Kesehatan

Cara Menghilangkan Stres Secara Alami

Cara Menghilangkan Stres Secara Alami – Dalam hidup Anda tentu seringkali berhadapan pada satu masalah yang cukup rumit dan sangat sulit untuk dipecahkan, entah itu masalah yang berkaitan dengan keluarga atau masalah di lingkungan kerja. Masalah yang datang bertubi-tubi tanpa penyelesaian yang cepat secara perlahan-lahan akan membuat diri Anda tertekan, khususnya secara emosional.

Anda menjadi mudah marah, mencemaskan sesuatu dengan emosi yang mudah meledak yang mana bisa memicu tekanan pada saraf otak sehingga Anda mengalami stres atau depresi. Memecahkan masalah dengan kepala dingin merupakan cara yang terbaik dan cukup efektif, menjadi salah satu alternatif cara yang aman umtuk menghindari stres. Lalu, bagaimana bila Anda sudah terlanjur tertekan dan stres?

Cara menghilangkan stres secara alami dinilai sebagai metode yang paling baik untuk mengembalikan kesehatan pikiran Anda. Berikut ini beberapa cara alami yang dianggap mampu untuk membantu mengatasi stres:

Cara Menghilangkan Stres

Carilah udara segar
Hal yang paling penting dalam mengembalikan kesegaran pikiran dari berbagai masalah memusingkan adalah dengan membawa diri Anda sendiri ke tempat yang menenangkan. Carilah tempat yang tenang, nyaman dengan kualitas udara yang terbaik yang mana jauh dari polusi udara, seperti udara pegunungan atau udara laut yang segar. Ketika berada di lingkungan tenang dengan udara segar secara otomatis pikiran Anda akan ikut merasa tenang, saraf yang tegang bisa ikut tenang. Namun, bila Anda tidak bisa berada jauh dari lingkungan rumah, tempatkanlah beberapa pot tanaman di rumah atau bisa juga di atas meja kerja Anda. Karena menurut penelitian di Universitas Amerika, menyimpan tanaman di meja kerja akan membantu menurunkan tekanan darah sehingga resiko stres bisa ditekan.

Lakukan kegiatan yang menyenangkan
Cara menghilangkan stres secara alami bisa juga dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan yang Anda sukai. Metode teraman dan termudah yang paling cocok untuk Anda, Anda bisa menjadwalkan selama satu hari penuh ketika libur kerja untuk melakukan 70% kegiatan yang menyenangkan, sedangkan 30% lainnya bisa dialihkan untuk melakukan pekerjaan rumah atau mengurus hal-hal kecil yang sering terlewatkan ketika Anda sibuk bekerja.

Melakukan kegiatan menyenangkan harus didasari oleh kesukaan Anda, jangan sampai Anda justru merasa tertekan ketika hari libur. Membaca cerita fiksi, menonton televisi drama, karaoke, memasak, berbelanja dengan teman, memanjakan diri di salon atau hanya tidur saja bisa menjadi pilihan terbaik untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan yang sebenarnya akan sangat sulit sekali untuk Anda dapatkan dalam kondisi biasa di hari kerja.

Gerakan kaki dan tangan
Kabarnya menggerakkan kaki atau tangan akan merangsang sinyal ke otak untuk menjadi lebih tenang dan nyaman dengan seketika. Gerakan kaki yang bisa menjadi pilihan adalah, olahraga sepak bola, panjat tebing atau berlari sedangkan gerakan tangan bisa dengan melakukan pekerjaan rumah, bermain alat musik dsb.

Rileksasi dengan membayangkan tempat yang menenangkan
Rileksasi atau meditasi adalah cara menghilangkan stres yang cukup unik dan sangatlah mudah. Agar metode ini bekerja dengan maksimal, setidaknya Anda harus berada di lingkungan yang tenang, mungkin paling cocok dilakukan disaat orang rumah sedang tidak ada di tempat.  Meditasi dengan memusatkan pikiran bukan mengosongkan pikiran, pusatkan pikiran Anda pada suatu tempat menyenangkan yang sangat tenang, atau lebih mudah dengan memusatkan perhatian Anda pada tempat impian yang ingin Anda kinjungi dalam waktu dekat ini.

Cara menghilangkan stres secara alami di atas dijamin bisa membantu Anda keluar dari situasi yang tidak menyenangkan dengan sementara, karena hakekatnya masalah tercipta untuk diselesaikan. Semoga artikel menurutparaahli.com tentang kesehatan yang ada di blog menurutparaahli.com bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

To top