Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sindrom Fanconi – Sindrom Kelelahan Kronis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sindrom Fanconi – Sindrom Kelelahan Kronis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sinar X – Sindrom Down). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sindrom Fanconi - Sindrom Kelelahan Kronis)

– Pengertian Sindrom Fanconi
Definisi Sindrom Fanconi atau sindrom De Toni-Fanconi adalah
gangguan pada tubulus renalis di mana zat tertentu yang biasanya diserap ke dalam aliran darah oleh ginjal justru dilepaskan ke dalam urin. Sindrom ini dapat disebabkan oleh kelainan genetik atau kerusakan ginjal dapatan. Terkadang penyebab dari sindrom Fanconi tidak diketahui.

– Pengertian Sindrom Fase Tidur Tertunda
Definisi Sindrom Fase Tidur Tertunda(delayed sleep-phase syndrome/ DSPS) adalah
gangguan kronis waktu tidur. Penderita DSPS cenderung tertidur pada waktu yang sangat terlambat, dan mengalami kesulitan bangun pada waktunya untuk bersekolah atau bekerja di pagi hari. Seringkali, mereka tidak bisa tidur hingga dini hari. Namun, berbeda dengan penderita insomnia, mereka tertidur pada waktu yang sama setiap malam. Mereka juga seringkali memiliki kemampuan untuk tidur di pagi hari, dan kadang-kadang di sore hari juga, dalam batas normal atau lebih dari normal. Sebaliknya, penderita insomnia kronis kesulitan tidur baik di pagi hari maupun malam hari.

– Pengertian Sindrom Goodpasture
Definisi Sindrom Goodpasture adalah
penyakit autoimun langka yang dapat mempengaruhi paru-paru dan ginjal.

– Pengertian Sindrom Guillain-Barré
Definisi Sindrom Guillain-Barré (SGB) adalah gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari sistem saraf perifer. Gejala pertama gangguan ini meliputi berbagai tingkat layuh atau sensasi kesemutan di kaki. Dalam banyak kasus, layuh dan sensasi abnormal menyebar ke lengan dan tubuh bagian atas. Kebanyakan orang mencapai tahap kelayuhan terbesar dalam 2-3 minggu setelah gejala muncul. Gejala dapat meningkat intensitasnya sampai otot-otot tidak dapat digunakan sama sekali dan pasien hampir lumpuh total. Dalam kasus ini, gangguan telah menjadi kedaruratan medis yang mengancam jiwa. Kebanyakan pasien SGB bisa sembuh bahkan dari kasus yang paling parah, meskipun beberapa terus memiliki beberapa derajat kelayuhan. Periode pemulihan bisa bervariasi dari beberapa minggu sampai beberapa tahun. Sekitar 30 persen penderita Guillain-Barré masih memiliki sisa kelayuhan setelah 3 tahun. Guillain-Barré disebut sindrom, bukan penyakit, karena tidak jelas penyebab spesifiknya. Tidak ada obat untuk sindrom Guillain-Barré, tapi terapi dapat mengurangi keparahan penyakit dan mempercepat pemulihan pada kebanyakan pasien.

 

– Pengertian Sindrom Hiperstimulasi Ovarium
Definisi Sindrom hiperstimulasi ovarium adalah
sebuah efek samping dari induksi ovulasi medis yang ditandai oleh pembengkakan ovarium yang menyakitkan dan, dalam beberapa kasus, akumulasi cairan di perut dan dada. Definisi WHO: sindrom hiperstimulasi ovarium adalah sebuah respon sistemik berlebihan terhadap stimulasi ovarium yang ditandai dengan manifestasi klinis dan laboratorium yang berspektrum luas. Kondisi ini diklasifikasikan sebagai ringan, sedang, atau berat sesuai dengan derajat distensi perut, pembesaran ovarium, dan komplikasi pernafasan, hemodinamik, dan metabolik.

– Pengertian Sindrom Hipotensi Telentang
Definisi Sindrom hipotensi telentang (supine hypotensive syndrome) adalah
sebuah sindrom hipotensi yang seringkali ditandai dengan berkeringat, mual, dan takikardia. Kondisi ini terjadi pada beberapa wanita hamil di posisi terlentang dan berhubungan dengan obstruksi vena balik oleh uterus.

