Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sinusitis – Sistem Limfatik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sinusitis – Sistem Limfatik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sinkop – Sinus Sfenoidalis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sinusitis - Sistem Limfatik)

– Pengertian Sinusitis
Definisi Sinusitis adalah
peradangan pada rongga sinus. Sinusitis bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang memicu peradangan. Peningkatan produksi lendir, hidung tersumbat, rasa tidak nyaman di dahi, pipi atau di sekitar mata dan sakit kepala adalah gejala umum sinusitis.. Sinusitis bisa bersifat akut atau kronis. Sinusitis kronis atau rinosinusitis kronis sinusitis kronis terjadi bila sinusitis terjadi terus-menerus dan berulang.

– Pengertian Sinusitis Maksilaris
Definisi Sinusitis maksilaris adalah
peradangan sinus maksilaris (sinus terbesar berbentuk piramid di atas rahang atas) yang menyebabkan nyeri pada maksila (rahang atas), terutama pada daerah fossa kanina dan nyeri kepala. Selain pada sinus maksilaris, sinutisitis juga dapat terjadi pada sinus frontalis, sinus etmoidalis dan sinus sfenoidalis.

– Pengertian Sinusoid
Definisi Sinusoid adalah
rongga melalui hati atau jaringan hati yang memungkinkan pertukaran nutrisi dan zat lainnya antara darah dan hepatosit (sel hati).

– Pengertian Sinyal Sel
Definisi Sinyal sel adalah
komunikasi antar sel-sel individual untuk mengkoordinasikan perilaku mereka sehingg bermanfaat bagi organisme secara keseluruhan. Sistem sinyal sel pada sel hewan termasuk reseptor protein di permukaan sel dan intraseluler, GTP-binding protein, serta protein kinase dan protein fosfatase (enzim yang memfosforilasi dan protein defosforilat).

– Pengertian Sirkulasi Uteroplasenta
Definisi Sirkulasi uteroplasenta adalah
aliran darah di mana janin bertukar nutrisi dan produk limbah dengan ibu.

– Pengertian Sirkumsisi
Definisi Sirkumsisi (sunat/khitan) adalah
prosedur pembedahan untuk menghilangkan kulit yang menutupi ujung penis (kulup). Kadang-kadang, istilah ini digunakan untuk merujuk pada penghapusan sebagian atau seluruh klitoris dan/ atau labia seorang gadis. Ini adalah tradisi budaya umum di negara-negara Afrika Utara, yang secara bertahap menjadi kurang umum.

– Pengertian Sirosis
Definisi Sirosis adalah
penyakit degeneratif kronis di mana sel-sel hati normal menjadi rusak dan kemudian digantikan oleh jaringan parut. Sirosis mengubah struktur hati dan pembuluh darah yang memeliharanya. Penyakit ini mengurangi kemampuan hati untuk memproduksi protein dan proses hormon, nutrisi, obat, dan racun. Sirosis semakin memburuk dari waktu ke waktu dan dapat berpotensi mengancam jiwa. Penyakit ini dapat menyebabkan:
> perdarahan berlebihan
> ketidakmampuan
> kanker hati
> gagal hati karena akumulasi amonia dan limbah tubuh
> sepsis (keracunan darah)
> kematian
> Sirosis dua kali lebih umum pada laki-laki daripada wanita. Penyakit ini terjadi pada lebih dari setengah dari pecandu alkohol kronis. Di Asia dan Afrika, kebanyakan kematian dari sirosis disebabkan oleh hepatitis B kronis.

– Pengertian Sirosis Bilier Primer
Definisi Sirosis bilier primer adalah
gangguan autoimun yang menyebabkan peradangan dan jaringan parut pada saluran empedu di dalam hati, menyebabkan kerusakan hati yang terus-menerus dan penyumbatan aliran empedu. Kondisi ini ditemukan paling sering pada wanita antara usia 35 dan 60. Lebih dari 90% dari mereka yang terkena sirosis bilier primer akan memiliki tingkat antibodi antimitokondrial yang tinggi.

– Pengertian Sisik
Definisi Sisik (scales) adalah
sel kulit mati yang terlihat seperti serpihan atau kulit kering.

– Pengertian Sistem Auditori
Definisi Sistem auditoru adalah
sel-sel sensorik di telinga dan koneksi pusat mereka di otak yang terlibat dalam indera pendengaran.

– Pengertian Sistem Endokrin
Definisi Sistem endokrin adalah
sekumpulan kelenjar dan organ yang memproduksi dan mengatur hormon dalam aliran darah untuk mengontrol banyak fungsi tubuh. Sistem ini tumpang tindih dengan sistem saraf dan eksokrin dan tanggung jawabnya meliputi metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan seksual. Kelenjar utama dari sistem endokrin adalah pituitari, hipotalamus, dan pineal yang terletak di otak, tiroid dan paratiroid di leher, timus, adrenal dan pankreas di perut, dan gonad, indung telur atau testis di perut bagian bawah. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar tersebut terlalu banyak dan rumit untuk didaftar. Kelenjar pituitari sering disebut sebagai “kelenjar utama” karena mengontrol fungsi anggota lain dari sistem endokrin. Kelenjar pineal membuat melatonin, yang memutuskan kita harus tidur ketika gelap dan terbangun ketika cahaya muncul. Pankreas menghasilkan insulin yang memutuskan berapa banyak gula yang harus beredar dalam darah kita. Sistem endokrin adalah salah satu yang menentukan siklus tubuh kita. Sebagai contoh, kita memiliki siklus reproduksi, siklus tidur, dan siklus nutrisi. Kita tidak perlu makan di interval sempurna untuk memiliki pasokan energi yang tetap. Kita juga tidak memiliki tingkat kesuburan yang sama sepanjang hidup kita.

– Pengertian Sistem Imun
Definisi Sistem imun adalah
sistem tubuh untuk melindungi diri dari virus, bakteri atau zat asing lainnya.

– Pengertian Sistem Kekebalan
Deifinisi Sistem kekebalan (immune system) adalah
sistem pertahanan tubuh yang melindungi terhadap penyusup asing (misalnya, bakteri, virus). Beberapa pertahanan kekebalan bersifat tidak spesifik (misalnya, fagositosis), sementara yang lain diarahkan melawan penyusup tertentu (misalnya, produksi antibodi). Organ-organ sistem kekebalan tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, timus, dan amandel.

– Pengertian Sistem Limbik
Definisi Sistem limbik (lymbic system) adalah
area yang melandasi korpus kalosum dan merupakan istilah kolektif yang mengacu pada bagian-bagian otak, termasuk hipokampus dan amigdala. Struktur limbik berperan penting dalam regulasi aktivitas motorik viskeral dan ekspresi emosi.

– Pengertian Sistem Limfatik
Definisi Sistem limfatik adalah
komponen utama dari sistem kekebalan tubuh. Fungsinya menyaring cairan getah bening dan menghapus bahan asing, seperti bakteri dan sel kanker. Ketika bakteri dikenali dalam cairan getah bening, kelenjar getah bening memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi, yang menyebabkan kelenjar membengkak. Sistem limfatik meliputi amandel, kelenjar gondok, limfa, timus dan pembuluh getah bening.

To top