Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tes Schiller – Testosteron Bebas)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tes Schiller – Testosteron Bebas) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tes Elektrolit – Tes Rinne). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tes Schiller - Testosteron Bebas)

– Pengertian Tes Schiller
Definisi Tes Schiller adalah aplikasi larutan yodium di leher rahim. Yodium diambil oleh glikogen dalam epitel vagina normal, memberikan warna cokelat. Daerah yang kurang glikogen akan berwarna putih atau kuning keputihan, dan mungkin menunjukkan leukoplakia (lesi putih) atau jaringan kanker. Meskipun tes ini tidak mendiagnostik kanker tetapi dapat membantu dalam memilih lokasi yang tepat untuk biopsi.

– Pengertian Tes Shilling
Definisi Tes Shilling adalah tes vitamin B12 dalam diagnosis anemia pernisiosa. Dalam kasus cedera, anemia pernisiosa adalah variabel yang dapat menjadi penyebab non-proksimat degenerasi otak dan sumsum tulang belakang.

– Pengertian Tes Sims-Huhner
Definisi Tes Sims-Huhner adalah sebuah tes untuk infertilitas di mana lendir leher rahim disedot setelah bersenggama dan diperiksa untuk kualitas dan ada atau tidak infeksi. Motilitas, normalitas, dan jumlah sperma juga dicatat.

– Pengertian Tes Skrining Glukosa
Definisi Tes skrining glukosa adalah tes skrining (penapisan) untuk diabetes gestasional dan dilakukan dengan memberikan minuman glukosa dan kemudian mengukur tingkat gula darah satu jam kemudian. Jika tingkat gula darah didapati lebih besar dari 140 miligram per desiliter, hasil tes ini dianggap abnormal atau “positif”.

– Pengertian Tes Stereognosis
Definisi Tes stereognosis adalah pemeriksaan lesi lobus parietal di mana sebuah objek ditempatkan di tangan pasien dan mereka diminta untuk mengidentifikasinya. Ketidakmampuan untuk mengidentifikasi bentuk atau membedakan antar objek dapat menunjukkan lesi lobus (kontralateral) parietal.

– Pengertian Tes Toleransi Glukosa Oral
Definisi Tes Toleransi Glukosa Oral adalah tes untuk mendiagnosis pra-diabetes dan diabetes. Tes toleransi glukosa oral diberikan oleh perawat kesehatan profesional setelah puasa semalam. Sampel darah diambil, lalu pasien meminum minuman tinggi glukosa. Contoh darah diambil pada interval 2 sampai 3 jam. Hasil pengujian dibandingkan dengan standar dan menunjukkan bagaimana tubuh menggunakan glukosa dari waktu ke waktu.

– Pengertian Tes Toleransi Latihan
Definisi Tes toleransi latihan (exercise tolerance testing) adalah salah satu jenis stress test, di mana pasien melakukan latihan pada treadmill, sepeda, atau peralatan lainnya sementara aktivitas jantungnya dipantau oleh EKG. Tes ini sering dikombinasikan dengan suntikan radiotracers pada latihan puncak untuk mendapatkan gambar jantung (pencitraan perfusi miokard).

– Pengertian Tes Waktu Protrombin
Definisi Tes waktu protrombin (prothrombin time test) adalah pengukuran waktu yang dibutuhkan bagi darah untuk membeku. Pembekuan darah membutuhkan vitamin K dan beberapa faktor pembekuan (protein) yang dibuat oleh hati.

– Pengertian Tes Weber
Definisi Tes Weber adalah menempatkan sebuah garpu tala bergetar di tengah dahi pasien. Jika pasien melaporkan bahwa suara berasal dari garis tengah dahi, tidak ada penurunan konduksi udara. Bila suara disebut berasal dari sisi yang terlibat atau rusak, tes Weber adalah positif. Ketika ada penyakit koklea atau tuli saraf, suara terlateralisasi ke sisi berlawanan, tes ini dikatakan negatif.

– Pengertian Testike
Definisi Testikel (juga disebut testis atau gonad) adalah kelenjar seks pria yang terletak di belakang penis di dalam kantong kulit yang disebut skrotum. Testikel memproduksi dan menyimpan sperma, dan menjadi sumber utama tubuh hormon pria (testosteron). Hormon-hormon ini mengontrol perkembangan organ reproduksi dan karakteristik laki-laki, seperti rambut tubuh dan wajah, suara rendah, dan bahu lebar.

– Pengertian Testis
Definisi Testis atau buah pelir adalah gonad jantan, organ reproduksi pria yang terletak di skrotum yang menghasilkan sperma dan hormon testosteron.

– Pengertian Testis Mediastinum
Definisi Testis mediastinum adalah sebuah massa kerucut tunggal jaringan ikat di dalam testis (gonad laki-laki) yang memanjang dari tunika albuginea ke tubulus seminiferus (medula).

– Pengertian Testosteron
Definisi Testosteron adalah hormon seks pria utama atau analog sintetisnya. Testosteron merangsang perkembangan karakteristik seks sekunder laki-laki dan produksi sperma. Hormon ini diyakini menyumbang sekitar 90 persen dari androgen dalam tubuh manusia. Sebagian besar testosteron yang diproduksi dalam testis. Sebagian juga diproduksi di kelenjar adrenal.

– Pengertian Testosteron Bebas
Definisi Testosteron bebas atau langsung adalah testosteron yang tidak terikat pada protein dalam tubuh Anda tetapi “beredar bebas” di dalam darah. Sekitar 40 persen dari total testosteron sangat terikat dengan protein yang disebut globulin pengikat hormon seks (sex hormone binding globulin), yang dikenal sebagai SHBG. Sekitar 58 persen terikat lemah ke protein lain yang disebut albumin. Molekul-molekul testosteron bebas yang tersisa, mewakili sekitar 2 persen dari total testosteron disebut testosteron bebas. Testosteron ini bersirkulasi dalam darah dan lebih mudah tersedia untuk sel-sel tubuh. Tingkat SHBG meningkat seiring usia. Pria yang lebih tua memiliki kadar testosteron terikat lebih tinggi dan testosteron bebas lebih rendah.

loading...

Comments are closed.