Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (SGOT – Sigmoidoskopi Fleksibel)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (SGOT – Sigmoidoskopi Fleksibel) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Servikal – Sfingterektomi Endoskopik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (SGOT - Sigmoidoskopi Fleksibel)

– Pengertian SGOT
Definisi SGOT (serum glutamat oksaloasetat transaminase)
, kini disebut AST (aspartat aminotransferase), adalah enzim yang biasanya hadir di sel-sel hati dan jantung. SGOT dilepaskan ke dalam darah ketika hati atau jantung rusak. Tingkat SGOT meningkat bila ada kerusakan hati (misalnya, dari virus hepatitis) atau penyakit jantung. Beberapa obat juga dapat meningkatkan kadar SGOT.

– Pengertian SGPT
Definisi SGPT (Serum glutamat piruvat transaminase) adalah
sebuah enzim yang biasanya hadir di sel-sel hati dan jantung. SGPT dilepaskan ke dalam darah ketika hati atau jantung rusak. Juga disebut alanin aminotransferase (ALT).

– Pengertian Shiatsu
Definisi Shiatsu adalah
terapi pijat asal Jepang yang mencakup berbagai teknik akupresur (termasuk peregangan, goyangan dan tekanan lembut di berbagai titik-titik akupresur) dengan tujuan mengoptimalkan aliran energi hidup di sekitar sistem meridian tubuh. Perawatan pribadi ini biasanya sangat santai dan dilakukan saat pasien tetap berpakaian longgar yang nyaman. Hasilnya adalah perasaan ketenangan dan kesejahteraan. Pengobatan ini terkait dengan akupunktur, tetapi hanya melibatkan penerapan tekanan, dan bukan penusukan jarum ke dalam titik akupresur / akupunktur.

– Pengertian Shigellosis
Definisi Shigellosis adalah
disentri basiler yang disebabkan oleh bakteri dari genus Shigella, sering terjadi dengan pola epidemi.

– Pengertian Sialadenitis
Definisi Sialadenitis adalah
penyakit inflamasi yang menyebabkan mulut dan mata kering dan berhubungan dengan infeksi hepatitis C. Sialadenitis menghancurkan kelenjar ludah.

– Pengertian Sianosis
Definisi Sianosis (cyanosis) adalah
warna kulit dan membran mukosa kebiruan atau pucat karena kandungan oksigen yang rendah dalam darah. Kondisi ini terutama mencolok di bibir dan kuku. Sianosis dapat muncul dalam berbagai kondisi medis di mana konsentrasi oksigen darah rendah, misalnya pada penyakit paru-paru, kelainan jantung dan di daerah geografis yang tinggi. Sianosis pada bagian dalam bibir (yang tidak terkena dingin), pipi, lidah dan konjungtiva mata, dapat menjadi bukti saturasi oksigen darah rendah sekunder karena penyakit paru atau jantung. Sianosis yang muncul di bagian luar, seperti ujung jari, ujung hidung atau bagian luar dari bibir dapat disebabkan oleh penurunan aliran darah ke kulit karena paparan suhu rendah.

– Pengertian Siatika
Definisi Siatika (sciatica) adalah
suatu kondisi di mana terjadi tekanan oleh herniasi atau pecahan diskus vertebralis pada saraf siatik (sciatic nerve), saraf besar yang memanjang menuruni kanal tulang belakang untuk keluar di panggul dan membawa serabut saraf ke kaki. Kompresi ini menyebabkan sakit punggung atau rasa terbakar yang dikombinasikan dengan rasa sakit yang menjalar melalui pantat dan turun di bawah lutut, kadang-kadang mencapai telapak kaki. Dalam kasus yang paling ekstrim, ketika saraf terjepit adalah di antara diskus dan tulang yang berdekatan, gejalanya tidak melibatkan rasa sakit tapi mati rasa dan kehilangan sejumlah kontrol motorik atas kaki karena gangguan sinyal saraf. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh tumor, kista, penyakit metastatik, atau degenerasi dari akar saraf siatik.

