Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Terapi Bedah Laser – Terapi Kuratif)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Terapi Bedah Laser – Terapi Kuratif) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tendinitis Bisep – Terapi Arc). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Terapi Bedah Laser - Terapi Kuratif)

– Pengertian Terapi Bedah Laser
Definisi Terapi Bedah Laser adalah jenis terapi yang menggunakan sinar laser untuk mengobati daerah yang rusak, misalnya untuk menutup pembuluh darah di mata pasien diabetes.

– Pengertian Terapi Berbasis Pedoman
Definisi Terapi berbasis pedoman (manual-based therapy) adalah program psikoterapi yang telah dikembangkan untuk gangguan tertentu. Keuntungan penggunaan perawatan berbasis pedoman adalah mereka telah berevolusi selama studi dan penelitian bertahun-tahun dan telah disempurnakan agar perawatan bisa sangat sukses.

– Pengertian Terapi Bermain
Definisi Terapi bermain mengacu pada metode psikoterapi pada anak-anak di mana terapis menggunakan fantasi anak dan arti simbolik dari permainannya sebagai media untuk memahami dan berkomunikasi dengan anak.

– Pengertian Terapi Berpusat pada Orang
Definisi Terapi berpusat pada orang (person-centered therapy), juga dikenal sebagai terapi berpusat pada klien, terapi non-direktif, atau terapi Rogerian, adalah sebuah pendekatan untuk konseling dan psikoterapi yang menempatkan banyak tanggung jawab proses pengobatan pada klien, dengan terapis berperan secara non-direktif.

– Pengertian Terapi Biologi
Definisi Terapi biologi (juga disebut terapi pengubah respon biologis atau imunoterapi.) adalah pengobatan kanker dengan menggunakan bahan yang dibuat oleh tubuh Anda sendiri, atau dibuat di laboratorium, untuk meningkatkan atau mengembalikan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

– Pengertian Terapi Biologis
Definisi Terapi biologis adalah pengobatan dengan stimulasi sistem pertahanan kekebalan tubuh. Sebagian besar pengobatan ini dalam tahap penelitian klinis.

– Pengertian Terapi Bodywork
Definisi Terapi Bodywork adalah istilah umum yang mengacu kepada sekelompok pendekatan berbasis tubuh yang menekankan manipulasi dan penataan kembali struktur tubuh dalam rangka meningkatkan fungsinya dan persepsi mental klien. Terapi ini biasanya menggabungkan fase yang relatif pasif, di mana klien menerima bodywork tisu dalam atau koreksi postural dari instruktur atau praktisi yang berpengalaman, dan periode yang lebih aktif di mana klien menerapkan teknik duduk, berdiri, dan bergerak yang memiliki keselarasan tubuh lebih baik dan lebih mudah.

– Pengertian Terapi Fotodinamik
Definisi Terapi fotodinamik adalah pengobatan dengan obat-obatan yang menjadi aktif bila terkena cahaya. Obat yang diaktifkan ini dapat membunuh sel-sel kanker.

– Pengertian Terapi Gen
Definisi Terapi gen adalah suatu pendekatan untuk mencegah atau mengobati penyakit dengan mengganti, menghapus, atau memperkenalkan gen, atau memanipulasi bahan genetik.

– Pengertian Terapi Hipertermia
Definisi Terapi hipertermia adalah prosedur penelitian yang menggunakan panas untuk membunuh sel kanker atau membuat mereka lebih sensitif terhadap kemoterapi dan / atau radiasi.

– Pengertian Terapi Holistik
Definisi Terapi holistik adalah salah satu dari beberapa istilah yang digunakan untuk merujuk pada banyak metode pengobatan / penyeimbangan kembali fisik, mental, emosional atau spiritual yang tidak biasanya ditawarkan secara universal dan / atau diatur oleh otoritas medis konvensional. Kata “holistik” mengandung gagasan bahwa semua aspek diri manusia adalah saling terkait. Artinya, filosofi dasar dari pengobatan holistik melibatkan pendekatan untuk menyeimbangkan pikiran, tubuh, dan ruh (kadang-kadang disebut sebagai “jiwa”) – sebagai lawan dari hanya mengobati gejala klinis penyebab kondisi, trauma, keadaan pikiran, atau proses penyakit tertentu. Istilah terkait lainnya termasuk Terapi Alternatif, Terapi Pelengkap, Terapi Alami, Obat Tradisional, dan ekspresi serupa lainnya.

– Pengertian Terapi Hormon
Definisi Terapi hormon adalah perawatan yang menambah, menghambat, atau membuang hormon. Untuk kondisi tertentu (seperti diabetes atau menopause), hormon diberikan untuk menambah kadar hormon yang rendah. Untuk memperlambat atau menghentikan pertumbuhan kanker tertentu (seperti kanker prostat dan payudara), hormon sintetis atau obat lain dapat diberikan untuk menghambat hormon alami tubuh. Kadang-kadang, operasi diperlukan untuk menghilangkan kelenjar yang membuat hormon tertentu. Juga disebut terapi endokrin, terapi hormonal, dan pengobatan hormonal.

– Pengertian Terapi Hormonal
Definisi Terapi Hormonal Lihat terapi hormon.

– Pengertian Terapi Inhalasi
Definisi Terapi inhalasi adalah penggunaan agen inhalasi untuk mengobati penyakit dan kondisi pernapasan. Tujuan terapi inhalasi adalah meningkatkan fungsi pernapasan dan paru-paru untuk mengurangi gejala masalah pernapasan kronis, seperti asma, bronkitis, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan emfisema. Terapi juga dapat digunakan untuk mengobati komplikasi pernapasan yang mungkin timbul dari serangan jantung dan stroke. Pengobatan terapi inhalasi umumnya dikelola oleh spesialis, yang dikenal sebagai ahli terapi inhalasi, yang bekerja di ruang gawat darurat, unit perawatan intensif (ICU), dan bangsal bedah. Beberapa jenis umum dari terapi inhalasi termasuk terapi oksigen, ventilasi mekanik, spirometri insentif, terapi nebulisasi, dan tekanan saluran udara positif berkesinambungan (CPAP). Bentuk terapi inhalasi tergantung pada jenis dan stadium penyakit pernapasan yang terkait. Terapi oksigen biasanya diresepkan untuk pasien pada tahap lanjut PPOK, karena penurunan oksigen yang parah dalam darah. Pasien biasanya diberikan oksigen melalui penggunaan tabung atau masker hidung. Jenis terapi juga dapat efektif dalam mengobati masalah pernapasan terkait dengan gagal jantung kongestif, sistik fibrosis, dan penyakit paru lainnya.

– Pengertian Terapi Kuratif
Definisi Terapi kuratif atau terapi spesifik adalah pengobatan yang diarahkan untuk pemberantasan satu atau lebih penyebab kondisi pasien. Obat antimikroba seperti penisilin memiliki efek kuratif.

To top