Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sistem Motorik Viskeral – Sistemik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sistem Motorik Viskeral – Sistemik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sinusitis – Sistem Limfatik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sistem Motorik Viskeral - Sistemik)

– Pengertian Sistem Motorik Viskeral
Definisi Sistem motorik viskeral atau sistem saraf otonom adalah
sistem yang mengontrol fungsi tak sadar yang dimediasi oleh aktivitas serat otot polos, serat otot jantung, dan kelenjar. Sistem ini terdiri dari dua divisi utama, subsistem simpatik dan parasimpatik (persarafan khusus usus menyediakan komponen semi-independen lebih lanjut dan biasanya disebut sebagai sistem saraf enterik).

– Pengertian Sistem Pencernaan
Definisi Sistem pencernaan (digestive system) adalah
sistem yang terdiri dari pencernaan saluran dan organ-organ lain yang membantu tubuh memecah dan menyerap makanan. Organ-organ dalam sistem pencernaan di luar saluran pencernaan (disebut organ pencernaan aksesori) adalah lidah, kelenjar ludah, hati, pankreas dan kandung empedu. Bagian dari sistem saraf (yang disebut sistem saraf enterik) dan peredaran darah juga berperan penting dalam sistem pencernaan.

-Pengertian Sistem Penciuman
Definisi Sistem penciuman adalah
sel-sel sensorik di hidung dan daerah otak terkait yang secara kolektif terlibat dalam indera penciuman.

– Pengertian Sistem Penciuman Aksesori
Definisi Sistem penciuman aksesori (accessory olfactory system) adalah
sistem sel sensorik dalam organ vomeronasal dari hidung dan koneksi sentral mereka dalam otak yang menerima informasi sosial dan seksual, dalam bentuk feromon, dari organisme lain dalam spesies yang sama. Hal ini terpisah dari sistem penciuman utama, yang terlibat dalam indera penciuman.

– Pengertian Sistem Penglihatan
Definisi Sistem penglihatan
atau sistem visual mencakup mata, saraf optik dan korteks optik di otak besar. Saraf-saraf yang terlibat dalam sistem ini adalah saraf okulomotoris, troklearis, abdusen, trigeminalis dan wajah.

– Pengertian Sistem Saraf
Definisi Sistem saraf adalah
sistem yang terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan kompleks neuron. Sistem ini bertanggung jawab untuk mengirim, menerima, dan menafsirkan informasi dari semua bagian tubuh.Sistem saraf memonitor dan mengkoordinasikan fungsi organ internal dan merespon perubahan dalam lingkungan eksternal. Sistem ini dapat dibagi menjadi dua bagian: sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer.

– Pengertian Sistem Saraf Enterik
Definisi Sistem saraf enterik (enteric nervous system) adalah
sistem saraf intrinsik dari saluran pencernaan. Sistem ini berisi sirkuit refleks lengkap yang mendeteksi kondisi fisiologis saluran pencernaan, mengintegrasikan informasi tentang keadaan saluran pencernaan, dan menyediakan output untuk mengontrol gerakan usus, pertukaran cairan antara usus dan lumen, dan aliran darah lokal. Sistem ini adalah satu-satunya bagian dari sistem saraf perifer yang berisi sirkuit saraf yang luas yang mampu berfungsi lokal secara otonom. Sistem ini memiliki koneksi dua arah dengan sistem saraf pusat (SSP), dan bekerja sama dengan SSP untuk mengontrol sistem pencernaan dalam konteks kebutuhan tubuh lokal dan seluruh fisiologis. Karena keluasan dan derajat otonominya, sistem ini disebut sebagai otak kedua.

– Pengertian Sistem Saraf Otonom
Definisi Sistem saraf otonom adalah
bagian dari sistem saraf yang mewakili persarafan motorik dari otot polos, otot jantung dan sel-sel kelenjar. Sistem ini terdiri dari dua komponen fisiologis dan anatomis yang berbeda, yang saling bertentangan yaitu sistem simpatik dan parasimpatik.

– Pengertian Sistem Saraf Parasimpatik
Definisi Sistem Saraf Parasimpatik adalah
bagian dari sistem saraf otonom yang cenderung bertindak berlawanan terhadap sistem saraf simpatik, seperti memperlambat detak jantung dan melebarkan pembuluh darah. Sistem ini mengatur fungsi kelenjar, seperti memproduksi air mata dan air liur, dan merangsang motilitas dan sekresi dari sistem pencernaan. Bandingkan sistem saraf simpatik.

– Pengertian Sistem Saraf Perifer
Definisi Sistem saraf perifer adalah
bagian dari sistem saraf yang terdiri dari sel-sel yang membawa informasi ke (sel saraf sensorik) dan dari (sel saraf motorik) sistem saraf pusat (SSP). Sel-sel sistem saraf sensorik mengirim informasi ke SSP dari organ-organ internal atau dari rangsangan eksternal. Sel-sel sistem saraf motorik membawa informasi dari SSP ke organ, otot, dan kelenjar. Saraf perifer meliputi 12 saraf kranial, saraf tulang belakang, dan saraf otonom yang mengatur otot jantung, otot-otot di dinding pembuluh darah, dan kelenjar.

– Pengertian Sistem Saraf Pusat
Definisi Sistem saraf pusat adalah
bagian dari sistem saraf yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sistem ini adalah salah satu dari dua bagian utama dari sistem saraf, yang lainnya adalah sistem saraf perifer yang berada di luar otak dan sumsum tulang belakang.

– Pengertian Sistem Saraf Simpatik
Definisi Sistem Saraf simpatik adalah
bagian dari sistem saraf otonom yang cenderung bertindak berlawanan terhadap sistem saraf parasimpatik, seperti mempercepat detak jantung dan menyebabkan kontraksi pembuluh darah. Sistem ini mengatur fungsi kelenjar keringat dan merangsang sekresi glukosa dalam hati. Sistem saraf simpatik diaktifkan terutama dalam kondisi stres. Bandingkan sistem saraf parasimpatik.

– Pengertian Sistem Sensori-Motor
Definisi Sistem sensori-motor adalah
sistem yang bertanggung jawab untuk memproses informasi yang berhubungan dengan posisi tubuh dan melakukan gerakan. Komponen sensori terdiri dari reseptor sensorik pada sendi dan jaringan lunak yang mengirim sinyal ke otak melalui jalur saraf. Sistem motor terdiri dari otot-otot yang menerima sinyal impuls saraf dari sistem saraf pusat melalui jalur saraf.

– Pengertian Sistem Urogenital Pria
Definisi Sistem urogenital pria
merujuk gabungan dari sistem kemih dan reproduksi pada laki-laki. Sistem urogenital pria terdiri dari testis, saluran eferen, epididimis, vas deferens, saluran ejakulasi, uretra, penis, kelenjar prostat dan aksesori (vesikula seminalis dan kelenjar bulbouretral).

– Pengertian Sistem Urogenital Wanita
Definisi Sistem urogenital wanita adalah
gabungan sistem kemih dan reproduksi wanita, yang mencakup ovarium, rahim, tuba falopi, ginjal, ureter, kandung kemih, uretra dan aksesori (kelenjar bartolin).

– Pengertian Sistem Vestibular
Definisi Sistem vestibular adalah sistem dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan, postur, dan orientasi tubuh dalam ruangan. Sistem ini juga mengatur gerakan dan menjaga benda-benda berada pada fokus visual saat tubuh bergerak.

– Pengertian Sistemik
Definisi Sistemik adalah
penyakit atau gejala yang mempengaruhi tubuh secara umum.


Comments are closed.