Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (VAD – Valgus)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (VAD – Valgus) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Uropati Obstruktif – Uvula). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (VAD - Valgus)

– Pengertian VAD
Definisi VAD (vacuum assted delivery) adalah persalinan yang dibantu vakum. Dokter kebidanan menerapkan mangkuk hisap ke kepala bayi dan dengan lembut menariknya keluar, ketika ibu hamil terlalu lelah untuk secara efektif mendorong bayi yang posisinya sudah sangat rendah di panggul.

– Pengertian Vag1na
Definisi Vag1na adalah bagian tubuh perempuan yang mengubungkan rahim (uterus) dan leher rahim ke luar tubuh. Vag1na adalah tabung berotot yang dilapisi dengan selaput lendir. Pembukaannya adalah antara uretra (tempat keluar urin) dan anus. Vag1na memiliki elastisitas yang bagus, memungkinkan untuk masuknya penis untuk reproduksi. Selama kenikmatan seksual, cairan disekresi oleh dinding vag1na yang bertindak sebagai lubrikasi (pelumas) saat berhubungan seksual. Selama menstruasi, darah akan keluar melalui vag1na. Vag1na juga menjadi jalan lahir bagi bayi selama proses persalinan. Peradangan vag1na dikenal sebagai vaginitis.

– Pengertian Vaginismus
Definisi Vaginismus adalah gangguan seksual yang ditandai oleh pengetatan otot-otot sepertiga bagian luar vag1na yang seringkali menyakitkan. Seorang wanita dengan vaginismus tidak sengaja atau sadar mengkontraksi otot vag1na. Namun, ketika vag1na akan dipenetrasi, otot-ototnya mengencang secara spontan karena alasan psikologis atau lainnya. Vaginismus dapat terjadi dalam keadaan berbeda-beda. Kondisi ini dapat dimulai saat penetrasi vag1na pertama kali dicoba. Hal ini dikenal sebagai “vaginismus seumur hidup.” Sebaliknya, vaginismus dapat dimulai setelah periode fungsi seksual yang normal. Ini dikenal sebagai “vaginismus bentukan.” Bagi beberapa wanita, mengencangkan vag1na terjadi pada semua situasi di mana penetrasi vag1na dicoba (tipe umum). Bagi perempuan lainnya, hal itu terjadi hanya pada satu atau beberapa situasi, seperti selama pemeriksaan ginekologis di ruang dokter, atau dengan pasangan seks tertentu (tipe situasional).Agar kondisi didiagnosis sebagai vaginismus, respon harus karena faktor psikologis atau kombinasi dari faktor psikologis dan medis, tetapi tidak untuk faktor medis saja.

– Pengertian Vaginitis
Definisi Vaginitis adalah peradangan vag1na. Gejala yang menyertai adalah keputihan (leukorea) dan bau amis. Gejala lain seperti gatal-gatal, rasa terbakar, nyeri dan debit vag1na mungkin dirasakan. Namun, pada beberapa wanita vaginitis tidak memiliki gejala. Vaginitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur atau protozoa. Tiga jenis vaginitis yang paling umum adalah: Vaginitis bakteri: vaginosis bakteri/bacterial vaginosis. Vaginitis jamur/ragi (yeast): kandidiasis. Vaginitis jamur/ragi (yeast): kandidiasis. Vaginitis protozoa: trikomoniasis. Selain itu, vaginitis juga dapat disebabkan oleh virus (vaginitis virus) dan penyebab non-infeksi (vaginitis non-infeksi) dan hormonal (vaginitis atrofik).

– Pengertian Vaginitis Atrofik
Definisi Vaginitis atrofik adalah bentuk vaginitis tidak menular yang biasanya disebabkan oleh penurunan hormon karena menopause, operasi pengangkatan indung telur, terapi radiasi, atau bahkan setelah melahirkan – terutama pada wanita menyusui. Kurangnya estrogen menyebabkan jaringan vag1na mengering dan menipis dan juga dapat menyebabkan bercak.

