Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Apakah Mimpi Bisa Jadi Kenyataan? Inilah Ciri-Ciri dan Pertandanya!

Apakah Mimpi Bisa Jadi Kenyataan? — menurutparaahli.com. Bisakah mimpi menjadi kenyataan di masa depan? Pertanyaan itu sering mengganggu pikiran, setiap kali kita mengalami mimpi yang terasa sangat nyata.

Jika dilihat berdasarkan fakta, ada banyak sekali misteri tentang mimpi yang jadi nyata. Bahkan tidak sedikit orang yang pernah mengalaminya. Lalu apa bedanya arti mimpi yang bisa jadi nyata dengan mimpi-mimpi tanpa makna yang cuma bunga tidur?

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas rahasia mengenai apakah mimpi bisa jadi kenyataan. Mulai dari fakta-fakta, waktu mimpi, hingga ciri-ciri mimpi yang menjadi kenyataan. Selamat menyimak!

Apakah Mimpi Bisa Jadi Kenyataan

Apakah mimpi bisa jadi kenyataan? Temukan jawaban nya dalam artikel ini

Apakah Mimpi Bisa Jadi Kenyataan?

Jika Anda bertanya apakah mimpi bisa menjadi kenyataan, maka jawabannya adalah “ya”, ada banyak kasus dimana mimpi berubah menjadi kenyataan. Namun tentu sulit dibedakan, apakah mimpi-mimpi itu benar-benar memprediksi masa depan atau cuma kebetulan belaka.

Mimpi yang menjadi kenyataan disebut mimpi prekognitif (precognitive dreams). Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa 18%-39% orang pernah mengalami mimpi prekognitif selama hidupnya. Bahkan ada banyak kasus-kasus mengenai mimpi ini yang terkenal, seperti misalnya:

  • 19 korban kapal Titanic konon mengalami mimpi tentang tenggelam nya kapal tersebut
  • Abraham Lincoln (presiden Amerika ke -16) yang memimpikan bahwa dia akan dibunuh sebelum dia benar-benar dibunuh
  • Banyak korban tragedi teror 9/11 yang konon bermimpi tentang terjadinya musibah tersebut
  • Mark Twain, seorang penulis terkemuka, mengalami mimpi tentang kematian saudaranya

Sementara di Indonesia sendiri tentu sangat banyak kisah-kisah mengenai mimpi yang jadi kenyataan. Sampai-sampai tak bisa disebut satu-persatu. Mulai dari mimpi yang menjadi firasat musibah, atau bahkan kecelakaan yang akan menimpanya.

Banyak yang mengaitkan mimpi ini dengan berbagai hal klenik, mitos, dan kewaskitaan. Bahkan ada yang menganggapnya sebagai sejenis perjalanan waktu atau time travel.

Penjelasan Ilmiah Tentang Apakah Mimpi Bisa Jadi Kenyataan

Jika dilihat secara ilmiah sebenarnya tidak ada tindakan “meramal” masa depan. Dalam sebuah jurnal ilmiah, disebutkan bahwa mimpi kita muncul dari pengkodean yang rumit mengenai insting, ingatan, kesan, dan berbagai seluk beluk dari masa lalu.

Kemudian secara tidak sadar otak kita menghubungkan ingatan dari masa lalu dengan probabilitas atau kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. Hal inilah yang memunculkan gambaran prediksi tentang masa depan. Sehingga seolah-olah mimpi kita menjadi nyata.

Ciri Ciri Mimpi Yang Akan Jadi Kenyataan

Ciri Ciri Mimpi Yang Akan Jadi Kenyataan

Banyak yang beranggapan bahwa mimpi merupakan pertanda dan prediksi dari suatu peristiwa. Sebuah petunjuk tentu hanya akan berguna sebelum kejadian buruk menimpa kita. Sayangnya, kebenaran dari firasat mimpi tersebut hanya bisa diketahui setelah kejadian di dalam mimpi itu menimpa kita.

Karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri mimpi yang sering jadi kenyataan. Agar kita bisa menghindari berbagai petaka yang mungkin akan menimpa kita. Berikut adalah beberapa ciri-ciri mimpi yang akan jadi kenyataan:

  • Berada Dalam Keadaan Tenang Dan Tidak Stres Atau Tertekan.

Perasaan dan emosi sangat mempengaruhi mimpi kita. Karena itu, saat anda merasa kelelahan dan stress, biasanya akan banyak mengalami mimpi buruk.

Nah jika Anda sedang dalam kondisi tenang dan mengalami mimpi buruk. Maka kemungkinan besar impian itu adalah salah satu firasat mimpi yang bisa jadi nyata.

Berdasarkan fakta, precognitive dream atau mimpi yang jadi nyata memang lebih banyak dialami orang-orang yang memiliki ketenangan jiwa dan pikiran. Mereka biasanya memiliki intuisi yang tajam, emosi yang terkendali, serta kreatif. Bahkan bisa menangkap makna yang tak bisa ditangkap orang kebanyakan.

  • Mimpi Anda Masuk Akal, Runut, Dan Terasa Sangat Nyata

Jika Anda mengalami mimpi yang terasa begitu jelas dan nyata. Sampai-sampai saat terbangun sulit dibedakan apakah itu mimpi atau bukan. Atau bisa juga Anda mengalami mimpi yang terus menerus atau berturut-turut. Maka kemungkinan mimpi itu adalah ciri ciri mimpi yang akan jadi kenyataan.

