Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tonik – Transactional Analysis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tonik – Transactional Analysis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tokotrienol – Tongue Thrush). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tonik - Transactional Analysis)

– Pengertian Tonik
Definisi Tonik atau tonikum adalah zat yang digunakan untuk mengembalikan kondisi normal jaringan atau untuk merangsang nafsu makan.

– Pengertian Tonometri
Definisi Tonometri (tonometry) adalah pengukuran tekanan intraokular mata.

– Pengertian Tonsilitis
Definisi Tonsilitis adalah pembengkakan tonsil atau amandel. Gejala tonsilitis meliputi tenggorokan sakit dengan warna merah, amandel membengkak, mungkin ada cairan putih atau bintik pada kelenjar getah bening amandel yang membengkak dan pelunakan di bagian leher di bawah rahang. Demam, sakit kepala, dan / atau sakit perut bisa menyertai. Selain amandel yang meradang, sakit dan nyeri juga mungkin terasa di sekitar daerah langit-langit lunak, di langit-langit mulut, dan kesulitan membuka mulut atau menelan.

– Pengertian Topografi
Definisi Topografi adalah sebuah alat yang digunakan untuk melihat masalah refraksi yang mungkin hadir dalam kornea. Topografi kornea tidak hanya digunakan untuk skrining semua pasien sebelum operasi refraktif seperti LASIK, tetapi juga untuk mengepaskan lensa kontak.

– Pengertian Topografi Kornea
Definisi Topografi kornea adalah peta yang menyediakan informasi terinci mengenai kelengkungan kornea. Menggunakan komputer yang sangat canggih dan perangkat lunak, ribuan pengukuran diambil dan dianalisis dalam hitungan detik. Komputer menghasilkan peta warna dari data. Informasi ini berguna untuk mengevaluasi dan mengoreksi astigmatisme, memantau penyakit kornea, dan mendeteksi penyimpangan dalam bentuk kornea. Peta tersebut ditafsirkan seperti peta topografi lainnya. Nuansa biru dan hijau yang sejuk mewakili daerah datar kornea, sedangkan nuansa oranye dan merah yang hangat mewakili daerah curam. Peta kornea ini memungkinkan dokter untuk merumuskan perspektif tiga dimensi bentuk kornea, yang bermanfaat untuk perencanaan bedah refraktif, mengepaskan lensa kontak, dan menghitung kekuatan lensa intraokular.

– Pengertian Torsi Ovarium
Definisi Torsi ovarium adalah rotasi pedikula vaskuler ovarium sebagian atau lengkap yang menyebabkan obstruksi aliran darah ovarium. Kondisi ini berpotensi menyebabkan nekrosis jaringan ovarium.

– Pengertian Totipoten
Definisi Totipoten adalah kemampuan membuat semua sel di dalam tubuh orang dewasa serta jaringan ekstraembrionik, termasuk plasenta. Sel telur yang dibuahi (zigot) adalah totipoten, demikian halnya sel-sel yang membelah awal (blastomer).

– Pengertian Trabecular Meshwork
Definisi Trabecular meshwork adalah struktur seperti jerami di dalam mata di persimpangan iris dengan sklera dari sudut ruang anterior. Struktur ini menyaring cairan sebelum meninggalkan ruang anterior dan mengontrol alirannya ke kanal Schlemm.

– Pengertian Trabekulektomi
Definisi Trabekulektomi adalah prosedur pembedahan untuk mengobati glaukoma dengan menurunkan tekanan mata. Dalam prosedur ini, sepotong kecil dari dinding mata, yang mungkin termasuk trabecular meshwork (drainase alami), akan dihapus oleh dokter bedah. Ini akan membuka saluran baru yang menciptakan bypass ketrabecular meshwork untuk mengurangi tekanan mata. Tekanan mata berkurang karena cairan dapat terkuras sekarang dengan relatif mudah melalui pembukaan baru ke dalam reservoir di bawah konjungtiva (yang terdiri dari permukaan mata). Cairan ini kemudian diserap oleh tubuh. Meskipun hasil trabekulektomi tergantung pada berbagai faktor dan dapat sangat bervariasi, sebagai aturan umum sekitar 70% dari mata yang dioperasi akan memiliki tekanan mata yang memuaskan dan tidak ada kebutuhan untuk pengobatan satu tahun setelah operasi. Jika tetes mata yang ditambahkan, lebih dari 90% mata akan memiliki penurunan tekanan mata yang memuaskan.

– Pengertian Trace Element
Definisi Trace element adalah unsur yang diperlukan dalam jumlah sangat kecil (trace) dalam diet untuk menjaga kesehatan. Sebagai contoh, tembaga, selenium, dan yodium.

– Pengertian Trakeostomi
Definisi Trakeostomi adalah bedah pembukaan ke dalam trakea (tenggorokan) untuk membantu pernapasan seseorang yang memiliki sumbatan atau pembengkakan pada laring (kotak suara) atau tenggorokan bagian atas atau yang pernah mendapatkan pembedahan laring.

– Pengertian Trakhea
Definisi Trakhea (trachea) adalah istilah medis untuk pipa udara.

– Pengertian Trakheitis
Definisi Trakheitis adalah peradangan pada selaput trakea.

– Pengertian Trakoma
Definisi Trakoma (trachoma) adalah penyakit mata menular yang merupakan salah satu penyebab kebutaan di Indonesia. Trakoma disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Infeksi menyebar terutama daerah di mana terdapat kekurangan air, banyak lalat, dan kondisi hidup yang penuh sesak. Penyakit ini berkembang perlahan dan lama. Infeksi sering dimulai pada masa bayi atau masa kanak-kanak. Kedua mata tampak berair dan merah. Penderita sukar melihat cahaya terang (silau) dan merasa gatal di mata. Jika tidak diobati, infeksi tersebut akhirnya menimbulkan jaringan parut di konjungtiva. Infeksi juga dapat menyebabkan kelopak mata melipat ke dalam (trikiasis), yang pada gilirannya menyebabkan bulu mata bergesekan dengan bola mata, sehingga menimbulkan luka dan rasa sakit. Hal ini akhirnya menyebabkan kebutaan ireversibel, biasanya antara usia 30 dan 40 tahun.

– Pengertian Transactional Analysis
Definisi Transactional Analysis (TA/analisis transaksional) adalah sistem psikoterapi yang diciptakan oleh psikiater Eric Berne, MD (sekitar tahun 1970), dan menjadi topik dari dua buku terlaris: Games People Play: The Psychology of Human Relationships (1964), danI’m OK … You’re OK (1967)). Hipotesis dasar TA adalah bahwa sikap status-ego selama transaksi dan seperangkat pola perilaku yang sesuai terbagi dalam tiga kategori: orang tua (perseptif atau didaktik, memperingatkan), dewasa (evaluatif) dan anak kecil (emosional dan kreatif).

loading...

Comments are closed.