Kesehatan

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Sehat

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh – Perubahan cuaca, pekerjaan yang menumpuk, kurang tidur, pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun, apalagi bila itu terjadi dalam waktu yang lama bahkan sudah menjadi rutinitas harian, resiko sakit pun sudah tidak bisa ditolak lagi. Daya tahan tubuh yang lemah membuat virus, kuman, bakteri, dan jamur penyebab penyakit lebih mudah masuk ke dalam tubuh manusia untuk mengacaukan sistem kerja tubuh sehingga tubuh tidak bisa bertahan lebih lama lantas sakit. Cara menjaga daya tahan tubuh agar sehat selalu sebenarnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu rutin makan, tidur cukup dan berolahraga.  Lebih lengkapnya lagi mengenai cara menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar selalu sehat bisa Anda simak sebagai berikut ini:

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Istirahat cukup
Daya tahan tubuh bisa kembali pulih dengan baik ketika Anda istirahat dengan cukup. Selama tidur, tubuh Anda akan menjadi lebih rileks, segala masalah yang Anda pikirkan untuk sementara waktu bisa dilupakan,  agar tidak mimpi buruk, sebaiknya Anda melakukan beberapa metode alami terlebih dahulu, seperti minum susu atau menyimak cerita romantis, bisa dari drama televisi atau cerita novel remaja yang ringan. Hindari kebiasaan menonton atau membaca cerita horror atau misteri sebelum tidur, jangan lupa untuk mematikan televisi terlebih dahulu karena siaran televisi bisa ikut masuk ke alam bawah sadar Anda. Tidur 8 jam setiap hari akan membuat Anda lebih segar di pagi hari.

Matikan lampu saat tidur
Kabarnya disaat Anda mematikan lampu saat tidur di malam hari bisa bermanfaat untuk menjaga dan mengatasi problem daya tahan tubuh, dikarenakan hormon melatonin akan berproduksi lebih banyak disaat Anda tertidur lelap dengan lampu yang padam.

Makan teratur
Cara menjaga daya tahan tubuh agar sehat dengan lebih memerhatikan pola makan Anda. Sudah sehatkah makanan yang Anda konsumsi selama ini? Sudah benarkah pola makan Anda? Jawablah dengan jujur kedua pertanyaan tersebut agar Anda lebih mudah menemukan solusinya. Makan teratur dengan memerhatikan keseimbangan nutrisi menjadi hal yang kadang tidak diperhatikan oleh banyak orang, terutama mereka yang terlalu sibuk bekerja, sekelas work holic yang lebih tertarik untuk menyelesaikan pekerjaan dibandingkan dengan makan atau tidur.

Pola makan bisa  sangat mempengaruhi daya tahan tubuh, bagaimana Anda tidak terkena anemia atau maag bila Anda jarang sekali sarapan atau makan siang. Biasakan untuk selalu menyediakan sedikit cemilan sehat di tas Anda, sehingga disaat tidak memungkinkan sekali pun, Anda tetap cukup makan dan tidak merasa kelaparan. Makan teratur memang penting, namun lebih baik lagi bila makanan yang Anda konsumsi itu sehat, bebas lemak jenuh, bebas kolesterol dan rendah kalori. Pastikan juga untuk selalu mengkonsumsi sayur dan buah-buahan sebagai sumber serat setiap harinya.

Berpikir positif
Berpikir positif itu penting untuk menjaga kesehatan otak. Lantas, bagaimana bila Anda termasuk seseorang yang pesimis. Cara terbaik untuk membangun sikap positif dan optimis adalah belajar dari orang lain yang menurut Anda pantas untuk dikagumi dan dipelajari jalan hidupnya. Banyak tokoh hebat yang awalnya tidak begitu mencolok, tidak banyak bergaul dengan orang lain, tapi bisa sukses dengan bidangnya, Anda bisa belajar dari pengalaman tersebut.

Cara menjaga daya tahan tubuh agar sehat selalu, jauh dari penyakit fisik atau pun penyakit hati. Ayo mulai saat ini rubah pandangan Anda mengenai kesehatan dan jaga selalu daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

To top