  • Merasakan Hal-Hal Aneh Dan Ganjil Dalam Mimpi

Anda mungkin pernah mengalami mimpi yang menyebabkan Anda merasa sangat ganjil. Seperti perasaan bahwa semua mimpi itu akan menimpa Anda. Hal semacam ini bisa juga menjadi pertanda dari mimpi yang akan jadi kenyataan.

  • Adanya Keterkaitan Antara Mimpi Dengan Kondisi Anda Di Dunia Nyata

Biasanya mimpi yang akan menjadi kenyataan memiliki hubungan erat dengan kejadian di dunia nyata. Misalnya saja mimpi mengalami kecelakaan pesawat saat Anda akan bepergian dengan pesawat terbang. Mimpi semacam ini juga berpotensi menjadi kenyataan.

Namun terkadang susah untuk mengetahui keterkaitan antara mimpi yang kita alami dengan kehidupan di dunia nyata. Jadi sangat sulit untuk memprediksi kebenaran dari firasat mimpi yang kita alami.

Mimpi Yang Seperti Nyata Tetapi Bersifat Semu

Seringkali kita merasa mimpi kita menjadi nyata, padahal kejadian itu hanya kebetulan belaka. Karena itu ada beberapa bentuk pengecualian dari mimpi-mimpi yang jadi kenyataan dengan mimpi yang hanya kebetulan menjadi nyata:

  • Anda Sudah Mengetahui Bahwa Peristiwa Tersebut Akan Terjadi

Contohnya saja saat anda berencana piknik ke suatu tempat wisata, dan bermimpi pergi ke tempat tersebut. Mimpi sejenis ini bukanlah precognitive dreams.

  • Mimpi Yang Jadi Nyata Akibat Peluang Dan Probabilitas

Misalnya saja jika anda bermimpi tentang pemilihan kepala desa dan di menangkan oleh salah satu calon. Impian semacam ini bukan mimpi yang jadi kenyataan. Karena mimpi ini berkaitan dengan peluang sebuah kejadian. Jika bukan calon kades yang Anda mimpikan pemenangnya, sudah pasti pemenangnya calon lainnya kan?

  • Self Fulfilling Propechy

Self Fulfilling Propechy adalah sebutan dimana kita berusaha untuk mendapatkan atau mengalami apa yang terjadi dalam mimpi. Misalnya saat kita mimpi bertemu dengan orang yang kita suka, dan keesokan harinya berusaha menemui orang itu. Mimpi semacam ini jelas bukan jenis mimpi yang menjadi kenyataan. Karena kita sendiri yang berusaha membelokkan kenyataan atau realitas kita

  • Mimpi Dalam Pengaruh Hipnosis, Anestesi, Atau Telepati

Saat kita mengalami mimpi dalam pengaruh obat-obatan psikotropika, misalnya obat bius. Ada kemungkinan kita akan akan mengalami pengalaman mimpi aneh yang terasa nyata. Namun mimpi itu biasanya memang muncul karena saraf otak kita berada dalam pengaruh obat yang mempengaruhi sistem saraf.

Demikian juga saat Anda berada dalam kondisi hipnotis atau telepati. Karena pikiran Anda mungkin dipengaruhi tekanan energi dan komunikasi bawah sadar dari orang lain.

Waktu Mimpi Yang Menjadi Kenyataan

Menurut primbon jawa, mimpi kita alami di jam-jam tertentu memiliki beberapa makna khusus. Pukul berapa mimpi yang jadi kenyataan muncul? Berikut adalah arti mimpi primbon jawa berdasarkan jam mimpi yang menjadi kenyataan:

  • Titioni

Ini adalah sebutan untuk mimpi yang dialami sekitar jam 21.00-23.00. Mimpi yang dialami pada jam-jam ini biasanya berasal dari kejadian sehari-hari yang kita alami di hari tersebut.

  • Gondoyoni

Gondoyoni merupakan sebutan primbon jawa untuk mimpi yang dialami pada jam 23.00-01.00. Konon mimpi-mimpi yang dialami pada jam ini berasal dari keinginan dan harapan kita. Namun tak bisa dipastikan apakah semua itu akan menjadi kenyataan atau tidak.

  • Puspatajem

Jika Anda mengalami mimpi sekitar pukul 01.00-03.00, mimpi itu disebut Puspatajem dalam primbon Jawa. Dikabarkan bahwa waktu mimpi ini lah yang merupakan jam mimpi yang menjadi kenyataan.Arti dari mimpi-mimpi yang dialami pada dini hari ini biasanya berupa firasat atau pertanda dari kejadian yang mungkin menimpa kita.

Demikian berbagai penjelasan mengenai apakah mimpi bisa jadi kenyataan, yang bisa menurutparaahli.com sampaikan. Semua hal tersebut memang berada diluar nalar dan akal pikiran manusia.

Sumber ingatan dari mimpi juga seringkali tidak jelas. Karena itu arti dari sebuah mimpi merupakan sistem terbuka, yang berpotensi terbuka untuk interpretasi baru atau tambahan. Akibatnya, ada 1001 tafsir mimpi yang berbeda-beda. Bahkan dunia ilmu pengetahuan sendiri belum bisa sepenuhnya memecahkan misteri dari mimpi-mimpi yang menjadi kenyataan.


Referensi: 

 


Author: Sarif Hidayat

Artikel arti mimpi yang saya tulis dirangkum dan ditafsirkan dari berbagai sumber di internet. Interpretasi mimpi tidak dibuat berdasarkan fakta. Jadi sangat wajar jika Anda menemukan tafsir yang tidak sesuai kenyataan.

Comments are closed.