Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Terapi Oksigen – Terapi Remediasi Kognitif)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Terapi Oksigen – Terapi Remediasi Kognitif) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Terapi Bedah Laser – Terapi Kuratif). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Terapi Oksigen - Terapi Remediasi Kognitif)

– Pengertian Terapi Oksigen
Definisi Terapi oksigen adalah perawatan yang menyediakan tambahan oksigen, gas yang dibutuhkan agar tubuh Anda bekerja dengan baik. Biasanya, paru-paru menyerap oksigen dari udara. Namun, beberapa penyakit dan kondisi dapat menghalangi Anda untuk mendapatkan oksigen yang cukup. Terapi oksigen dapat membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup oksigen, yang dapat membantu tubuh Anda berfungsi lebih baik dan lebih aktif. Oksigen diberikan dalam silinder logam atau tempat lainnya. Oksigen mengalir melalui tabung dan dikirim ke paru-paru Anda dengan salah satu cara berikut: Melalui kanula hidung, yang terdiri dari dua tabung plastik kecil, atau prong, yang ditempatkan di kedua lubang hidung. Melalui masker wajah, yang ditempatkan di hidung dan mulut. Melalui trakeostomi yaitu lubang yang dibuat dengan operasi yang melewati bagian depan leher ke batang tenggorokan Anda. Sebuah selang pernapasan ditempatkan dalam lubang itu untuk membantu Anda bernapas. Oksigen yang disampaikan dengan cara ini disebut terapi oksigen transtrakheal. Terapi oksigen dapat dilakukan di rumah sakit, klinik, atau rumah. Jika Anda membutuhkan terapi oksigen untuk penyakit kronis, Anda mungkin menerima terapi oksigen di rumah.

– Pengertian Terapi Oksigen Hiperbarik
Definisi Terapi oksigen hiperbarik menggunakan ruang bertekanan untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam darah. Tekanan udara di dalam ruang oksigen hiperbarik adalah sekitar dua setengah kali lebih besar dari tekanan normal di atmosfer. Hal ini membantu darah membawa oksigen lebih banyak ke organ dan jaringan tubuh Anda. Terapi hiperbarik dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, terutama luka terinfeksi. Terapi ini dapat digunakan untuk mengobati:
Emboli udara atau gas
Infeksi tulang (osteomielitis) yang belum membaik dengan perawatan lain
Luka bakar
Keracunan karbon monoksida
Beberapa jenis infeksi otak atau sinus
Penyakit dekompresi (misalnya, cedera menyelam)
Gangrene gas
Infeksi jaringan lunak nekrosis
Menyediakan cukup oksigen ke paru-paru selama prosedur pembersihan paru-paru pada pasien dengan kondisi medis tertentu
Cedera radiasi (misalnya, kerusakan akibat terapi radiasi untuk kanker)
Cangkok kulit
Luka yang belum sembuh dengan perawatan lain (misalnya, ulkus kaki pada penderita diabetes)

– Pengertian Terapi Okupasi
Definisi Terapi okupasi adalah terapi yang ditujukan untuk mengembalikan kemampuan dasar seseorang, seperti mandi dan berpakaian.

– Pengertian Terapi Paliatif
Definisi Terapi paliatif atau terapi simptomatik adalah pengobatan yang diarahkan hanya untuk menghilangkan gejala pasien, membuat pasien merasa lebih baik tanpa harus mengubah perjalanan alami penyakit. Agen analgesik seperti aspirin atau morfin memiliki efek paliatif.

– Pengertian Terapi Pelengkap
Definisi Terapi Pelengkap adalah salah satu dari beberapa istilah yang digunakan untuk merujuk pada banyak metode pengobatan/ penyehatan kembali fisik, mental, emosional atau spiritual yang tidak ditawarkan secara universal. Istilah terkait lainnya termasuk Terapi Alternatif, Terapi Holistik, Terapi Alami, Obat Tradisional, dan lainnya. Contoh perawatan yang dalam definisi tersebut adalah akupunktur, aromaterapi, pijat, refleksologi, reiki, penyembuhan spiritual/prana, dan lain-lain.

