Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Uremia – Urologi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Uremia – Urologi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ulna – Urea Reduction Ratio). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Uremia - Urologi)

– Pengertian Uremia
Definisi Uremia adalah kondisi yang terkait dengan penumpukan urea dalam darah karena ginjal tidak bekerja secara efektif. Gejala-gejalanya termasuk mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lemah, dan kebingungan mental.

– Pengertian Ureter
Definisi Ureter adalah tabung yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih.

– Pengertian Ureteroskop
Definisi Ureteroskop adalah sebuah alat untuk memeriksa kandung kemih dan ureter dan untuk menghilangkan batu ginjal melalui uretra. Prosedurnya disebut ureteroskopi.

– Pengertian Uretra
Definisi Uretra adalah tabung penyalur utama untuk pembuangan urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Pada laki-laki, uretra berjalan melalui penis dan menyalurkan 5emen serta urin. Pada wanita, uretra lebih pendek daripada pada pria dan keluar di atas bukaan vag1na di bawah klitoris.

– Pengertian Uretritis
Definisi Uretritis adalah iritasi dan pembengkakan uretra, saluran yang mengeluarkan urin dari tubuh. Penyebab uretritis adalah bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih secara umum (e. coli) atau bakteri penyakit menular seksual (klamidia, gonore, dll). Virus herpes seperti herpes simpleks dan sitomegalovirus juga dapat menyebabkan uretritis. Gejala umum uretritis adalah disuria, hematuria, sering buang air kecil, demam, dan mungkin rasa sakit ketika berhubungan seks (dispareunia). Pada wanita, uretritis dapat menimbulkan keputihan berlebihan (leukorea).

– Pengertian Uretrokel
Definisi Uretrokel adalah penonjolan uretra melalui struktur pendukung dari dinding anterior.

– Pengertian Urin
Definsii Urin adalah produk limbah cair yang disaring dari darah oleh ginjal, disimpan di dalam kandung kemih, dan dikeluarkan dari tubuh melalui uretra dengan tindakan berkemih atau buang air kecil.

– Pengertian Urinalisis
Definisi Urinalisis adalah pengujian sampel urin yang dapat mengungkapkan banyak masalah sistem kemih dan sistem tubuh lainnya. Sampel dapat diamati warna, kekeruhan, dan konsentrasinya; tanda-tanda penggunaan narkoba, komposisi kimia, termasuk kehadiran gula, protein, sel darah, atau kuman, atau tanda-tanda lain dari penyakit.

– Pengertian Urine Dip Stick
Definisi Urine dip-stick adalah strip kimia sensitif yang dapat direndam dalam sampel urin untuk memberikan hasil tes langsung; digunakan untuk skirining (penapisan) kondisi seperti diabetes, infeksi, atau pre-eklampsia.

– Pengertian Urobilin
Definisi Urobilin adalah pigmen alami dalam urin yang menghasilkan warna kuning. Ketika urin kental, urobilin dapat membuat tampilan warna oranye-kemerahan yang intensitasnya bervariasi dengan derajat oksidasi, dan kadang-kadang menyebabkan kencing terlihat merah atau berdarah. Banyak tes urin (urinalisis) yang memantau jumlah urobilin dalam urin karena merupakan zat penting dalam metabolisme/ produksi urin. Tingkat urobilin dapat memberikan wawasan tentang efektivitas fungsi saluran kemih.

– Pengertian Urogenital
Definisi Urogenital berarti berkenaan dengan organ-organ dalam sistem kemih (urin) dan reproduksi. Juga disebut genitouriner.

– Pengertian Urokrom
Definisi Urokrom (urochrome) adalah nama lain dari urobilin, zat kimia yang memberi warna alami kekuningan pada urin. Urokrom adalah produk sampingan dari metabolisme hemoglobin oleh hati dan dikeluarkan melalui urin.

– Pengertian Urolitiasis
Definisi Urolitiasis adalah batu di saluran kemih.

– Pengertian Urolog
Definisi Urolog adalah seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati masalah saluran kemih pada laki-laki dan perempuan.

– Pengertian Urologi
Definisi Urologi adalah spesialisasi medis yang berkenaan dengan diagnosis dan pengobatan gangguan saluran kemih. Urolog juga mendiagnosa dan mengobati penyakit dan gangguan pada sistem reproduksi pria.

To top