Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tingkat Filtrasi Glomerular – Tinnel’s Sign)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tingkat Filtrasi Glomerular – Tinnel’s Sign) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tim Perawatan Anestesi – Tingkat Albumin). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tingkat Filtrasi Glomerular - Tinnel’s Sign)

– Pengertian Tingkat Filtrasi Glomerular
Definisi Tingkat filtrasi glomerular (glomerular filtration rate/GFR) adalah sebuah ukuran seberapa efisien ginjal menyaring limbah dari darah. Penghitungan GFR tradisional memerlukan suntikan ke dalam aliran darah yang kemudian diukur dalam koleksi urin 24-jam. Penghitungan GFR yang dimodifikasi hanya membutuhkan sampel darah. Setiap laboratorium memiliki rentang normal sendiri untuk pengukuran. Umumnya, kisaran normal untuk pria adalah 97-137 mL/min/1.73 m2 luas permukaan tubuh. Kisaran normal untuk perempuan adalah 88-128 mL/min/L1.73 m2/menit.

– Pengertian Tingkat Insiden
Definisi Tingkat insiden (incident rate) adalah proporsi penduduk yang memiliki kondisi tertentu yang dimulai selama periode waktu. Angka ini diukur dengan salah satu dari tiga cara, yaitu tingkat serangan, tingkat kepadatan kejadian, atau risiko kejadian kumulatif.

– Pengertian Tingkat Keamanan Hayati
Definisi Tingkat keamanan hayati (biosafety level) adalah kombinasi spesifik praktik, peralatan keselamatan, dan fasilitas kerja, yang dirancang untuk meminimalkan paparan pekerja dan lingkungan dengan agen infeksi.
Keamanan hayati tingkat 1: berlaku untuk agen yang biasanya tidak menyebabkan penyakit pada manusia.
Keamanan hayati tingkat 2: berlaku untuk agen yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia, namun potensi penularan terbatas.
Kemanan hayati tingkat 3: berlaku untuk agen yang dapat ditularkan melalui rute pernapasan yang dapat menyebabkan infeksi serius.
Keamanan hayati tingkat 4: digunakan untuk diagnosis agen eksotik yang menimbulkan risiko tinggi penyakit yang mengancam jiwa, yang dapat ditularkan melalui jalur aerosol dan tidak ada vaksin atau terapi.

– Pengertian Tingkat Kehamilan Klinis
Definisi Tingkat kehamilan klinis (clinical pregnancy rate) adalah jumlah kehamilan klinis per 100 siklus yang dimulai, siklus aspirasi, atau transfer embrio.

– Pengertian Tingkat Kepadatan Gizi
Definisi Tingkat kepadatan gizi (nutrient density) adalah ukuran jumlah nutrisi per porsi tetap makanan. Biasanya tingkat kepadatan gizi dihitung berdasarkan ukuran porsi 200 kalori. Jika Anda mengetahui tingkat kepadatan gizi suatu makanan, Anda dapat membandingkan nilai gizinya dengan makanan lain, tanpa memperhatikan takaran penyajian.

– Pengertian Tingkat Latar Belakang
Definisi Tingkat latar belakang (background level) adalah jumlah rata-rata atau yang diharapkan dari suatu zat atau bahan radioaktif di lingkungan tertentu, atau jumlah yang khas dari zat yang terjadi secara alami di lingkungan.

– Pengertian Tingkat Metabolisme Basal
Definisi Tingkat metabolisme basal (basal metabolic rate/BMR) adalah sebuah ukuran energi yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi tubuh saat istirahat. Diukur dalam kalori, tingkat metabolisme ini meningkat oleh upaya, stres, ketakutan, dan penyakit.

– Pengertian Tingkat Negatif Palsu
Definisi Tingkat negatif palsu adalah proporsi tes negatif di antara orang-orang dengan kondisi penyakit. Hal ini biasanya dinyatakan sebagai probabilitas bersyarat atau persentase. Sebagai contoh, skrining mamografi memiliki tingkat negatif palsu dari 5 sampai 20% tergantung pada usia, yaitu 5 sampai 20% dari wanita dengan kanker payudara menerima hasil tes negatif. Tingkat negatif palsu dan sensitivitas (hit rate) dari tes dijumlah menjadi 100%. Tingkat negatif palsu dan tingkat positif palsu saling tergantung: mengurangi satunya berarti meningkatkan yang lainnya.

– Pengertian Tingkat Persalinan dengan Kelahiran Hidup
Definisi Tingkat persalinan dengan kelahiran hidup adalah jumlah persalinan (partus) yang mengakibatkan setidaknya satu bayi lahir hidup, dinyatakan per 100 siklus yang dimulai (initiated cycle), siklus aspirasi, atau siklus transfer embrio.

– Pengertian Tingkat Positif Palsu
Definisi Tingkat positif palsu adalah proporsi tes positif di antara orang-orang tanpa penyakit atau kondisi. Hal ini biasanya dinyatakan sebagai probabilitas bersyarat atau persentase. Misalnya, jika skrining mamografi memiliki tingkat positif palsu dari 5 sampai 10% tergantung pada usia, ada 5 sampai 10% wanita tanpa kanker payudara tetapi menerima hasil tes positif. Tingkat positif palsu dan spesifisitas (daya) dari tes dijumlah hingga 100%. Tingkat positif palsu dan tingkat negatif palsu saling tergantung: mengurangi salah satu berarti meningkatkan yang lain.

– Pengertian Tingkat Prevalensi
Definisi Tingkat prevalensi adalah jumlah orang yang hidup dengan penyakit tertentu dalam jangka waktu tertentu sebagai proporsi dari populasi yang berisiko selama periode itu.

– Pengertian Tingkat Respirasi
Definisi Tingkat respirasi atau tingkat pernapasan adalah jumlah napas per menit atau, lebih formal, jumlah gerakan indikasi dari inspirasi dan ekspirasi per satuan waktu. Dalam prakteknya, tingkat pernapasan biasanya ditentukan dengan menghitung berapa kali dada mengembang atau mengempis  per menit. Dengan cara apapun, tujuannya adalah untuk menentukan apakah respirasi normal, abnormal cepat (takipnea), abnormal lambat (bradipnea), atau tidak ada (apnea).

– Pengertian Tinitus
Definisi Tinitus adalah sensasi suara mendesing atau berdengung di telinga atau kepala. Hal ini sering dikaitkan dengan berbagai bentuk gangguan pendengaran dan paparan kebisingan.

– Pengertian Tinjauan Sistematis
Definisi Tinjauan sistematis adalah review literatur terstruktur yang dirancang untuk menjawab pertanyaan yang secara jelas dirumuskan. Tinjauan sistematis menggunakan metode yang sistematis dan eksplisit untuk mengidentifikasi, memilih dan mengevaluasi secara kritis penelitian yang relevan dengan pertanyaan, dan mengumpulkan dan menganalisis data dari studi yang termasuk dalam tinjauan. Metode statistik, seperti meta-analisis, dapat digunakan untuk meringkas hasil dari studi.

– Pengertian Tinnel’s Sign
Definisi Tinnel’s sign adalah sebuah sensasi kesemutan pada ujung distal anggota tubuh ketika perkusi dibuat di atas lokasi sebuah saraf yang terbagi. Menunjukkan lesi parsial.

loading...

Comments are closed.