Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Stroke – Studi Menelan Barium yang Dimodifikasi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Stroke – Studi Menelan Barium yang Dimodifikasi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Strain – Stridor). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Stroke - Studi Menelan Barium yang Dimodifikasi)

– Pengertian Stroke
Definisi Stroke adalah serangan mendadak mematikan atau kehilangan kesadaran yang disebabkan oleh pemblokiran aliran darah ke otak. Stroke disebabkan oleh bekuan darah (stroke iskemik – 80%) atau pembuluh darah pecah (stroke hemoragik- 20%).

– Pengertian Studi
Definisi Studi adalah sebuah proses penelitian di mana informasi dicatat untuk sekelompok orang. Informasi ini dikenal sebagai data. Data digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang masalah perawatan kesehatan.

– Pengertian Studi Barium
Definisi Studi barium adalah prosedur yang mirip seri GI atas, namun karena barium diikuti sampai ujung usus kecil, prosesnya memerlukan beberapa jam sampai selesai.

– Pengertian Studi Cross Sectional
Definisi Studi cross-sectional adalah sebuah studi dari sekelompok orang pada satu titik waktu untuk menentukan apakah paparan berkaitan dengan terjadinya penyakit. Karena hasil penyakit dan paparan (misalnya, asupan nutrisi) diukur pada saat yang sama, sebuah penelitian cross-sectional menyediakan sebuah gambaran “snapshot” hubungan mereka. Studi cross-sectional tidak dapat memberikan informasi tentang kausalitas.

– Pengertian Studi Deplesi-Replesi
Definisi Studi deplesi-replesi adalah sebuah penelitian nutrisi yang dirancang untuk menentukan persyaratan nutrisi tertentu. Umumnya, subjek ditempatkan pada diet yang dirancang untuk menguras nutrisi tertentu dari waktu ke waktu. Setelah deplesi tercapai, secara bertahap meningkatkan jumlah nutrisi yang diteliti yang ditambahkan ke dalam makanan sampai individu menunjukkan bukti kecukupan atau pemenuhan.

– Pengertian Studi Ekologi
Definisi Studi ekologi adalah studi epidemiologi yang meneliti hubungan antara paparan dan tingkat penyakit dalam serangkaian populasi (negara yang berbeda misalnya). Studi ekologi sering mengandalkan statistik yang dipublikasikan, seperti data hilangnya makanan atau angka kematian penyakit tertentu.

– Pengertian Studi Elektrofisiologi
Definisi Studi Elektrofisiologi (EPS) adalah tes yang menggunakan kateterisasi jantung untuk mempelajari pasien yang memiliki aritmia (detak jantung abnormal). Arus listrik merangsang jantung untuk memprovokasi aritmia, yang segera diterapi dengan obat. Studi ini digunakan terutama untuk mengidentifikasi asal aritmia dan untuk menguji efektivitas obat-obatan yang digunakan untuk mengobati irama jantung abnormal.

– Pengertian Studi Epidemiologi Analitik
Definisi Studi epidemiologi analitik adalah sebuah penelitan yang mengevaluasi hubungan antara paparan bahan berbahaya dengan penyakit melalui pengujian hipotesis ilmiah.

– Pengertian Studi Impendansi
Definisi Studi impedansi (impedance study) adalah tes yang mengukur refluks asam dan non-asam dalam esofagus. Studi ini menggunakan probe yang berisi beberapa sensor pengukur refluks. Catatan harian dibuat selama studi untuk memperoleh informasi penting tentang gejala, makanan dan obat-obatan, dan untuk memastikan fungsi probe.

– Pengertian Studi Kasus
Definisi Studi kasus adalah sebuah evaluasi medis atau epidemiologi dari satu orang atau sekelompok kecil orang untuk mengumpulkan informasi tentang kondisi kesehatan tertentu.

– Pengertian Studi Kasus Terkontrol
Definisi Studi kasus terkontrol adalah sebuah studi yang membandingkan orang yang memiliki penyakit atau kondisi tertentu (“kelompok kasus”) dengan orang yang tidak memiliki penyakit atau kondisi (“kelompok kontrol”).

– Pengertian Studi Kohort
Definisi Studi kohort adalah sebuah studi dengan dua atau lebih kelompok orang (kohort) yang memiliki karakteristik serupa. Satu kelompok menerima pengobatan, terkena faktor risiko atau memiliki gejala tertentu dan kelompok lainnya tidak. Penelitian ini mengikuti perkembangan mereka dari waktu ke waktu dan mencatat apa yang terjadi. Lihat juga studi observasi.

– Pengertian Studi Longitudinal
Definisi Studi longitudinal adalah sebuah studi dari kelompok orang yang sama pada lebih dari satu titik waktu. Jenis studi ini kontras dengan studi lintas seksi (cross-sectional), yang mengamati sekumpulan orang tertentu pada satu titik waktu.

– Pengertian Studi Menelan Barium yang Dimodifikasi
Definisi Studi menelan barium yang dimodifikasi (modified barium swallowing study) atau juga dikenal sebagai studi motilitas orofaring adalah pemberian cairan yang mengandung sejumlah kecil barium untuk diminum melalui botol, sendok atau cangkir. Barium adalah zat kapur yang digunakan untuk melapisi bagian dalam saluran pencernaan sehingga akan muncul di sinar-X. Serangkaian sinar-X diambil untuk mengevaluasi apa yang terjadi saat pasien menelan cairan.


Comments are closed.