Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sindrom Kematian Bayi Mendadak – Sindrom Pramenstruasi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sindrom Kematian Bayi Mendadak – Sindrom Pramenstruasi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sindrom Fanconi – Sindrom Kelelahan Kronis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sindrom Kematian Bayi Mendadak - Sindrom Pramenstruasi)

– Pengertian Sindrom Kematian Bayi Mendadak
Definisi Sindrom kematian bayi
mendadak (sudden infant death syndrome/ SIDS) adalah kematian tiba-tiba pada bayi, umumnya terjadi pada larut malam dan tanpa penyebab pasti. Diduga penyebabnya adalah infeksi virus atau reaksi alergi.

– Pengertian Sindrom Klinefelter
Definisi Sindrom Klinefelter adalah
cacat kromosom pada laki-laki sehingga memiliki kromosom X tambahan. Kondisi ini terjadi pada satu dari 500 sampai 1.000 kelahiran laki-laki. Anak laki-laki dengan kondisi ini mungkin memiliki tubuh tinggi langsing, testis yang tidak berkembang dan pubertas tertunda. Mereka juga mungkin mengalami masalah perilaku dan kemampuan bahasa. Terapi testosteron dianjurkan untuk anak laki-laki usia 11-12 setelah evaluasi oleh ahli endokrinologi pediatrik.

– Pengertian Sindrom Kompartemen
Definisi Sindrom kompartemen adalah
sebuah kondisi di mana tekanan dalam kompartemen otot menjadi begitu tinggi sehingga suplai darah ke daerah tersebut terganggu. Kondisi ini bisa kronis, karena otot terlalu berkembang atau akut akibat trauma dan perdarahan ke dalam kompartemen. Sindrom kompartemen akut adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan perawatan segera dalam waktu 12 jam.

– Pengertian Sindrom Kompartemen Anterior
Definisi Sindrom kompartemen anterior adalah
kondisi di mana pembengkakan dalam kompartemen anterior tungkai bawah membahayakan kelangsungan hidup otot, saraf dan arteri yang melayani kaki. Pada kasus berat, pembedahan darurat diperlukan untuk meringankan pembengkakan dan tekanan.

– Pengertian Sindrom Malabsorpsi
Definisi Sindrom malabsorpsi adalah
sekelompok gejala seperti perut bergas, kembung, nyeri, diare, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan dan anemia. Gejala ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dengan baik, khususnya vitamin, mineral dan lemak.

– Pengertian Sindrom Mallory-Weiss
Definisi Sindrom Mallory-Weiss
, dikenal juga sebagai robekan Mallory Weiss, adalah sebuah kondisi yang antara lain berhubungan dengan alkoholisme dan hernia hiatal di mana lapisan mukosa di ujung bawah esofagus atau di atas lambung robek (mengalami laserasi), menyebabkan muntah darah. Laserasi seringkali juga menyebabkan perdarahan arteri submukosa. Sindrom Mallory-Weiss biasanya sekunder terhadap peningkatan mendadak tekanan intraabdominal. Faktor pencetus meliputi muntah, mengedan saat buang air besar, mengangkat beban, batuk, kejang epilepsi, cegukan di bawah anestesi, dada tertekan, trauma abdomen, preparat kolonoskopi dan gastroskopi.

– Pengertian Sindrom Marfan
Definisi Sindrom Marfan adalah
gangguan dominan autosomal dengan berbagai tingkat keparahan. Kondisi ini mempengaruhi jaringan ikat dan dalam jangka panjang berpengaruh pada ekstremitas: lengan, tungkai, jari tangan dan jari kaki tidak proporsional panjangnya. Orang dengan sindrom Marfan biasanya tinggi, langsing dan persendian agak longgar atau lentur. Mereka juga mungkin memiliki masalah mata. Sindrom Marfan dapat menyebabkan aneurisma aorta dan diseksi aorta serta regurgiasi mitral dan regurgiasi aorta.

– Pengertian Sindrom McCune Albright
Definisi Singdrom McCune Albright adalah
kondisi genetik yang mempengaruhi kesehatan tulang, pubertas dan tiroid. Karakteristiknya termasuk pubertas dini, patah tulang dan spot cafe au lait (bintik-bintik cokelat yang tidak teratur pada kulit).

– Pengertian Sindrom Meige
Definisi Sindrom Meige adalah
kombinasi blefarospasme dan distonia oromandibular, kadang-kadang juga dengan disfonia spasmodik.

– Pengertian Sindrom Metabolik
Definisi Sindrom metabolik adalah
kombinasi dari kondisi medis yang menempatkan seseorang pada risiko untuk penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Sindrom metabolik juga disebut sindrom metabolik X, sindrom X, dan sindrom resistensi insulin.
Kriteria diagnostik adalah terdapatnya tiga atau lebih kondisi berikut:
> Obesitas perut (lingkar pinggang: ≥ 102 cm untuk pria, ≥ 88 cm untuk wanita)
> Peningkatan trigliserida (≥ 150 mg / dL)
> Tekanan darah tinggi (≥ 130/85 mmHg)
> Intoleransi glukosa / resistensi insulin (glukosa darah puasa ≥ 110 mg / dL)
> Penurunan kolesterol HDL

– Pengertian Sindrom Myelodisplastik
Definisi Sindrom myelodisplastik (myelodysplastic syndrome) adalah
kelainan darah langka dan berpotensi fatal yang terjadi karena produksi abnormal sel-sel darah di sumsum tulang. Sel darah yang dihasilkan menjadi mati dan abnormal begitu mereka memasuki aliran darah, sehingga tidak dapat menjalankan fungsi normal dan penting seperti mengangkut oksigen melalui tubuh (sel darah merah) dan melawan infeksi (sel darah putih). Pada tahap awal penyakit, hanya ada sedikit gejala. Seiring waktu, perdarahan yang tidak biasa, bintik-bintik kulit merah dan anemia dapat terjadi. Individu dengan sindrom myelodisplastik cenderung memiliki infeksi berulang.

– Pengertian Sindrom Nefrotik
Definisi Sindrom nefrotik adalah
sebuah kelainan ginjal bawaan (kongenital) yang berkembang sebelum lahir atau dalam beberapa bulan pertama kehidupan seorang anak. Sindrom nefrotik biasanya mengarah ke stadium akhir penyakit ginjal dan membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal pada tahun kedua atau ketiga kehidupan.

– Pengertian Sindrom Ovarium Polikistik
Definisi Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) adalah
gangguan endokrin dengan sejumlah gejala yang berkaitan dengan kista menyakitkan kecil di ovarium. Kondisi ini ditandai dengan kelebihan produksi hormon laki-laki pada wanita.

– Pengertian Sindrom Prader-Willi
Definisi Sindrom Prader-Willi adalah
kelainan genetik yang dapat menyebabkan kekurangan hormon pertumbuhan. Hal ini ditandai dengan kurang suka makanan, bertubuh kecil, dan kesulitan belajar.

– Pengertian Sindrom Pramenstruasi
Definisi Sindrom pramenstruasi (Premenstrual Syndrom/PMS) adalah
sekelompok gejala fisik dan emosional yang dialami beberapa wanita selama siklus menstruasi mereka. Meskipun gejala biasanya berhenti dengan dimulainya periode menstruasi, pada beberapa wanita gejalanya dapat berlangsung selama dan setelah periode menstruasi mereka.

To top