Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sistin – Sitotoksin)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sistin – Sitotoksin) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sistem Motorik Viskeral – Sistemik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sistin - Sitotoksin)

– Pengertian Sistin
Definisi Sistin adalah
asam amino yang ditemukan dalam darah dan urin.

– Pengertian Sistinuria
Definisi Sistinuria adalah
sebuah kondisi di mana urin mengandung kadar tinggi dari asam amino sistin. Jika sistin tidak larut dalam urin, dapat terbentuk batu ginjal.

– Pengertian Sistitis
Definisi Sistitis (cystitis) adalah
radang kandung kemih.

– Pengertian Sistitis Interstisial
Definisi Sistitis interstisial adalah
gangguan kompleks kronis yang ditandai oleh dinding kandung kemih meradang atau mengalami iritasi.

– Pengertian Sistokel
Definisi Sistokel adalah
herniasi kandung kemih ke dalam vag1na.

– Pengertian Sistoskopi
Definisi Sistoskopi (cystoscopy) adalah
prosedur pemeriksaan dengan sebuah tabung fleksibel berlensa yang dimasukkan melalui uretra ke dalam kandung kemih dan kemudian untuk mempelajari kelainan dalam kandung kemih dan saluran kemih bawah. Alatnya disebut sistoskop.

– Pengertian Sistosomiasis
Definisi Sistosomiasis
, juga disebut bilarzia, adalah penyakit parasit oleh cacing darah. Hospes antaranya adalah keong yang hidup di antara batang dan akar rumput di daerah kering yang kadang tergenang air. Cacing berukuran satu centimeter ini ditularkan dalam melalui air yang terkontaminasi larva cacing dari keong yang telah terinfeksi, kemudian hidup di pembuluh darah di saluran kemih atau usus. Sistosomiasis kemih disebabkan oleh schistosoma haematobium dan sistosomiasis usus oleh s. intercalatum, s. mansoni, s. japonicum atau s. mekongi. Sistosomiasis mempengaruhi setidaknya 240 juta orang di seluruh dunia, dengan lebih dari 700 juta orang tinggal di daerah endemik. Satu-satunya daerah endemik sistosomiasis di Indonesia adalah Sulawesi Tengah, yang disebabkan oleh s. japonicum.

– Pengertian Sitokin
Definisi Sitokin adalah
protein yang dibuat oleh sel-sel yang mempengaruhi perilaku sel-sel lain. Sitokin bertindak pada reseptor sitokin tertentu dalam sel yang mereka pengaruhi.

– Pengertian Sitokrom P450
Definisi Sitokrom P450 adalah
kelompok enzim biotransformasi tahap I yang berperan penting dalam metabolisme dan eliminasi obat, racun, karsinogen dan senyawa endogen, seperti hormon steroid.

– Pengertian Sitologi
Definisi Sitologi adalah
studi tentang struktur dan fungsi sel. Istilah “sitologi” berasal dari kata Yunani “kytos”, yang berarti “wadah”. Sel mengandung banyak bagian (yang disebut organel), yang masing-masing memiliki fungsi spesifik. Beberapa jenis organel hadir di semua sel tetapi umumnya bentuk dan kuantitas organel dalam sel terkait dengan jenis dan fungsi jaringan yang sel menjadi bagiannya. Sitologi berperan penting karena kondisi medis dan penyakit didiagnosis dengan pemeriksaan sel-sel yang terkena melalui mikroskop. Hasil pemeriksaan tentang jenis penyakit/kondisi dan kemajuannya kemudian digunakan untuk merekomendasikan dan menetapkan pengobatan yang tepat dengan efek pemulihan tercepat bagi pasien. Efek pengobatan juga dapat dimonitor menggunakan sitologi, yaitu pemeriksaan sampel sel-sel lebih lanjut untuk menilai keberhasilan teknik, obat-obatan, atau prosedur yang digunakan.

– Pengertian Sitopatologi
Definisi Sitopatologi atau patologi seluler adalah
cabang patologi yang mempelajari perubahan di tingkat sel akibat dari suatu penyakit. Sitopatologi berbeda dengan histopatologi. Histopatologi mengacu pada pemeriksaan mikroskopik jaringan untuk mempelajari manifestasi penyakit. Secara khusus, dalam pengobatan klinis, histopatologi mengacu pada pemeriksaan spesimen biopsi atau bedah oleh ahli patologi, setelah spesimen diproses dan bagian histologis ditempatkan ke preparat kaca. Sebaliknya, sitopatologi memeriksa sel-sel bebas atau fragmen jaringan.

– Pengertian Sitoplasma
Definisi Sitoplasma adalah
isi sel, tidak termasuk inti sel, yang terdiri dari cairan seperti jeli yang disebut sitosol dan struktur lainnya yang mengelilingi inti sel (nukleus).

– Pengertian Sitoskeleton
Definisi Sitoskeleton adalah
jaringan serat panjang yang membentuk kerangka struktural sel. Sitoskeleton memiliki beberapa fungsi penting, termasuk menentukan bentuk sel, berpartisipasi dalam pembelahan sel, dan memungkinkan sel untuk bergerak. Bagian ini juga menyediakan sistem seperti trek yang mengarahkan gerakan organel dan bahan lain dalam sel.

– Pengertian Sitotoksin
Definisi Sitotoksin adalah
racun atau antibodi yang memiliki tindakan racun tertentu pada sel-sel dari organ tertentu. Kata sifat: sitotoksik.

To top