– Pengertian Sindrom Horner
Definisi Sindrom Horner adalah
gangguan dari jalur saraf okulosimpatetik yang bersumber di tempat antara hipotalamus dan mata, biasanya menyebabkan ptosis, miosis pupil dan anhidrosis wajah, serta enophthalmos, peningkatan amplitudo akomodasi, heterochromia, retraksi kelopak mata kontralateral paradoks, penurunan transien tekanan intraokular, dan perubahan viskositas air mata.

– Pengertian Sindrom Iritasi Usus
Definisi Sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome/ IBS) adalah
kumpulan gejala seperti kram, nyeri perut, kembung di perut bagian atas dan perubahan pola BAB seperti selang-seling antara diare atau sembelit. Penderita IBS memiliki beberapa gejala tersebut selama 3 bulan atau lebih. Meskipun menyebabkan ketidaknyamanan, IBS tidak menyebabkan penyakit serius, seperti kanker dan tidak secara permanen merusak usus. Sindrom ini lebih banyak diderita oleh wanita dan dewasa muda (sebelum usia 35). Penyebab IBS tidak diketahui.

– Pengertian Sindrom Kaki Gelisah
Definisi Sindrom Kaki Gelisah (restless leg syndrome/ RLS) adalah
kondisi di mana kaki terasa sangat tidak nyaman sehingga menyebabkan dorongan tak tertahankan untuk menggerakkan kaki guna meringankan sensasi. Sensasi tidak nyaman mungkin dirasakan sebagai gatal, nyeri menusuk-nusuk, atau ada sesuatu yang bergerak di kaki. Sensasi ini biasanya memburuk saat istirahat, terutama ketika berbaring atau duduk. Sensasi dapat menyebabkan kurang tidur dan stres, sehingga sindrom ini juga dikelompokkan sebagai gangguan tidur. RLS disebabkan oleh gangguan pada bagian sistem saraf perifer yang mempengaruhi kaki. Tingkat keparahan gejala RLS berkisar dari ringan sampai berat. Gejala bisa datang dan pergi dengan keparahan bervariasi. Gejala pada umumnya lebih buruk di petang dan malam hari dan kurang parah di pagi hari. RLS lebih umum pada wanita dan dapat dimulai pada semua usia.

– Pengertian Sindrom Kallmann
Definisi Sindrom Kallmann adalah
sebuah sindrom di mana tubuh kekurangan kadar hormon pubertas. Orang dengan sindrom ini memiliki kemampuan buruk atau rendah untuk mengenali bau. Evaluasi oleh ahli endokrinologi pediatrik dianjurkan pada masa pubertas untuk membantu dengan obat-obatan yang mendorong pubertas.

– Pengertian Sindrom Karsinoid
Definisi Sindrom karsinoid adalah
pola gejala yang ditunjukkan oleh penderita tumor karsinoid. Tumor karsinoid mengeluarkan neurotransmiter serotonin dalam jumlah berlebihan. Gejalanya mungkin termasuk radang, diare, dan terkadang mengi.

– Pengertian Sindrom Kauda Equina
Definisi Sindrom kauda equina (cauda equina syndrome) adalah
kumpulan gejala yang terjadi ketika diskus terdorong ke kanal tulang belakang dan menekan seikat akar saraf lumbar dan sakral. Kerusakan saraf secara permanen dapat terjadi jika sindrom ini tidak diobati.

– Pengertian Sindrom Kelelahan Kronis
Definisi Sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome) adalah
suatu kondisi kelelahan berkepanjangan dan parah atau kelelahan yang tidak hilang dengan istirahat dan tidak langsung disebabkan oleh kondisi lain. Untuk dapat didiagnosis kondisi ini, kelelahan Anda harus cukup parah untuk mengurangi kemampuan Anda berpartisipasi dalam kegiatan biasa sampai 50%. Gejala sindrom ini mirip dengan infeksi virus yang paling umum (nyeri otot, sakit kepala, dan kelelahan). Gejala hadir dalam beberapa jam atau hari dan berlangsung selama 6 bulan atau lebih.

loading...

Comments are closed.