam memilih bisnis, maka sebaiknya pilihlah bisnis yang sesua dengan minat dan kemampuan anda. Jika anda hobi makan maka anda bisa mencoba memulai bisnis kuliner, jika anda menguasai pemograman komputer maka anda bisa mencoba memulai bisnis aplikasi.
Jangan sampai ada salah memilih bisnis, karena sangatlah disayangkan jika sudah mengeluarkan banyak modal untuk berbisnis tapi tidak bisa bertahan lama dan langsung bangkrut. Selain itu, dengan memilih bisnis sesuai kemampuan dan minat anda, apapun resikonya dapat anda hadapi dengan mudah.

Modal yang Cukup
Untuk memulai bisnis memang diperlukan modal, namun tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Dengan  modal yang terbatas pun anda juga bisa memulai usaha, sekarang ini banyak sekali usaha atau bisnis dengan modal minim yang dapat anda lakukan.

Jika bisnis anda sudah menghasilkan keuntungan yang banyak ,maka anda bisa gunakan keuntungan tersebut untuk mengembangkan bisnis anda.

Kerja Keras dan Kerja Cerdas
Pada saat awal-awal memulai bisnis memang dibutuhkan kerja keras tapi juga harus diimbangi dengan kerja yang cerdas. Misalkan, anda menjalankan bisnis es teh manis, agar bisnis anda bisa dikenal dan diketahui banyak orang maka anda bisa menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah dan ke kantor-kantor yang ada disekitar tempat anda berjualan. Sehingga anda bisa menjaring lebih banyak pembeli, daripada hanya sekedar menunggu di tempat jualan sampai ada pembeli yang datang

Cara Memulai Bisnis Online

Memilih Lokasi yang Tepat
Pemilihan lokasi juga menjadi faktor pendukung agar bisnis anda dapat bertahan lama. Jangan sampai karena salah memilih lokasi membuat bisnis anda langsung down dan tidak mendapat keuntungan sama sekali. Misalkan, anda mendirikan bisnis periklanan, maka anda bisa memilih lokasi yang berada di zona bisnis sehingga mudah dijangkau oleh klien-klien anda. Contoh lainnya, misalkan anda mempunyai bisnis pisang goreng, maka anda bisa memilih lokasi di pinggir jalan ataupun di teras supermarket yang ramai oleh pengunjung.

Jika anda memulai bisnis kuliner maka anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan tikungan jalan, atau anda bisa memilih lokasi yang sering dijadikan tempat nongkrong oleh anak-anak muda.

Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran
Hal ini sangatlah penting untuk para pemula yang baru memulai bisnis, jangan sampai besar pasak daripada tiang. Aturlah sebaik mungkin laba dan rugi pada bisnis anda dengan menggunakan pembukuan yang tepat dan jangan pernah anda satukan antara keuangan bisnis dengan keuangan pribadi anda.

Sebaiknya anda buat pembukuan untuk penjualan, pembelian bahan baku, serta pembukuan untuk laba dan rugi. Sehingga keuangan pada bisnis anda menjadi teratur.

Demikian informasi atau tips yang bisa saya berikan, semoga artikel “Cara Mudah Memulai Bisnis Untuk Pemula” dapat bermanfaat untuk anda.

To top