Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Supinasi – Syok Septik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Supinasi – Syok Septik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Suhu Basal Tubuh – Supervisial). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Supinasi - Syok Septik)

– Pengertian Supinasi
Definisi Supinasi adalah gerakan anatomis di mana telapak tangan ditengadahkan ke atas.

– Pengertian Suplemen
Definisi Suplemen adalah nutrisi atau fitokimia yang disediakan untuk melengkapi yang diperoleh dari makanan.

– Pengertian Supositoria
Definisi Supositoria adalah cara memberikan obat ke tubuh. Pil dan obat cair yang diambil melalui mulut biasanya akan memasuki tubuh melalui dinding sistem pencernaan. Atau, obat dapat dicampur menjadi bahan lembut berlilin yang meleleh pada suhu tubuh, dan kapsul yang dihasilkan dimasukkan ke dalam anus. Hal ini memberikan obat untuk penyerapan ke bagian bawah dari sistem pencernaan. Untuk orang dengan cedera tulang belakang, pemberian obat ini langsung merangsang refleks usus yang lebih rendah.

– Pengertian Supratentorial
Definisi Supratentorial secara harfiah mengacu ke area otak tapi digunakan dalam catatan medis untuk menunjukkan gejala dan keluhan yang fungsional dan tidak organik.

– Pengertian Supresi Laktasi
Definisi Supresi laktasi adalah penurunan produksi susu selama kehamilan sebagai akibat tingkat estrogen yang tinggi dalam darah.

– Pengertian Supresi Ovarium
Definisi Supresi ovarium adalah sebuah prosedur bedah, terapi radiasi, atau terapi obat untuk menghentikan fungsi ovarium. Juga disebut ablasi ovarium.

– Pengertian Surogate
Definisi Surogate adalah seorang wanita yang membawa embrio yang terbentuk dari telur wanita lain; wanita pengganti ini diharapkan untuk memberikan bayi ke orang tua genetiknya.

– Pengertian Survei
Definisi Survei adalah pengumpulan informasi atau data secara sistematis. Survei dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari sekelompok orang atau dari lingkungan. Survei dari sekelompok orang dapat dilakukan melalui telepon, melalui surat, atau tatap muka. Beberapa survei dilakukan dengan mewawancarai sekelompok orang (lihat survei prevalensi).

– Pengertian Survei Prevalensi
Definisi Survei prevalensi adalah pengukuranan tingkat prevalensi saat ini melalui kuesioner yang mendata informasi yang dilaporkan sendiri dari populasi tertentu.

– Pengertian Surveilans Penyakit
Definisi Surveilans penyakit adalah pengumpulan sistematis dan analisis data terus-menerus dan penyediaan informasi yang mengarah pada pengambilan tindakan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit menular.

– Pengertian Survival
Definisi Survival adalah lamanya waktu hidup orang. Survival dapat menunjukkan apakah pengobatan untuk penyakit dapat mencegah atau menunda kematian. Survival biasanya dinyatakan dalam hal berapa lama orang-orang dalam kelompok tetap hidup. Kadang-kadang diringkas dengan menghitung rata-rata atau diringkas dengan jumlah orang yang masih hidup setelah jangka waktu tertentu, misalnya 5 tahun kemudian.

– Pengertian Susu UHT
Definisi Susu UHT (ultra high temperature milk) adalah susu yang diproses pada suhu tinggi (dipanaskan sampai 115 derajat C selama satu detik). Proses ini menghancurkan bakteri apapun dan memberikan produk akhir dengan masa penyimpanan dari enam sampai sembilan bulan.

– Pengertian Syok
Definisi Syok adalah kondisi kritis akibat penurunan mendadak dalam aliran darah yang melalui tubuh. Ada kegagalan sistem peredaran darah untuk mempertahankan aliran darah yang memadai sehingga pengiriman oksigen dan nutrisi ke organ vital terhambat. Kondisi ini juga mengganggu ginjal sehingga membatasi pembuangan llimbah dari tubuh. Syok dapat terjadi karena beberapa mekanisme yang berbeda termasuk:
Syok kardiogenik (berhubungan dengan masalah jantung)
Syok hipovolemik (disebabkan oleh volume darah yang tidak memadai)
Syok anafilaktik (disebabkan oleh reaksi alergi)
Syok septik (berhubungan dengan infeksi)
Syok neurogenik (disebabkan oleh kerusakan pada sistem saraf)
Tanda-tanda dan gejala syok termasuk tekanan darah rendah (hipotensi), overbreathing (hiperventilasi), denyut nadi melemah, berkeringat dingin, kulit kelabu-kebiruan (sianosis), penurunan aliran urin (oliguria), dan perubahan mental (rasa cemas dan gelisah, kebingungan dan, kadang-kadang, jadi pemarah).

– Pengertian Syok Anafilaktik
Definisi Syok anafilaktik adalah syok yang disebabkan oleh reaksi alergi.

– Pengertian Syok Hipovolemik
Definisi Syok hipovolemik adalah kondisi darurat di mana perdarahan parah dan hilangnya cairan membuat jantung tidak mampu memompa cukup darah ke tubuh. Jenis syok ini dapat menyebabkan banyak organ berhenti bekerja.

– Pengertian Syok Kardiogenik
Definisi Syok kardiogenik adalah kondisi sangat berbahaya yang melibatkan penurunan output darah dari jantung, biasanya sebagai hasil dari serangan jantung.

– Pengertian Syok Septik
Definisi Syok septik adalah penurunan tekanan darah yang berpotensi mematikan karena adanya bakteri dalam darah. Syok septik mungkin adalah konsekuensi dari bakteremia, atau bakteri dalam aliran darah. Racun bakteri, dan respon sistem kekebalan tubuh terhadap mereka, menyebabkan penurunan dramatis tekanan darah yang mencegah pengiriman darah ke organ-organ. Syok septik dapat menyebabkan kegagalan organ multipel termasuk kegagalan pernapasan, dan dapat menyebabkan kematian cepat. Sindrom syok toksik adalah salah satu jenis syok septik.

To top