Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sel Glandular Atipikal – Sel Parietal)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sel Glandular Atipikal – Sel Parietal) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sel – Sel Germinal). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sel Glandular Atipikal - Sel Parietal)

– Pengertian Sel Glandular Atipikal
Definisi Sel glandular atipikal adalah
istilah yang digunakan untuk menggambarkan sel-sel abnormal yang berasal dari dalam leher rahim atau dari lapisan rahim. Sel-sel abnormal itu ditemukan dalam jumlah kecil pada pap smear (prosedur yang digunakan untuk mendeteksi kanker leher rahim) dan mungkin merupakan tanda lesi yang lebih serius atau kanker.

– Pengertian Sel Glia
Definisi Sel glia (glial Cell) adalah
sel otak selain neuron yang memberikan dukungan struktural, nutrisi, dan lainnya ke otak.

– Pengertian Sel Granulosa
Definisi Sel granulosa adalah
sel yang melapisi folikel ovarium vesikuler yang menjadi sel luteal setelah ovulasi. Korpus luteum terdiri dari sel-sel granulosa dan sel-sel teka folikuli.

– Pengertian Sel Induk
Definisi Sel induk (stem cell)
, atau disebut juga sel punca, adalah sel yang tidak/belum terspesialisasi. Sel induk memiliki dua sifat yaitu pembaruan diri dan diferensiasi:
> Kemampuan untuk memperbaharui atau meregenerasi dirinya sendiri (self-regenerate/self-renew). Dalam hal ini sel induk dapat membuat salinan sel yang persis sama dengan dirinya melalui pembelahan sel
> Kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi sel lain. Dalam hal ini sel induk mampu berkembang menjadi berbagai jenis sel matang, misalnya sel saraf, sel otot jantung, sel otot rangka, sel pankreas, dan lain-lain.

– Pengertian Sel Induk Darah Tali Pusat
Definisi Sel induk darah tali pusat adalah
sel induk darah (blood stem cell) yang diperoleh dari tali pusat dan plasenta setelah kelahiran bayi. Meskipun pada saat ini darah tali pusat hanya digunakan sebagai sel induk untuk transplantasi hematopoietik, penelitian sedang dilakukan untuk mengidentifikasi dan menggunakan jenis-jenis sel lainnya yang hadir di dalamnya, seperti sel induk mesenkimal atau endotel (pembuluh darah).

– Pengertian Sel Induk Dewasa
Definisi Sel induk dewasa (adult stem cell) adalah
sel induk jaringan tertentu. Sebuah sel induk pada jaringan janin dan / atau orang dewasa biasanya menghasilkan jenis jaringan di mana ia ditemukan (sel induk darah membuat darah, sel induk saraf membuat neuron, dan sebagainya).

– Pengertian Sel Induk Mesenkimal
Definisi Sel induk mesenkimal (mesenchymal stem cell) adalah
sebuah istilah yang saat ini digunakan untuk mendefinisikan sel induk dewasa darah dari berbagai jaringan, meskipun jelas bahwa sel induk mesenkimal dari jaringan yang berbeda tidak selalu sama.

– Pengertian Sel Kerucut
Definisi Sel kerucut (cone cell) adalah
sel fotoreseptor berbentuk kerucut yang terletak di retina, bertanggung jawab untuk ketajaman visual (visi detail halus) dan visi warna dalam cahaya sedang atau terang. Ketiga jenis sel kerucut, secara longgar disebut biru, hijau, dan merah, peka terhadap panjang gelombang cahaya yang berbeda. Interaksi mereka membentuk dasar visi warna. Sel kerucut terdiri dari segmen luar, segmen bagian dalam, sel tubuh, dan area sinaptik, sekitar 6½ sampai 7 juta per mata, jauh lebih sedikit daripada jumlah sel batang. Akumulasi terpadat sel kerucut dalam makula dan fovea. Sel kerucut tidak hadir di diskus optikus.

– Pengertian Sel Kupfer
Definisi Sel Kupfer adalah
jenis makrofag yang berada dalam hati dan menelan bakteri yang diserap dari usus.

– Pengertian Sel M
Definisi Sel M atau sel membran/sel microfold sel adalah
sel-sel khusus di epitel usus yang menginternalisasi mikroorganisme patogen ke jaringan limfoid usus.

– Pengertian Sel Mast
Definisi Sel Mast adalah
jenis sel yang hadir dalam jumlah besar di membran hidung dan paru-paru. Aktivasi sel-sel ini oleh antibodi alergi menyebabkan pelepasan beberapa zat, termasuk histamin dan heparin yang menyebabkan gejala seperti pilek, gatal, hidung tersumbat, dan produksi lendir.

– Pengertian Pengertian Sel Memori
Definisi Sel memori adalah
sekelompok sel yang membantu tubuh mempertahankan diri terhadap penyakit dengan mengingat paparan sebelumnya dari organisme tertentu (misalnya virus atau bakteri). Oleh karena itu, sel-sel ini mampu merespon dengan cepat ketika organisme tersebut berulang kali mengancam tubuh.

– Pengertian Sel Merkel
Definisi Sel Merkel adalah
sel berbentuk cakram yang menjadi ujung reseptor di kulit, diyakini terlibat dengan sensasi sentuhan halus.

– Pengertian Sel NK
Definisi Sel NK (natural killer) adalah
sejenis sel darah putih yang berisi butiran dengan enzim yang dapat membunuh sel tumor atau sel mikroba. Juga disebut limfosit granular besar (LGL).

– Pengertian Sel Parietal
Definisi Sel parietal adalah
sel di dinding lambung yang membuat asam klorida.


Comments are closed.