Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Spiral Archimedes – Stapes)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Spiral Archimedes – Stapes) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Skala Depresi Gertiatrik – Skrining Serum Maternal). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Spiral Archimedes - Stapes)

– Pengertian Spiral Archimedes
Definisi Spiral Archimedes adalah tes sederhana yang digunakan untuk menentukan tingkat keparahan tremor. Selama tes ini, pasien diminta untuk menggambar lingkaran yang semakin luas di selembar kertas.

– Pengertian Spirogram
Definisi Spirogram adalah catatan jumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru.

– Pengertian Spondilitis
Spondilitis (spondylitis) mengacu pada rasa sakit punggung kronis dan kekakuan yang disebabkan oleh infeksi parah pada atau peradangan pada sendi tulang belakang.

– Pengertian Spondilolistesis
Spondilolistesis adalah slip ke depan dari satu vertebra dalam kaitannya dengan vertebra yang berdekatan, karena patah tulang atau cacat bawaan di wilayah Pars interarticularis dari vertebra.

– Pengertian Sporulasi
Definisi Sporulasi adalah proses di mana ookista koksidian yang belum matang (non-infektif) berkembang menjadi bentuk infeksi yang matang. Kondisi dan pengaturan di mana sporulasi terjadi bervariasi antar parasit koksidian. Sebagai contoh, ookista Cryptosporidium telah tersporulasi pada saat mereka berada di kotoran. Sebaliknya, ookista Cyclospora harus matang di lingkungan luar inang, di bawah kondisi yang menguntungkan, untuk menjadi infektif pada orang lain.

– Pengertian Spot Mongolia
Definisi Spot Mongolia adalah bercak biru atau ungu pada punggung bawah dan bokong bayi; umum pada bayi yang berkulit.

– Sprain Lihat keseleo.

– Pengertian Spurring Marjinal
Definisi Spurring marjinal adalah sudut-sudut badan vertebra yang tidak teratur, merupakan tanda awal spondilosis degeneratif atau keausan tulang belakang.

– Pengertian Sputum
Definisi Sputum adalah lendir dan materi lainnya yang dibawa dari paru-paru, bronkus, dan trakea yang mungkin dibatukkan dan dimuntahkan atau ditelan. Kata “sputum” yang dipinjam langsung dari bahasa Latin “meludah.” Disebut juga dahak.
Stabilisasi Dinamis Stabilisasi dinamis adalah penggunaan kekuatan otot dan koordinasi otot selama melakukan aktivitas; digunakan dalam rehabilitasi.
Stabilisator Sel Mast Stabilisator sel mast adalah agen yang mengurangi degranulasi (kehilangan butiran) dari sel mast. Artinya, agen ini mencegah pelepasan mediator kimia histamin dan lainnya.

– Pengertian Stadium Kanker
Stadium kanker adalah tahap perkembangan kanker (biasanya dengan angka I sampai IV) menurut tingkatan penyebaran kanker di dalam tubuh. Kriteria untuk penahapan meliputi: ukuran tumor, tingkat penetrasi jaringan, apakah telah menyerang organ-organ yang berdekatan dan berapa banyak getah bening yang terpengaruh.

– Pengertian Staging
Definisi Staging adalah suatu evaluasi tingkat perkembangan penyakit, misalnya kanker. Sebuah klasifikasi berdasarkan staging saat diagnosis membantu menentukan perawatan dan prognosis yang tepat.

– Pengertian Standar Emas
Definisi Standar emas (gold standard) adalah sebuah metode, prosedur atau pengukuran yang diterima secara luas sebagai yang terbaik saat ini.
Stapedektomi Stapedektomi adalah prosedur bedah yang dilakukan di saluran telinga, biasanya dengan sayatan kecil persis di depan telinga. Sebuah mikroskop operasi digunakan untuk mengangkat gendang telinga ke depan dan membuka telinga tengah. Saluran dihapus dengan instrumen khusus. Sebuah lubang kecil dibuat di telinga bagian dalam dan piston buatan (prostesis) kemudian dimasukkan ke dalam lubang dan kawat menghubungkan piston ke sisa tulang, yaitu inkus. Operasi ini dilakukan ketika kondisi otosklerosis hadir. Otosklerosis adalah suatu kondisi yang menyebabkan gangguan pendengaran progresif, biasanya pada kedua telinga dan kebanyakan pasien mengidentifikasi gangguan pendengaran selama tahun-tahun akhir masa remaja atau dewasa awal.

– Pengertian Stapedius
Definisi Stapedius adalah otot yang muncul dari dinding telinga tengah (dinding internal eminensia piramida dalam rongga timpani) dan menyisip ke leher stapes. Fungsi otot ini adalah untuk meredam getaran stapes dengan menarik mundur kepala stapes sebagai refleks pelindung terhadap rangsang suara keras.

– Pengertian Stapes
Definisi Stapes adalah nama lain untuk tulang sanggurdi atau tulang martil, salah satu dari tiga tulang dalam kompartemen telinga tengah.

To top