Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Siklus Asam Sitrat – Sinar Gamma)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Siklus Asam Sitrat – Sinar Gamma) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (SGOT – Sigmoidoskopi Fleksibel). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Siklus Asam Sitrat - Sinar Gamma)

– Pengertian Siklus Asam Sitrat
Definisi Siklus asam sitrat adalah
jalur metabolisme dalam mitokondria yang mengoksidasi senyawa asetil bentuk makanan menjadi karbon dioksida dan air. Juga disebut sebagai siklus Krebs dan siklus asam trikarboksilat (TCA).

– Pengertian Siklus Dibatalkan
Definisi Siklus dibatalkan (cancelled cycle) adalah
siklus dalam teknologi reproduksi berbantuan di mana stimulasi ovarium atau pemantauan telah dilakukan dengan maksud untuk pengobatan, tetapi tidak berlanjut ke aspirasi folikular atau, dalam kasus embrio yang dicairkan, transfer embrio.

– Pengertian Siklus Endometrium
Definisi Siklus endometrium adalah
pengembangan reguler selaput lendir yang melapisi bagian dalam rahim. Hal ini dimulai dengan persiapan penerimaan kehamilan dan berakhir dengan penumpahan lapisan selama periode menstruasi.

– Pengertian Siklus Krebs
Definisi Siklus Krebs adalah
serangkaian reaksi kompleks yang mengikuti glikolisis yang mengkonversi karbohidrat dan lipid (gula dan lemak) menjadi ATP (adenosin trifosfat) sebagai sumber utama energi tubuh.

– Pengertian Siklus Menstruasi
Definisi Siklus menstruasi adalah
siklus bulanan pada wanita, yang dimulai dari akhir menstruasi sebelumnya sampai akhir menstruasi berikutnya. Siklus ini dibagi dalam tiga fase atau tahap, yaitu fase folikular, ovulasi, dan fase luteal. Siklus menstruasi biasanya sekitar 28 hari (4 minggu bulan komariah), meskipun bisa bervariasi dari wanita ke wanita. Siklus ini berhenti sementara selama kehamilan dan permanen setelah menopause.

– Pengertian Siklus Sel
Definisi Siklus sel adalah
urutan teratur dari tahapan yang dilalui sel dari pembelahan sel (mitosis) ke berikutnya. Siklus sel dapat dibagi menjadi empat tahap: fase M (mitosis), di mana inti sel membelah dan sitoplasma terbentuk; fase G1 atau interfase; fase S (sintesis), di mana replikasi DNA terjadi, dan fase G2, sebuah periode diam sebelum fase M berikutnya.

– Pengertian Siklus Terstimulasi
Definisi Siklus terstimulasi adalah
siklus dalam reproduksi berbantuan teknologi di mana seorang wanita menerima obat untuk merangsang ovarium agar menghasilkan lebih banyak folikel.

– Pengertian Siku Pegolf
Definisi Siku pegolf (golfer’s elbow)
, juga dikenal sebagai epikondilitis medialis, adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada aspek medial siku, yang bisa menjalar ke lengan bawah. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi pegolf, bahkan paling sering dikeluhkan oleh para pekerja yang berusia usia 30 dan 50.

– Pengertian Siku Tennis
Definisi Siku tenis (tennis elbow) adalah
radang tendon di perbatasan luar siku akibat terlalu sering menggunakan otot lengan bawah (seperti saat memutar tangan). Juga disebut epikondilitis lateralis.

– Pengertian Silia
Definisi Silia adalah
struktur kecil seperti rambut yang membantu untuk mengangkut sekresi di sepanjang permukaan sel.

– Pengertian Silomikron
Definisi Silomikron (Chylomicron) adalah
lipoprotein kaya trigliserida yang memberikan trigliserida nutrisi dari usus ke jaringan segera setelah makan. Silomikron membebasan trigliserida ke jaringan melalui aktivitas enzim lipoprotein lipase di bantalan jaringan kapiler. Ketika sebagian besar trigliserida telah dilepaskan, sisa-sisa silomikron diambil oleh hati, dimana lipid dan kolesterol yang tersisa diekskresikan dalam empedu atau dimasukkan ke dalam lipoprotein lainnya.

– Pengertian Simbiosis
Definisi Simbiosis adalah
hubungan antara dua organisme atau populasi yang berinteraksi. Hubungan tersebut dapat bersifat mutualisme (saling menguntungkan), komensalisme (menguntungkan satu pihak, tidak merugikan yang lain) atau parasitisme (menguntungkan satu pihak tapi merugikan yang lain).

– Pengertian Sinaps
Definisi Sinaps adalah
sel-sel persimpangan yang memungkinkan sinyal-sinyal kimia atau listrik diteruskan dari satu neuron ke neuron lain atau sel otot.

– Pengertian Sinar Gamma
Definisi Sinar Gamma adalah
sejenis radiasi dengan penetrasi kuat yang dipancarkan oleh bahan radioaktif. Sinar gamma digunakan dalam kedokteran nuklir, di brakhiterapi dan dalam terapi radiasi sinar eksternal. Sinar gamma setara dengan sinar-x energi tinggi.

To top