Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Vena Dalam – Ventrikel)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Vena Dalam – Ventrikel) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Vasektomi – Vena Cava). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Vena Dalam - Ventrikel)

– Pengertian Vena Dalam
Definisi Vena dalam adalah vena yang terletak jauh di dalam jaringan otot dan biasanya terletak di dekat sebuah arteri yang sesuai dengan nama yang sama (misalnya, vena koroner, vena portal, vena hepatik, dll).

– Pengertian Vena Hepatik
Definisi Vena Hepatik adalah pembuluh darah yang membawa darah yang disaring dari hati ke jantung.

– Pengertian Vena Paru
Definisi Vena paru atau vena pulmoner adalah pembuluh yang darah beroksigen dari paru ke atrium kiri jantung.

– Pengertian Vena Portal
Definisi Vena portal adalah vena besar yang membawa darah kaya nutrisi dari usus dan limpa ke hati.

– Pengertian Vena Sistemik
Definisi Vena sistemik adalah pembuluh yang membawa darah miskin oksigen dari seluruh tubuh ke atrium kanan jantung.

– Pengertian Vena Superfisialis
Definisi Vena superfisialis adalah vena yang terletak dekat dengan permukaan kulit dan tidak terletak dekat dengan arteri yang sesuai.

– Pengertian Veneer
Definisi Veneer adalah sebuah lapisan gigi berwarna yang terdiri dari bahan komposit, porselen, keramik atau resin akrilik yang terpasang pada gigi. Veneer dapat menutupi hanya bagian luar dan tepi gigi atau dapat menyerupai 3/4 mahkota, tergantung pada jumlah perubahan yang diperlukan. Veneer dapat dibagi menjadi dua jenis: Veneer langsung: komposit terikat langsung ke gigi. Veneer tidak langsung: dibuat di laboratorium dari porselen / bahan keramik dan kemudian dilekatkan ke gigi.

– Pengertian Ventilasi
Definisi Ventilasi adalah pergerakan udara (gas) ke dalam dan keluar dari paru-paru.

– Pengertian Ventilator
Definisi Ventilator adalah sebuah perangkat yang memompa udara ke paru-paru pasien yang tidak dapat bernapas dengan baik dengan kemampuan sendiri.

– Pengertian Ventricle Peritoneal Shunt
Definisi Ventricle Peritoneal Shunt (juga disebut VP shunt) adalah alat yang digunakan untuk mengalirkan kelebihan cairan dari seluruh otak untuk mengurangi tekanan.

– Pengertian Venipunktur
Definisi Venipunktur (venipuncture) adalah mengambil darah untuk sampel dengan jarum yang dimasukkan ke pembuluh darah vena, biasanya di lengan bawah.

– Pengertian Ventrikel Otak
Definisi Ventrikel otak adalah serangkaian ruang berongga kecil pada otak. Ada satu ventrikel lateral yang besar di setiap belahan otak. Ventrikel ketiga ada di tengah-depan, sementara ventrikel keempat terletak jauh di belakang-bawah (di dalam otak belakang). Ventrikel ketiga dan keempat dihubungkan oleh aqueduk serebri (brain aqueduct, juga disebut aqueduct of sylvius).

– Pengertian Ventrikulografi
Definisi Ventrikulografi adalah metode pencitraan otak yang menggunakan pewarna yang disuntikkan dan sinar-X untuk memvisualisasikan ventrikel otak.

– Pengertian Ventrikulostomi
Definisi Ventrikulostomi adalah prosedur bedah di mana dokter memotong lubang kecil di tengkorak dan menyisipkan tabung drainase plastik. Cairan serebrospinal akan dikuras dari dalam otak untuk meringankan tekanan.

– Pengertian Ventrikel
Definisi Ventrikel adalah ruang jantung yang bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Pada mamalia (termasuk manusia) dan burung, ada dua ventrikel, kiri dan kanan. Ventrikel kanan memompa darah terdeoksigenasi ke paru-paru melalui arteri paru, ventrikel kiri memompa oksigen darah ke tubuh melalui aorta. Ventrikel berisi cairan serebrospinal (CSF), yang juga mengisi celah lain di sekitar otak serta kanal pusat dari sumsum tulang belakang. CSF juga mengisi ruang sub-arakhnoid pada selubung pelindung meninges.

To top