Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sinar X – Sindrom Down)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sinar X – Sindrom Down) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Siklus Asam Sitrat – Sinar Gamma). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sinar X - Sindrom Down)

– Pengertian Sinar X
Definisi Sinar X adalah
energi radiasi tinggi dengan gelombang yang lebih pendek daripada cahaya tampak. Sinar-X memiliki sifat-sifat zat yang paling penetratif, bertindak pada film fotografi atau piringan (memungkinkan radiografi), dan menyebabkan layar fluorescent untuk mengeluarkan cahaya (memungkinkan fluoroskopi). Dalam dosis rendah sinar-X digunakan untuk membuat gambar yang membantu untuk mendiagnosis penyakit, dan dalam dosis tinggi untuk mengobati kanker. Sebelumnya disebut sinar Roentgen.

– Pengertian Sinar X Panorama
Definisi Sinar-X panorama adalah
tipe sinar-X yang menunjukkan representasi dua dimensi yang lengkap dari semua gigi di mulut. Sinar-X ini juga menunjukkan hubungan antara gigi dan rahang dan rahang dengan kepala.

– Pengertian Sinar X Periapikal
Definisi Sinar-X periapikal adalah
sinar X yang memberikan pemandangan sisi lengkap dari akar hingga mahkota gigi.

– Pengertian Sindesmologi
Definisi Sindesmologi adalah
spesialisasi medis yang berkaitan dengan sendi dan komponen anatominya. Oleh karena itu, spesialisasi ini adalah sub-spesialisasi ortopedi.

– Pengertian Sindesmosis
Definisi Sindesmosis (syndesmosis) adalah
persendian di maan dua tulang terhubung oleh sebuah membran interoseus atau ligamen.

– Pengertian Sindrom
Definisi Sindrom adalah
sehimpunan tanda dan gejala yang cenderung terjadi bersama-sama dan mencerminkan adanya penyakit tertentu atau peningkatan peluang mengembangkan penyakit tertentu.

– Pengertian Sindrom Alport
Definisi Sindrom Alport adalah
sebuah kondisi warisan yang menyebabkan penyakit ginjal. Kondisi ini biasanya berkembang selama masa awal kanak-kanak dan lebih serius pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Kondisi ini dapat menyebabkan stadium akhir penyakit ginjal serta masalah pendengaran dan penglihatan, dengan gejala umum terdapatnya darah dan protein kronis dalam urin.

– Pengertian Sindrom Asperger
Definisi Sindrom Asperger adalah
gangguan perkembangan sosial dan perilaku yang mirip dengan autisme, kecuali pada kesulitan berbahasa. Mereka kekurangan alat normal untuk interaksi sosial, seperti kemampuan untuk menanggapi tatapan orang lain, menggunakan bahasa tubuh dan gerak tubuh yang tepat, atau bereaksi terhadap pikiran dan perasaan orang lain. Gangguan perilaku meliputi gerakan stereotip berulang dan kepatuhan kaku pada rutinitas yang merupakan ciri khas dari autisme. Seperti gangguan disintegratif anak, sindrom Asperger lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan.

– Pengertian Sindrom ATRA
Definisi Sindrom ATRA adalah
sebuah komplikasi mengancam jiwa yang dapat terjadi selama pengobatan leukemia akut promyelocytic (APL) dengan ATRA. Tanda-tanda klinis utama adalah gangguan pernapasan, demam, infiltrat paru, berat badan, efusi pleura, gagal ginjal, efusi perikardial, gagal jantung dan hipotensi.

– Pengertian Sindrom Chiari-Frommel
Definisi Sindrom Chiari-Frommel adalah
sebuah sindrom pasca-kehamilan yang terdiri dari laktasi terus-menerus, amenore, FSH hipofisis rendah–seringkali dengan prolaktin tinggi–dan atrofi uterus.

– Pengertian Sindrom Cushing
Definisi Sindrom Cushing adalah
gangguan hormonal yang disebabkan oleh paparan berkepanjangan tingkat tinggi hormon kortisol di dalam tubuh. Kadang-kadang disebut “hiperkortisolisme”, kondisi ini relatif jarang dan paling umum mempengaruhi orang dewasa berusia 20 sampai 50.

– Pengertian Sindrom Degenerasi Folikular
Definisi Sindrom degenerasi folikular adalah
suatu bentuk alopecia pembentuk skar yang disebabkan oleh kerontokan dini selubung akar bagian dalam folikel rambut. Hal ini akhirnya menyebabkan kerusakan folikel lengkap. Kondisi ini idiopatik dan tidak berhubungan dengan trauma mekanis atau disebabkan oleh sisir panas.

Pengertian Sindrom Diskoneksi
Definisi Sindrom diskoneksi adalah
gangguan transfer informasi dari satu daerah otak ke daerah lain.

– Pengertian Sindrom Distres Pernafasan Dewasa
Definisi Sindrom Distes Pernafasan Dewasa (Adult Respiratory Distress Syndrome/ARDS) adalah
kegagalan pernafasan mendadak yang ditandai dengan kebocoran plasma ke dalam paru-paru melalui kapiler yang rusak, menyebabkan akumulasi cairan paru-paru yang mengurangi kemampuannya untuk mengembang. Kondisi ini adalah keadaan darurat medis.

– Pengertian Sindrom Down
Definisi Sindrom Down
(Down syndrome) dinamai menurut Dr John Down, yang pertama kali secara resmi menggambarkan kondisinya. Disebut juga Trisomi 21, kondisi yang menyebabkan sekumpulan gejala mental dan fisik khas ini disebabkan oleh kelainan gen di mana terdapat ekstra salinan kromosom 21. Penyandang sindrom Down biasanya memiliki apa yang disebut penampilan “mongoloid” di wajah mereka: memiliki hidung pesek, mata sipit, dan telinga kecil yang rendah. Mereka juga mungkin mengalami masalah kognitif, termasuk keterbelakangan mental dan masalah koordinasi fisik.

To top