Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sensitivitas – Sequela)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sensitivitas – Sequela) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Selenium – Senggama). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sensitivitas - Sequela)

– Pengertian Sensitivitas
Definisi Sensitivitas adalah
: Kemampuan organisme untuk merespon obat atau agen lain. Pada statistik, sensitivitas adalah ukuran keakuratan tes yaitu seberapa besar kemungkinan tes untuk mendeteksi positif orang-orang yang memiliki penyakit atau kondisi. Kontras dengan spesifisitas. Sebuah tes dengan sensitivitas yang tinggi akan hampir selalu positif bagi orang yang memiliki kondisi itu (tes memiliki hasil negatif palsu yang rendah). Sensitivitas juga dikenal sebagai tingkat benar positif. Kontras dengan spesifisitas.

– Pengertian Sentrifugasi
Definisi Sentrifugasi adalah
proses menggunakan sentrifus untuk memisahkan padatan dari cairan, terutama digunakan dalam uji klinis untuk memproses sampel darah.

– Pengertian Sentrifus
DEfinisi Sentrifus (pemusing/centrifuge) adalah
sebuah perangkat yang berputar pada poros tetapnya dengan berbagai kecepatan. Alat ini dapat memisahkan cairan dan padatan atau cairan dengan kepekatan berbeda-beda dengan memanfaatkan gaya sentrifugal yang dihasilkan dari rotasi.

– Pengertian Sentrosom
Definisi Sentrosom (kadang-kadang juga disebut sebagai sentrosfir) adalah
daerah atau wilayah dari sitoplasma bening yang terletak di sebelah inti sel non-membelah. Sentrosom mengandung sentriol – yang bertanggung jawab untuk pembelahan sel.

– Pengertian Senyawa Fenolik
Definisi Senyawa fenolik adalah
suatu set asam lemah yang memiliki setidaknya salah satu kelompok hidroksil.

– Pengertian Sepalik
Definisi Sepalik
(cephalic) berarti berkaitan dengan kepala.

– Pengertian Sepsis
Definisi Istilah awam untuk sepsis adalah
keracunan darah, yang juga digunakan untuk menggambarkan septikemia. Sepsis mencakup spektrum penyakit yang berkisar dari keluhan seperti demam, menggigil, malaise, tekanan darah rendah, dan perubahan status mental. sampai gejala disfungsi organ dan syok. Sepsis disebabkan oleh kehadiran bakteri (bakteremia) dan organisme pernginfeksi lainnya atau racun dalam darah (septikemia) atau pada jaringan lain dari tubuh. Sistem kekebalan tubuh Anda mengakibatkan terbentuknya bekuan-bekuan kecil darah yang dapat menghalangi aliran darah ke organ vital. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan organ. Sepsis terutama menyerang bayi, orang tua dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah, meskipun juga dapat terjadi pada orang dewasa muda yang sehat. Sepsis bisa menjadi situasi serius yang mengancam kehidupan sehingga perlu perawatan mendesak dan komprehensif. Diagnosis cepat sangat penting, karena sepertiga dari penderita sepsis meninggal dunia. Sepsis biasanya dirawat di unit perawatan intensif rumah sakit (ICU). Antibiotik dan cairan infus dapat diberikan untuk mengobati infeksi dan menjaga tekanan darah agar tidak menurun terlalu rendah. Pasien juga mungkin perlu respirator untuk membantu pernapasan.

– Pengertian Septoplasti
Definisi Septoplasti adalah
pembedahan untuk memperbaiki septum hidung yang bengkok. Septum adalah dinding pemisah di tengah yang membagi dua sisi hidung dan jika dinding ini membengkok maka aliran udara melalui hidung dapat terblokir. Dinding ini dapat bengkok karena hidung yang patah atau pertumbuhannya yang memang bengkok.
Alasan utama septoplasti adalah:
> Untuk memperbaiki septum hidung yang tidak rata, bengkok, atat cacat sehingga menghalangi jalan napas di hidung. Orang dengan kondisi ini biasanya bernapas melalui mulut dan lebih mungkin untuk mendapatkan infeksi hidung atau sinus.
> Untuk mengatasi mimisan yang tak terkendali
> Untuk memperbaiki lubang di septum hidung yang disebut perforasi hidung.
Orang yang menghirup sejumlah besar kokain atau obat lain dalam jangka waktu yang lama mungkin perlu septoplasti. Menghirup obat dapat merusak septum.

– Pengertian Septum
Definisi Septum
Kata “septum” berasal dari bahasa Latin “saeptum” yang berarti “dinding pemisah atau sekat.” Sebagai contoh, septum nasal adalah sekat pemisah di dalam hidung. Septum nasal berada di tengah hidung yang memisahkan dua sisi hidung, masing-masing berisi saluran yang berakhir di lubang hidung. Septum jantung adalah sekat yang memisahkan ruang-ruang jantung.

– Pengertian Septum Hidung
Definisi Septum hidung
atau nasal septum adalah dinding yang memisahkan rongga hidung menjadi dua bagian, yang terdiri dari kerangka pendukung di pusat dilapisi oleh selaput lendir di setiap sisi. Bagian depan partisi alami adalah zat yang kuat tetapi pada struktur bengkokan sebagian besar terbuat dari tulang rawan dan ditutupi oleh kulit yang memiliki pembuluh darah besar.

– Pengertian Septum Jantung
Definisi Septum jantung adalah
dinding yang memisahkan ruang-ruang jantung. Jantung memiliki empat ruangan: dua ruang pemompa di bawah yang disebut ventrikel, dan dua ruang pengisi di atas yang disebut atrium. Pada jantung yang normal, darah yang kembali dari tubuh untuk mengisi atrium kanan memiliki oksigen rendah. Darah ini menuju ruang ventrikel kanan, dan kemudian ke paru-paru untuk menerima oksigen. Darah yang telah diperkaya dengan oksigen kembali ke atrium kiri, dan kemudian ke ventrikel kiri untuk dipompa ke tubuh melalui aorta. Atrium kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding tipis yang disebut septum atrium. Ventrikel kanan dan kiri dipisahkan oleh septum ventrikel.

– Pengertian Septum Ventrikel
Definisi Septum ventrikel (atau septum intraventrikel) adalah
bagian dari anatomi jantung yang memisahkan ventrikel kiri dengan ventrikel kanan. Septum di antara kedua ventrikel ini paling tebal di bagian bawah. Bagian atas septum ventrikel dinamakan bagian membran dari septum. Semakin ke atas, septum ini semakin menipis menjadi massa serat otot yang terdiri dari jaringan fibrosa yang ditutupi oleh dua lapisan endokardium.

– Pengertian Sequela
Definisi Sequela adalah
kondisi berikutnya sebagai konsekuensi dari penyakit.

To top