– Pengertian Vaginitis Non-Infeksi
Definisi Vaginitis non-infeksi adalah tipe vaginitis yang biasanya mengacu pada iritasi vag1na tanpa infeksi. Paling sering, infeksi ini disebabkan oleh reaksi alergi, atau iritasi dari semprotan vag1na, perabaan, atau produk spermisida. Kondisi ini juga mungkin disebabkan oleh kepekaan terhadap sabun, pewangi, deterjen, atau pelembut kain.

– Pengertian Vaginitis Virus
Definisi Vaginitis virus adalah infeksi vag1na yang sangat umum, seringkali menular seksual, yang disebabkan oleh salah satu dari berbagai jenis virus seperti virus herpes simpleks, human papillomavirus, dll.

– Pengertian Vaginoplasti
Definisi Vaginoplasti, juga dikenal sebagai pengetatan atau peremajaan vag1na adalah prosedur kosmetik yang dapat membantu wanita untuk menerima dan memberi kenikmatan lebih saat berhubungan seks. Vaginoplasti dapat membantu wanita yang otot vag1nanya telah melonggar selama melahirkan. Otot vag1na yang longgar atau lemah dapat tidak nyaman dan memalukan dan dapat menyebabkan kesulitan saat berhubungan seks. Prosedur ini juga dapat membantu pasien inkontinensia urin stres. Vaginoplasti bekerja dengan mengencangkan otot vag1na dan jaringan pendukungnya. Dengan membuat vag1na sempit, sensasi gesekan dan kenikmatan selama hubungan seksual dapat ditingkatkan. Vaginoplasti biasanya dilakukan dibawah anestesi umum, namun dalam beberapa kasus juga mungkin untuk menggunakan kombinasi obat anestesi lokal dan obat sedatif untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

– Pengertian Vaginosis Bakteri
Definisi Vaginosis bakteri (bacterial vaginosis/BV) adalah kondisi pada wanita di mana keseimbangan normal bakteri di vag1na terganggu dan digantikan oleh pertumbuhan berlebih bakteri tertentu. Vag1na biasanya didominasi oleh bakteri yang baik, dan sedikit bakteri berbahaya. BV terjadi ketika ada peningkatan jumlah bakteri berbahaya tersebut. Salah satu jenis bakteri baik, Lactobacillus, sangat penting untuk menjaga lingkungan vag1na sedikit asam sehingga mengurangi pertumbuhan mikroorganisme lain yang berpotensi membahayakan. Ketika Lactobacillus diganti oleh berbagai jenis bakteri yang buruk, disebut bakteri anaerob, bau vag1na yang tidak menyenangkan terjadi. Hal ini kadang disertai dengan keluarnya cairan keputihan dan rasa nyeri, gatal, atau terbakar.

– Pengertian Vaksin
Definisi Vaksin adalah sebuah produk yang menghasilkan kekebalan sehingga melindungi tubuh dari penyakit. Vaksin diberikan melalui suntikan jarum, melalui mulut dan aerosol.

– Pengertian Vaksinasi
Definisi vaksinasi sebelumnya merujuk pada imunisasi cacar dengan virus cacar sapi yang kurang virulen. Kini penggunaannya lebih longgar dan mencakup semua imunisasi terhadap patogen.

– Pengertian Vaksinia
Definisi Vaksinia adalah infeksi, biasanya lokal dan terbatas pada tempat inokulasi, yang diinduksi ke manusia dengan inokulasi virus vaksinia (coxpox) untuk memberikan perlawanan terhadap cacar (variola). Pada sekitar hari ketiga setelah vaksinasi, papula terbentuk di lokasi inokulasi yang berubah menjadi vesikula terumbilikasi dan kemudian pustula, kemudian mengering dan keropengnya lepas pada sekitar hari ke-21 dengan meninggalkan bekas luka.

– Pengertian Vakum
Definisi Vakum atau ekstraktor vakum adalah alat yang melekat pada kepala bayi dan membantu membimbingnya keluar dari jalan lahir selama persalinan.

– Pengertian Vakuola
Definisi Vakuola adalah sebuah ruang atau rongga yang terbentuk dalam protoplasma sel.

– Pengertian Valgus
Definisi Valgus adalah deformitas yang menyebabkan tulang membengkok menjauhi garis tengah tubuh, seperti talipes valgus.

To top