– Pengertian Sifat Dominan
Definisi Sifat dominan adalah
sifat yang diekspresikan ketika hanya satu salinan gen yang bertanggung jawab atas sifat hadir. Kontras dengan sifat resesif.

– Pengertian Sifat Resesif
Definisi Sifat resesif adalah
suatu sifat yang dinyatakan hanya ketika terdapat dua salinan gen yang bertanggung jawab atas sifat.

– Pengertian Sifilis
Definisi Sifilis (syphilis) adalah
penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini sering disebut “peniru besar” karena begitu banyak tanda dan gejalanya yang tidak bisa dibedakan dari penyakit lain. Banyak orang terinfeksi sifilis tidak memiliki gejala selama bertahun-tahun, namun tetap berisiko komplikasi jika tidak dirawat. Tahap primer sifilis biasanya ditandai dengan munculnya luka tunggal (disebut cangker), tapi mungkin ada beberapa luka. Waktu inkubasi sifilis adalah 10 sampai 90 hari (rata-rata 21 hari). Luka biasanya tegas, bulat, kecil, dan tidak sakit. Luka berlangsung 3 sampai 6 minggu, dan sembuh tanpa pengobatan. Namun, jika perawatan tidak memadai, infeksi berlangsung ke tahap sekunder. Tahap sekunder sifilis ditandai oleh ruam kulit dan lesi selaput lendir pada satu atau lebih area tubuh. Ruam biasanya tidak menyebabkan gatal. Ruam terkait dengan sifilis terjadi beberapa minggu setelah cangker telah sembuh. Ruam mungkin muncul sebagai bintik-bintik kasar, merah, atau coklat kemerahan di telapak tangan dan bagian bawah kaki. Namun, ruam dengan penampilan yang berbeda dapat terjadi pada bagian lain dari tubuh. Selain ruam, gejala sifilis sekunder mungkin termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok tambal sulam, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot, dan kelelahan. Tanda-tanda dan gejala sifilis sekunder hilang dengan atau tanpa pengobatan. Namun, tanpa pengobatan, infeksi akan maju ke tahap laten dan mungkin tahap akhir penyakit. Pada tahap laten (tersembunyi), tidak ada gejala luar, namun penyakit dapat merusak organ dalam, termasuk otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan sendi. Tanda dan gejala tahap akhir sifilis termasuk kesulitan koordinasi gerakan otot, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan bertahap, dan demensia. Kerusakan ini mungkin cukup serius untuk menyebabkan kematian.

– Pengertian Sifilis Kongenital
Definisi Sifilis kongenital adalah
sifilis yang ditularkan dari ibu ke bayinya sekitar waktu kelahiran. Sifilis adalah penyakit bakteri menular seksual. Sifilis kongenital yang tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan, gangguan mental dan masalah jantung pada bayi atau mungkin kematian di uterus. Diperkirakan sekitar 4,2 juta tahun kehidupan yang produktif hilang akibat sifilis setiap tahun.

– Pengertian Sigmoidoskopi
Definisi Sigmoidoskopi adalah
inspeksi melalui kamera serat optik terhadap bagian dalam kolon sigmoid, yang merupakan bagian dari usus besar yang bermuara ke dalam rektum. Tes ini berguna untuk mendiagnosis penyebab diare, sembelit, atau sakit perut, dan mengidentifikasi jaringan kanker.

– Pengertian Sigmoidoskopi Fleksibel
Definisi Sigmoidoskopi fleksibel adalah
prosedur diagnostik endoskopi yang digunakan untuk melihat bagian dalam kolon sigmoid dan rektum. Prosedur ini melibatkan penyisipan endoskop melalui rektum ke dalam usus besar. Endoskop memungkinkan dokter untuk melihat lapisan usus besar, mengambil sampel jaringan untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan mungkin mengobati beberapa masalah yang ditemukan.


Comments are closed.