Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Transmisi Langsung – Tremor Esensial)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Transmisi Langsung – Tremor Esensial) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Transduksi – Transmisi Kontak). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Transmisi Langsung - Tremor Esensial)

– Pengertian Transmisi Langsung
Definisi Transmisi langsung adalah mekanisme penularan langsung ke dalam tubuh. Beberapa rute transmisi langsung termasuk kontak pribadi, seperti menyentuh, menggigit, mencium atau hubungan seksual. Dalam kasus ini agen memasuki tubuh melalui kulit, mulut, luka atau ruam terbuka, atau organ seksual. Agen infeksi dapat menyebar melalui semprotan droplet langsung ke konjungtiva (selaput lendir mata), atau hidung atau mulut selama bersin, batuk, meludah, bernyanyi atau berbicara. Hal ini disebut penyebaran droplet. Jenis khusus transmisi langsung adalah transmisi perinatal, yang ditularkan dari ibu ke bayi selama proses melahirkan.

– Pengertian Transmisi Perinatal
Definisi Transmisi perinatal adalah penularan penyakit dari ibu ke bayi selama kehamilan, kelahiran, atau menyusui. Sebagai contoh, HIV dapat ditularkan dari ibu yang HIV-positif kepada anaknya selama kehamilan, persalinan/ melahirkan, atau menyusui. Malaria juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi malaria kepada anaknya. Transmisi perinatal juga dikenal sebagai transmisi ibu-ke-bayi atau penularan vertikal.

– Pengertian Transmisi Tidak Langsung
Definisi Transmisi tidak langsung adalah penularan agen infeksi yang tidak melalui kontak langsung orang-ke-orang. Transmisi ini dapat terjadi melalui perantara benda mati (fomit) atau makhluk hidup (vektor).

– Pengertian Transmisi Udara
Definisi Transmisi udara (airborne transmission) adalah penularan agen infeksi melalui sebaran aerosol, dan biasanya dihirup orang melalui saluran pernapasan.

– Pengertian Transmisi Vektor
Definisi Transmisi vektor (vector-borne transmission) adalah penularan tidak langsung agen infeksi dengan perantara makhluk hidup (yang disebut vektor).

– Pengertian Transplantasi
Definisi Transplantasi adalah mencangkok jaringan dari satu tempat ke tempat lain, seperti jaringan suatu tanaman mungkin dicangkokkan ke batang yang lain. Mencangkokkan jaringan dapat dari tubuh pasien sendiri di bagian lain (transplantasi autologus), seperti dalam kasus cangkok kulit dengan menggunakan kulit pasien sendiri, atau dari satu pasien ke pasien lain (transplantasi alogenik), seperti dalam kasus transplantasi ginjal donor ke penerima. Ginjal untuk transplantasi mungkin berasal dari donor hidup atau dari seseorang yang baru saja meninggal.

– Pengertian Transplantasi Darah Tali Pusar
Definisi Transplantasi darah tali pusar adalah sebuah transplantasi sumsum tulang yang menggunakan sel induk dari darah tali pusar (umbilikus).

– Pengertian Transplantasi Hati
Definisi Transplantasi hati atau cangkok hati adalah operasi besar yang dilakukan oleh tim ahli bedah untuk membuang hati dan menggantinya dengan hati dari donor. Cangkok hati mungkin diperlukan untuk penyakit hati akut atau kronis, penyakit metabolik tertentu, atau kanker hati.

– Pengertian Transplantasi Sumsum Tulang Singeneik
Definisi Transplantasi sumsum tulang singeneik adalah transplantasi alogenik dari kembar identik.

– Pengertian Transvestisme
Definisi Transvestisme adalah kenikmatan seksual yang berasal dari berdandan atau menyamar dalam pakaian lawan jenis, dengan keinginan kuat untuk tampil sebagai anggota lawan jenis. Asal-usul seksual transvestisme mungkin tidak sadar.

– Pengertian Transvestit
Definisi Transvestit (transvestite) adalah seseorang yang memperoleh kepuasan seksual dari gaya pribadi dan penampilan lawan jenis dan biasanya homoseksual (tapi tidak selalu). Populasi transvestit pria lebih terlihat dan kadang-kadang disebut “waria”, dan membentuk sub-kultur yang terpaksa mencari nafkah sebagai pengamen dan pekerja seks komersial karena mereka tidak diterima oleh masyarakat umum. Banyak transvestit yang memilih untuk implan payudara, asupan hormon wanita untuk mencegah pertumbuhan rambut, dll tetapi mungkin nyaman dengan organ biologis mereka, dan mungkin tidak menginginkan operasi ganti kelamin.

– Pengertian Trauma
Definisi Trauma adalah cedera fisik atau emosional. Secara medis, “trauma” mengacu pada cedera serius atau kritis, luka, atau syok. Dalam psikiatri, “trauma” memiliki makna yang berbeda dan mengacu pada pengalaman emosional yang menyakitkan, menyedihkan, atau mengejutkan, yang sering menghasilkan efek mental dan fisik berkelanjutan.

– Pengertian Tremor
Definisi Tremor adalah gerakan otot ritmis bolak-balik yang tidak disengaja pada satu atau lebih bagian tubuh. Tremor paling banyak terjadi di telapak tangan, meskipun juga dapat mempengaruhi lengan, kepala, wajah, badan, dan kaki. Tremor kepala dapat dilihat sebagai gerakan “ya-ya” atau “tidak-tidak”, umumnya pada orang berusia di atas 40 tahun.

– Pengertian Tremor Distonik
Definisi Tremor distonik adalah tremor yang terjadi pada mereka yang terpengaruh oleh distonia, gangguan gerakan kontraksi otot tak sadar yang menyebabkan gerakan memutar atau postur menyakitkan.

– Pengertian Tremor Esensial
Definisi Tremor esensial, kadang disebut tremor esensial jinak, adalah tremor yang tidak diketahui sebabnya. Ini merupakan jenis tremor yang paling umum. Hampir semua orang memiliki tremor ini, tetapi gerakannya sering begitu kecil sehingga tidak dapat dilihat. Tremor esensial semakin nyata pada orang-orang berusia 65 tahun ke atas.

To top