Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Takifilaksis – Tanda Lahir)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Takifilaksis – Tanda Lahir) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tabir Surya – Tak Sadar). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Takifilaksis - Tanda Lahir)

– Pengertian Takifilaksis
DefinisiTakifilaksis (tachyphylaxis) adalah penurunan respon terhadap aplikasi berulang dari agonis, biasanya terjadi selama kurun waktu yang relatif singkat (detik sampai jam). Lihat juga toleransi obat.

– Pengertian Takikardia
Definisi Takikardia adalah denyut jantung yang cepat, biasanya didefinisikan sebagai lebih besar dari 100 denyut per menit. Takikardia mencakup takikardia sinus, takikardia atrium, dan takikardia ventrikel.

– Pengertian Takikardia Atrium
Definisi Takikardia atrium, juga disebut takikardia supraventrikel, adalah denyut jantung cepat yang dimulai di ruang atas jantung. Gangguan jantung ini terjadi ketika sinyal listrik di ruang atas jantung mengalir secara abnormal, yang mengganggu sinyal listrik yang datang dari nodus sinoatrial sebagai alat pacu jantung alami. Serangkaian setrum di awal atrium mempercepat laju jantung. Denyut jantung yang cepat tidak memungkinkan cukup waktu bagi jantung untuk terisi sebelum berkontraksi sehingga aliran darah ke seluruh tubuh terganggu. Takikardia atrium adalah jenis aritmia yang paling umum pada anak-anak dan lebih sering terjadi pada wanita, perokok dan peminum.

– Pengertian Takikardia Sinus
Definisi Takikardia sinus adalah peningkatan denyut jantung yang normal dan teratur. Kondisi ini terjadi ketika nodus sinoatrial (alat pacu jantung alami) mengirimkan sinyal-sinyal listrik lebih cepat dari biasanya. Denyut jantung cepat, tetapi jantung bekerja dengan benar. Takikardia sinus dapat disebabkan oleh kecemasan, ketakutan, demam, olahraga atau kondisi seperti anemia, hipertiroidisme, serangan jantung atau gagal jantung, dan perdarahan berat.

– Pengertian Takikardia Supraventrikel
Definisi Takikardia supraventrikel adalah takikardia yang berasal dari atas ventrikel.

– Pengertian Takikardia Ventrikel
Definisi Takikardia ventrikel adalah denyut jantung cepat yang dimulai di ruang jantung bagian bawah (ventrikel). Kondisi ini sering terjadi pada situasi yang membahayakan jiwa sehingga perlu diagnosis dan perawatan cepat. Pada kondisi ini, persinyalan listrik ventrikel berlangsung abnormal sehingga mengganggu sinyal listrik yang datang dari nodus sinoatrial, alat pacu jantung alami. Denyut jantung yang cepat tidak memungkinkan cukup waktu bagi jantung untuk terisi sebelum berkontraksi sehingga aliran darah ke seluruh tubuh terganggu.
Takikardia ventrikel biasanya berhubungan dengan masalah jantung termasuk penyakit arteri koroner, kardiomiopati, prolaps katup mitral, kelainan katup jantung, dan penyakit lain seperti sarkoidosis.

– Pengertian Takipnea
Definisi Takipnea (tachypnea) adalah pernapasan abnormal cepat dan dangkal, biasanya didefinisikan lebih dari 60 hembusan per menit. Pernapasan abnormal cepat adalah gejala yang sering disebabkan oleh penumpukan karbon dioksida dalam paru-paru. Setiap kali kemampuan untuk membuang karbon dioksida (CO2) menurun, terjadi penumpukan CO2 dalam darah. Hasilnya adalah asidosis pernapasan, yang merangsang pusat pernapasan di otak Anda untuk meningkatkan frekuensi napas dalam upaya menormalkan pH darah. Kontras dengan bradipnea.

– Pengertian Talamus
Definisi Talamus (thalamus) adalah stasiun kunci yang merelai informasi dari jalur sensorik ke korteks serebri.

– Pengertian Tali Pusat
Definisi Tali pusat atau tali pusar adalah tabung fleksibel (seperti usus) yang menghubungkan plasenta ke janin yang sedang berkembang. Tabung ini membuang produk limbah dan karbon dioksida dari bayi dan membawa darah beroksigen dan nutrisi dari ibu melalui plasenta ke bayi. Tali pusat dipotong saat kelahiran bayi.

– Pengertian Talipes
Definisi Talipes adalah suatu kelainan bawaan di mana kaki terpelintir keluar dari bentuk atau posisi normalnya. Talipes mungkin dalam dorsofleksi (t. kalkaneus), dalam fleksi plantar (t. equinus), abduksi dan eversi (t. valgus), abduksi dan inversi (t. varus), atau berbagai kombinasi (t. kalkaneovalgus, t. kalkaneovarus,. t. equinovalgus, atau t. equinovarus).

– Pengertian Tambal Gigi
Definisi Tambal gigi (filling) adalah mengembalikan struktur gigi yang hilang dengan menggunakan bahan-bahan seperti logam, campuran logam dan plastik, atau porselen.

– Pengertian Tamoxifen
Definisi Tamoxifen adalah obat antikanker dalam keluarga obat yang disebut antiestrogen. Tamoxifen menghambat efek hormon estrogen dalam tubuh. Hal ini digunakan untuk mencegah atau menunda kembalinya kanker payudara atau untuk mengontrol penyebarannya.

– Pengertian Tampon
Definisi Tampon adalah bahan penyerap berbasis kertas atau katun yang hadir dalam berbagai ukuran yang pas dengan vag1na untuk menyerap aliran menstruasi.

– Pengertian Tamponade
Definisi Tamponade adalah sebuah kondisi di mana cairan (darah atau cairan lainnya) terakumulasi di perikardium, ruang antara jantung dan membran menyelimutinya. Seperti akumulasi cairan lainnya, jika cepat dan akut, tekanannya pada jantung akan mengganggu proses kontraksi dan relaksasi dan dapat dianggap darurat.

– Pengertian Tanda Lahir
Definisi Tanda lahir (birthmark) adalah kelainan kulit yang hadir pada saat lahir atau segera sesudahnya.

To top