Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Xanthoma – Zygote Intrafallopian Transfer)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Xanthoma – Zygote Intrafallopian Transfer) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Wabah – Wilayah Perut). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Xanthoma - Zygote Intrafallopian Transfer)

– Pengertian Xanthoma
Definisi Xanthoma adalah benjolan kulit kuning, lembut, dan sedikit terangkat. Xanthoma terbuat dari endapan kolesterol dan cukup umum pada kelopak mata, biasanya di kedua sisi. Kadang-kadang mereka dapat muncul tiba-tiba di area lain dari tubuh. Kondisi ini disebut xanthoma erupsi dan merupakan tanda bahwa kadar lemak darah terlalu tinggi.

– Pengertian Xantokromia
Definisi Xantokromia adalah perubahan warna kekuningan, biasanya berhubungan dengan cairan tulang belakang.

– Pengertian Xenograft
Definisi Xenograft (xenotransplant) adalah transplantasi organ atau jaringan dari spesies yang berbeda.

– Pengertian Xeroderma
Definisi Xenograft dan xenotransplantasi adalah transplantasi sel antar spesies.

– Pengertian Xeroderma Pigmentosum
Definisi Xeroderma Pigmentosum adalah kulit abnormal kering.

– Pengertian Xerograft
Definisi Xeroderma pigmentosum adalah sebuah penyakit genetik yang ditandai dengan sensitivitas yang luar biasa seperti sinar matahari sehingga menyebabkan perkembangan kanker kulit pada usia yang sangat dini. Anak-anak dengan xeroderma pigmentosum (XP) hanya bisa bermain di luar dengan aman setelah malam tiba. Mereka disebut anak tengah malam, anak gelap, anak malam dan, bahkan, anak vampir.

– Pengertian Xerosis
Definisi Xerosis adalah istilah untuk kulit kering. Kita semua memiliki lapisan minyak alami di kulit kita yang dihasilkan oleh kelenjar minyak kulit. Jika minyak ini kurang maka kulit menjadi kering yang dapat menyebabkan keretakan dan peradangan.

– Pengertian Xerostomia
Definisi Xerostomia adalah mulut kering yang disebabkan oleh berkurang atau tidak adanya air liur. Kondisi ini dapat mengakibatkan ketidaknyamanan, gangguan bicara dan menelan, membuat gigi palsu sulit dikenakan sulit, menyebabkan halitosis (bau mulut), dan merusak kebersihan mulut dengan menyebabkan penurunan pH oral dan peningkatan pertumbuhan bakteri. Xerostomia dalam waktu lama dapat mengakibatkan kerusakan gigi yang parah dan kandidiasis mulut. Xerostomia adalah keluhan umum di kalangan lanjut usia, memengaruhi sekitar 20% dari mereka. Xerostomia biasanya disebabkan oleh obat, radiasi kepala dan leher (untuk pengobatan kanker) dan gangguan sistemik.

– Pengertian Yodium
Definisi Yodium (iodine) adalah mineral non-logam yang diperlukan untuk metabolisme sel-sel. Yodium terutama dibutuhkan untuk pembentukan hormon-hormon tiroid. yodium juga digunakan sebagai agen radiokontras dalam prosedur pemindaian sinar-X. Radiokontras berbasis yodium dapat digunakan hampir di mana saja di tubuh. Yodium biasanya disuntikkan ke pembuluh darah vena, tetapi dapat juga disuntikkan ke arteri, tulang belakang, atau perut.

– Pengertian Yoga
Definisi Yoga adalah sistem latihan low impact lembut yang berfokus pada postur tubuh, pernapasan, dan meditasi. Yoga berasal dari praktik India kuno dan telah menjadi teknik terapi terkemuka di dunia. Dengan mengadopsi postur yang sangat mendasar dan kadang-kadang sangat kompleks dan teknik pernapasan, tujuan yoga adalah memberikan sejumlah manfaat fisik dan mental. Yoga dapat membantu meredakan sakit otot dan tulang dengan merehabilitasi cedera otot dan tulang serta mencegah kembalinya cedera melalui peregangan, penguatan dan keselarasan tubuh.Yoga juga dapat meningkatkan oksigen ke otak dan menyebabkan respon relaksasi yang mengurangi ketegangan otot dan stres.

– Pengertian Zigot
Definisi Zigot adalah sebuah sel tunggal, telur yang baru dibuahi.

– Pengertian Zinc
Definisi Zinc (seng) adalah sebuah mineral penting dengan berbagai fungsi dalam tubuh manusia. Zinc merupakan komponen dari lebih dari 300 enzim yang diperlukan untuk memperbaiki luka, mempertahankan kesuburan pada orang dewasa dan pertumbuhan pada anak-anak, mensintesis protein, membantu sel bereproduksi, mempertahankan visi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melindungi terhadap radikal bebas. Zinc dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk memanfaatkan tembaga, mineral penting lainnya. Kemampuan untuk mengganggu tembaga ini membuat terapi zinc penting bagi penderita penyakit Wilson, suatu kondisi genetik yang menyebabkan kelebihan tembaga.

– Pengertian Zona Ablasi
Definisi Zona ablasi adalah area jaringan yang akan dihapus selama operasi laser.

– Pengertian Zona Erotis
Definisi Zona erotis atau zona erogen (erogenous zone) adalah bagian khusus tubuh laki-laki dan perempuan yang mampu membangkitkan hasrat dan kenikmatan seksual.

– Pengertian Zona Pelusida
Definisi Zona pelusida adalah membran tebal transparan di sekitar sel telur mamalia yang dapat ditembus oleh sperma dalam proses pembuahan. Zona pelusida akan tetap eksis sampai telur yang telah dibuahi (embrio) melepaskannya dalam proses yang disebut penetasan (hatching).

– Pengertian Zona T
Definisi Zona T adalah dahi, hidung dan dagu. Ada kelenjar minyak lebih banyak di daerah ini sehingga menyebabkan kecenderungan yang lebih besar untuk jerawat, komedo, whitehead dan masalah jerawat lainnya.

– Pengertian Zoofilia
Definisi Zoofilia adalah sebuah parafilia dari jenis stigmatis/eligibilik di mana gairah erotik seksual dan pencapaian orgasme membutuhkan dan bergantung pada keterlibatan aktivitas seksual spesies lain, yaitu dengan hewan (dari bahasa Yunani, zoon yang berarti hewan dan filia yang berarti cinta). Disebut juga bestialiti. Hubungan seksual (oral atau genital) dengan binatang dapat terjadi secara sporadis tanpa harus mengarah ke jangka panjang.

– Pengertian Zoonosis
Definisi Zoonosis adalah suatu infeksi atau infestasi yang dapat diidap oleh manusia dan hewan lain yang merupakan host normal atau biasanya; sebuah penyakit manusia yang diperoleh dari sumber hewan.

– Pengertian Zygote Intrafallopian Transfer
Definisi Zygote intrafallopian transfer (ZIFT) adalah sebuah prosedur teknologi reproduksi berbantuan di mana telur diambil dari ovarium seorang wanita lalu dibuahi di luar tubuhnya. Sebuah laparoskop kemudian digunakan untuk menempatkan zigot yang dihasilkan (telur yang telah dibuahi) ke dalam tuba falopi wanita melalui irisan kecil di perutnya.

loading...

Comments are closed.