– Pengertian Terapi Pemeliharaan
Definisi Terapi pemeliharaan (maintenance therapy) adalah pengobatan yang diberikan untuk membantu pengobatan primer (awal) tetap bekerja. Terapi pemeliharaan sering diberikan untuk membantu mempertahankan remisi kanker.

– Pengertian Terapi Penggantian Estrogen
Definisi Terapi penggantian estrogen (estrogen replacement therapy) adalah penggunaan hormon estrogen pada wanita untuk menggantikan yang tidak lagi diproduksi tubuh secara alami setelah menopause atau pembedahan.

– Pengertian Terapi Penggantian Hormon
Definisi Terapi penggantian hormon (hormone replacement therapy) adalah pemberian hormon tambahan untuk mengatasi defisiensi hormon tertentu. Contohnya adalah pemberian hormon estrogen, progesteron, atau keduanya kepada wanita setelah menopause, untuk mengurangi gejala menopause.

– Pengertian Terapi Penggantian Testosteron
Definisi Terapi penggantian testosteron (testosterone replacement therapy) adalah pemberian obat pengganti hormon laki-laki baik melalui injeksi pada kulit setiap hari atau injeksi pada otot setiap dua sampai empat minggu sekali. Terapi ini membantu memulai pubertas atau mempertahankan perubahan jenis kelamin laki-laki dewasa.

– Pengertian Terapi Perilaku
Definisi Terapi perilaku adalah suatu metode pengobatan gangguan kejiwaan. Terapi ini berfokus untuk menyingkirkan perilaku yang tidak biasa, tidak diinginkan atau menyimpang. Bentuk terapi adalah memperkuat perilaku yang diinginkan dan menghilangkan perilaku yang tidak diinginkan.

– Pengertian Terapi Pijat
Definisi Terapi pijat adalah memanipulasi jaringan lunak dan otot-otot menggunakan tangan atau kaki yang ditujukan untuk menghilangkan ketegangan, nyeri, kejang, stres, dan meningkatkan sirkulasi darah.

– Pengertian Terapi Primer
Definisi Terapi primer adalah pengobatan pertama untuk penyakit atau kondisi. Pada pasien dengan kanker, terapi primer dapat berupa pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, atau kombinasi dari terapi tersebut. Juga disebut pengobatan primer dan terapi lini pertama.

– Pengertian Terapi Radiasi
Definisi Terapi radiasi adalah penggunaan radiasi untuk mengobati penyakit (terutama kanker). Terapi radiasi, kadang-kadang disebut radioterapi, menggunakan energi gelombang energi tinggi, gelombang penembus atau partikel seperti sinar x, sinar gamma, sinar proton, atau sinar neutron untuk menghancurkan sel-sel kanker atau mencegah mereka bereproduksi.
Terapi radiasi terdiri dari beberapa jenis:
Radioterapi eksternal radioterapi – radioaktivitas dari sumber luar tubuh.
Radioterapi internal – menempatkan sumber radioaktif dalam tubuh di atau dekat tumor untuk membunuh sel kanker (Brachytherapy).
Pecahan – dosis radioterapi dibagi menjadi beberapa dosis yang lebih kecil untuk mengurangi risiko efek samping. Ada biasanya satu fraksi per hari.
Radioterapi Hyperfractionated – lebih dari satu fraksi diberikan per hari.
Radioterapi lapangan – area yang menuju radioterapi itu diarahkan.
Total Body Iradiasi (TBI) – radiasi ke seluruh tubuh misalnya untuk menghancurkan semua sel-sel ganas sebelum transplantasi sumsum tulang (BMT).
kemoterapi

– Pengertian Terapi Radiasi Sinar Eksternal
Definisi Terapi radiasi sinar eksternal adalah sebuah pengobatan yang menggunakan radiasi sinar eksternal dengan energi radiasi sekitar 6800-7400 rads.

– Pengertian Terapi Remediasi Kognitif
Definisi Terapi remediasi kognitif adalah strategi terapi yang bertujuan untuk meningkatkan atau mengembalikan kemampuan seseorang untuk memperhatikan, mengingat, mengorganisasikan, menalar dan memahami, memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan kemampuan kognitif tingkat yang lebih tinggi.

loading...

Comments are closed.