Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tes Elektrolit – Tes Rinne)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tes Elektrolit – Tes Rinne) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Terapi Restoratif – Termoterapi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tes Elektrolit - Tes Rinne)

– Pengertian Tes Elektrolit
Definisi Tes elektrolit adalah tes darah untuk mengetahui kandungna mineralnya yang dikenal sebagai elektrolit, termasuk natrium, potassium, kalsium dan glukosa.

– Pengertian Tes Fruktosamin
Definisi Tes fruktosamin adalah tes yang mengukur jumlah molekul glukosa darah yang terkait dengan molekul protein dalam darah. Tes ini memberikan informasi tentang tingkat glukosa darah rata-rata selama 3 minggu terakhir. Ini merupakan indikator diabetes dan / atau tingkat kontrol diabetes.

– Pengertian Tes Fungsi
Definisi Hati Tes fungsi hati (panel hati) adalah seperangkat tes darah yang mengukur kadar enzim hati, protein, dan zat lainnya. Tes fungsi hati digunakan untuk membantu mendiagnosis penyakit hati, menilai tingkat kerusakan hati dan menentukan seberapa baik pengobatan bekerja. Tes ini mengukur beberapa enzim hati yang paling sensitif yang disebut aminotransferase yaitu AST (SGOT) dan ALT (SGPT). Dalam keadaan normal, enzim-enzim ini berada dalam sel-sel hati. Tapi bila hati cedera, enzim ini tumpah ke dalam aliran darah. Interval referensi: AST (SGOT) adalah dari 5 sampai 40 unit per liter serum (bagian cair dari darah). ALT (SGPT) adalah 7-56 unit per liter serum.

– Pengertian Tes Fungsi Paru-paru
Definisi Tes fungsi paru-paru adalah tes yang mengevaluasi seberapa baik kerja paru-paru. Tes itu menentukan berapa banyak udara yang dapat ditahan paru-paru Anda dan seberapa cepat Anda dapat memindahkan udara masuk dan keluar dari paru-paru.

– Pengertian Tes Glukosa Darah Puasa
Definisi Tes glukosa darah puasa adalah pengukuran tingkat glukosa darah seseorang setelah orang tersebut tidak makan selama 8 sampai 12 jam (biasanya semalam). Tes ini digunakan untuk mendiagnosis pra-diabetes dan diabetes. Tes ini juga digunakan untuk memantau pasien diabetes.

– Pengertian Tes Grafisme
Definisi Tes Grafisme adalah seperti Stereognisme dan Baresthesia, disfungsi lobus parietalis terdeteksi dalam tes grafisme. Dua titik diskriminasi dan angka yang tertulis pada kulit membantu dalam mendeteksi lesi otak parietal.

– Pengertian Tes Hoover
Definisi Tes Hoover adalah serupa dengan uji aduksi paha, pemeriksa membedakan kelumpuhan organik riil dengan kelumpuhan histeris, tiruan atau malingered dengan menginstruksikan pasien untuk menggerakkan “kaki yang normal” sementara memantau gerakan tak terkendali dari “kaki yang lumpuh”.

– Pengertian Tes Imunohistokimia
Definisi Tes imunohistokimia adalah tes yang dilakukan pada jaringan setelah pembedahan payudara. Tes ini mengukur protein yang dibuat oleh gen HER2 pada skala 0 (tidak ada) sampai 3+. Tumor dengan skor 3+ dianggap positif HER2.

– Pengertian Tes Lemak Tinja
Definisi Tes lemak tinja (fecal fat test) adalah pengukuran jumlah lemak yang terkandung dalam tinja. Jika saluran pencernaan bekerja dengan benar, hanya ada sejumlah kecil lemak yang hadir dalam tinja, sebagian besar lemak dari makanan telah dicerna dan diserap oleh tubuh.

– Pengertian Tes Mantoux
Definisi Tes mantoux adalah tes kulit yang dilakukan untuk menentukan infeksi tuberkulosis (TB) sebelumnya. Sebuah ekstrak dari basil tuberkulosis disuntikkan intradermal (ke dalam kulit) dan diperiksa 2 sampai 3 hari kemudian. Seseorang yang sebelumnya telah terkena bakteri akan menampilkan respon kekebalan di daerah kulit yang mengandung protein bakteri. Hasil positif (area mengeras menonjol) menunjukkan infeksi TB.

– Pengertian Tes Napas Hidrogen
Definisi Tes napas hidrogen (hydrogen breath test) adalah pengukuran jumlah hidrogen dalam napas, dan membantu mendiagnosis masalah pencernaan, termasuk malabsorpsi laktosa dan jenis gula lain, dan pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil. Untuk tes ini, pasien diminta berpuasa semalam, kemudian pada diberi minuman dengan gula yang diuji (laktosa, misalnya). Pasien kemudian akan meniup ke dalam mesin yang akan mengukur kandungan hidrogen dalam hembuskan napas. Tingkat hidrogen akan meningkat jika gula tersebut tidak terabsorpsi (atau penyakit tertentu lainnya). Tes ini dapat memakan waktu beberapa jam karena beberapa sampel napas diperlukan.

– Pengertian Tes Okultisme Darah Tinja
Definisi Tes okultisme darah tinja adalah tes di mana sampel tinja diperiksa untuk keberadaan darah yang bisa menunjukkan kanker kolon atau kanker rektum (kolorektal).

– Pengertian Tes Orientasi Ruang
Definisi Tes orientasi ruang adalah tes yang digunakan untuk belahan dominan dari lesi parieto-oksipitalis. Pasien diminta memegang objek di dalam ruangan dan menjelaskan bagaimana cara mendapatkannya dari satu titik ke titik lain (kantor dokter ke rumah).

– Pengertian Tes Patrick
Definisi Tes Patrick adalah tes dengan pasien terlentang, paha dan lututnya tertekuk. Maleolus eksternal bertumpu pada patela kaki yang berlawanan dan lutut ditekan. Produksi rasa sakit menunjukkan radang sendi pinggul. Juga disebut Fabere’s sign yang merupakan singkatan dari Fleksi, Abduksi, Eksternal, Rotasi dan Ekstensi.

– Pengertian Tes Rinne
Definisi Tes Rinne Dalam individu normal, konduksi suara dari udara lebih besar dari konduksi tulang. Ketika ada cedera atau penyakit yang mengurangi tingkat konduksi udara dan konduksi tulang lebih besar dari konduksi udara, tes Rinne dikatakan negatif. Saat baik konduksi udara maupun konduksi tulang berkurang akibat penyakit atau cedera pada alat pendengaran atau divisi pendengaran dari saraf kranial kedelapan, atau ketika tidak ada pendengaran berkurang, tes ini disebut positif.


Comments are closed.