Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Transduksi – Transmisi Kontak)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Transduksi – Transmisi Kontak) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tonik – Transactional Analysis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Transduksi - Transmisi Kontak)

– Pengertian Transduksi
Definisi Transduksi adalah konversi rangsangan lingkungan, seperti cahaya, panas, atau getaran menjadi sinyal listrik yang dapat dikenali oleh sistem saraf.

– Pengertian Transduser
Definisi Transduser adalah komponen USG yang ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diperiksa, seperti dinding perut atau dinding poros usus besar pada pemeriksaan prostat. Di dalam transduser terdapat kristal yang digunakan untuk menangkap pantulan gelombang yang disalurkan oleh transduser. Gelombang yang diterima masih dalam bentuk gelombang akusitik (gelombang suara). Kristal berfungsi untuk mengubah gelombang tersebut menjadi gelombang elektronik yang dapat dibaca dan diterjemahkan oleh komputer menjadi gambar.

– Pengertian Transeksual
Definisi Transeksual adalah seseorang yang percaya bahwa dia secara psikologis mirip dengan lawan jenis dan merasa terjebak dalam jenis kelamin biologisnya. Transeksual mungkin mencari bantuan medis untuk operasi mengubah alat kelamin dan aspek lain dari penampilannya agar sesuai dengan identitas gender yang lebih dirasakan tepat olehnya. Penilaian psikologis untuk mendapatkan identitas gender ini biasanya intens dan lama, selama bertahun-tahun.

– Pengertian Transeksualisme
Definisi Transeksualisme adalah disforia jenis kelamin yang parah, ditambah dengan keinginan gigih untuk memiliki karakteristik fisik dan peran sosial yang berkonotasi dengan jenis kelamin biologis yang berlawanan.

– Pengertian Transfer Embrio
Definisi Transfer embrio adalah penempatan embrio ke dalam rahim wanita setelah fertilisasi in vitro (dalam proses bayi tabung). Dalam proseszygote intrafallopian transfer (ZIFT), embrio ditempatkan di dalam tuba falopi wanita.

– Pengertian Transfer Embrio Beku
Definisi Transfer embrio beku adalah penempatan embrio yang dicairkan ke dalam rahim.

– Pengertian Transfusi Darah
Definisi Transfusi darah adalah infus darah atau komponen darah ke individu untuk pengobatan kondisi medis. Transfusi dapat homolog (dari donor) atau autolog (darah yang tersimpan sebelumnya dari penerima).

– Pengertian Transfusi Darah Alogenik
Definisi Transfusi darah alogenik adalah pengalihan darah atau produk darah dari satu orang (donor) ke orang lain (penerima).

– Pengertian Transfusi Darah Autologus
Definisi Transfusi darah autologus adalah transfusi darah dari darah sendiri.

– Pengertian Transgen
Definisi Transgen adalah sebuah gen yang telah dimasukkan ke dalam sel yang kemudian disebarkan oleh lini sel saat mereka membelah. Suatu organisme yang mengandung transgen tersebut adalah disebut “transgenik”.

– Pengertian Transmisi
Definisi Transmisi adalah penularan atau penyebaran penyakit. Setiap penyakit memiliki karakteristik transmisi berdasarkan sifat agen infeksi yang menyebabkannya. Biasanya setiap jenis agen infeksi disebarkan oleh hanya satu atau beberapa mekanisme yang berbeda. Transmisi bisa bersifat langsung, tidak langsung, lewat udara atau air.

– Pengertian Transmisi Aerosol
Definisi Transmisi aerosol adalah penularan agen infeksi melalui aerosol. Pada transmisi ini, partikel-partikel kecil yang berisi sebagian atau seluruhnya dari agen infeksi dapat melayang-layang (tersuspensi) di udara untuk jangka waktu yang lama dan beberapa mempertahankan kemampuan mereka untuk menyebabkan penyakit, sementara yang lain merosot karena efek sinar matahari, pengeringan atau kondisi lain. Ketika seseorang menghirup partikel-partikel ini, mereka menjadi terinfeksi oleh agen, terutama pada alveoli paru-paru.

– Pengertian Transmisi Biologis
Definisi Transmisi biologis adalah penularan penyakit di mana organisme menular mengalami beberapa perubahan morfologis atau fisiologis selama perjalanan melalui vektor.

– Pengertian Transmisi Fomit
Definisi Transmisi fomit (vehicle-borne transmission) adalah penularan agen infeksi secara tidak langsung melalui benda mati (yang disebut fomit).

– Pengertian Transmisi Kontak
Definisi Transmisi kontak adalah penularan agen menular melalui kontak langsung dari sumber atau reservoir dengan host.

loading...

Comments are closed.