Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tabir Surya – Tak Sadar)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tabir Surya – Tak Sadar) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Supinasi – Syok Septik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tabir Surya - Tak Sadar)

– Pengertian Tabir Surya
Definisi Tabir surya adalah zat yang menghambat efek dari sinar matahari yang berbahaya. Menggunakan lotion yang mengandung tabir surya dapat mengurangi risiko kanker kulit, termasuk melanoma.

– Pengertian Tabung Bukal
Definisi Tabung Bukal (buccal tube) adalah sebagian kecil bracket logam yang dilampirkan ke sisi pipi dari molar band. Tabung ini dapat menahan sebuah archwire, bumper bibir, atau perangkat lain yang digunakan untuk mereposisi gigi.

– Pengertian Tabung Endotrakeal
Definisi Tabung endotrakeal (juga disebut tabung ET atau ETT) adalah sebuah tabung pernapasan, biasanya terbuat dari plastik fleksibel, yang dimasukkan ke dalam trakea pasien untuk memastikan jalan napas tetap terbuka dan terlindungi sehingga udara dapat mencapai paru-paru pasien; digunakan selama induksi dan intubasi dalam anestesi umum.

– Pengertian Tabung Masker Laringeal
Definisi Tabung masker laringeal (laringeal mask airway/LMA) adalah tabung dengan manset karet yang dimasukkan ke dalam faring setelah induksi untuk mengelola pernafasan sementara tidak sadar. LMA lebih efektif daripada masker wajah dan kurang menyebabkan iritasi dibandingkan tabung endotrakeal (pipa pernapasan)

– Pengertian Tabung Trakeostomi
Definisi Tabung trakeostomi adalah tabung yang dimasukkan ke lubang di tenggorokan (trakea) dan terhubung ke mesin ventilasi, untuk membantu pernapasan. Alat ini digunakan dalam situasi darurat, di mana seseorang berhenti bernafas karena tekanan di otak atau cedera otak yang menghentikan refleks pernapasan.

– Pengertian Taenia
Definisi Taenia adalah cacing pita parasit pada manusia, yang menggunakan binatang ternak sebagai hospes perantara.

– Pengertian Taenia Saginata
Definisi Taenia saginata (cacing pita sapi) adalah cacing pita pipih panjang dengan lebar 6 sampai 7 milimeter. T. saginata dewasa biasanya tumbuh menjadi sekitar 4 sampai 8 meter panjangnya, dengan sekitar 1000 segmen yang disebut proglotida. Berbeda dengan taenia solium, skoleks (kepala, organ pelampir) t. saginata “tanpa senjata” karena memiliki 4 pengisap tetapi tidak ada pengait. Saat cacing pita tumbuh di usus manusia, proglotida matang yang disebut proglotida gravid akan dilepas keluar tubuh manusia. Setiap proglotida gravid berisi organ reproduksi jantan dan betina dan 80 ribu rumah telur yang berisi embrio (onkosfir). Manusia adalah inang definitif, dengan sapi sebagai hospes perantara. Cacing pita mendiami manusia sebagai parasit di jejunum. Penularannya melalui daging sapi mentah atau dimasak tidak benar.

– Pengertian Taenia Solium
Definisi Taenia solium (cacing pita babi) adalah cacing pita pipih seperti taenia saginata yang berwarna putih. Meskipun secara morfologis sangat mirip dengan T. saginata, T. solium sedikit lebih pendek dan memiliki skoleks (organ lampiran) yang berbeda. Skoleks T. solium memiliki 4 pengisap besar dengan dua baris pengait. Cacing pita dewasa tumbuh menjadi sekitar 6 mm lebar dan 2-7 m panjangnya, dengan sekitar 800 segmen yang disebut proglotida. Saat cacing pita tumbuh di usus, proglotida matang yang disebut proglotida gravid akan dilepas keluar tubuh manusia. Setiap proglotida gravid berisi organ reproduksi jantan dan betina dan 30-40 ribu rumah telur berisi embrio. T. solium memiliki pola penularan yang sangat mirip dengan T. saginata. Manusia adalah inang definitif dengan babi sebagai hospes perantara. Infeksi pada manusia dimulai dengan mengkonsumsi daging babi mentah atau kurang matang yang terinfeksi.

– Pengertian Taeniasis
Definisi Taeniasis adalah infestasi cacing pita babi (taenia solium) atau cacing pita sapi (taenia saginata).

– Pengertian Tahap Falik
Definisi Tahap falik (phallic stage) adalah masa dari sekitar usia 2,5 sampai 6 tahun, di mana minat seksual, rasa ingin tahu, dan pengalaman menyenangkan anak laki-laki berpusat pada penis, dan anak perempuan, pada tingkat yang lebih rendah, pada klitoris.

– Pengertian Tahap Oral
Definisi Tahap oral adalah tahap paling awal dari tahap-tahap perkembangan psikoseksual anak-anak, yang berlangsung dari lahir sampai usia 12 bulan atau lebih. Biasanya dibagi menjadi dua tahap: oral erotis, yang berkaitan dengan pengalaman menyenangkan dari mengisap; dan oral sadis, yang terkait dengan menggigit agresif. Baik erotisme maupun sadisme oral terus berlanjut hingga kehidupan dewasa dalam bentuk terselubung dan disublimasikan.

– Pengertian Tahap Tidur
Definisi Tahap tidur adalah lima bagian atau tahapan dalam siklus tidur, masing-masing ditentukan oleh jenis aktivitas otak yang terjadi. Selama tahap 1 sampai 4, seseorang akan merasa mengantuk, tertidur, dan jatuh tertidur nyenyak tanpa mimpi. Tahap 5 disebut tidur dengan gerakan mata cepat (rapid eye movement/REM), di mana mimpi terjadi. Selama beberapa jam tidur normal, seseorang akan melalui beberapa siklus tidur yang mencakup tahap tidur REM dan tahap tidur non-REM.

– Pengertian Taichi
Definisi Taichi adalah suatu bentuk seni bela diri dari Cina yang kini digunakan sebagai terapi pikiran-tubuh. Kadang-kadang disebut sebagai “meditasi bergerak,” tai chi melibatkan garakan lambat yang lembut dan pernapasan mendalam.

– Pengertian Taji Tulang
Definisi Taji tulang (Bone spur) adalah pertumbuhan abnormal tulang yang menonjol ke tulang lain, seringkali terletak di tumit dan biasanya menyakitkan.

– Pengertian Tak Sadar
Definisi Tak sadar adalah gangguan kesadaran atas diri sendiri dan sekitarnya, kurangnya kemampuan untuk melihat atau menanggapi stimuli dalam suatu lingkungan. Seseorang mungkin menjadi tak sadar karena kekurangan oksigen, syok, depresan sistem saraf pusat seperti alkohol dan obat-obatan, atau cedera. Dalam psikologi, tak sadar adalah bagian dari pikiran dan emosi yang terjadi di luar kesadaran sehari-hari.

To top