Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sel – Sel Germinal)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sel – Sel Germinal) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Schisandra – Sekum). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sel - Sel Germinal)

– Pengertian Sel
Definisi Sel adalah
unit struktural dan fungsional dasar pada manusia dan semua makhluk hidup. Setiap sel merupakan wadah kecil dari bahan kimia dan air yang dibungkus dalam membran. Tubuh manusia terdiri dari triliunan sel. Mereka menyediakan struktur bagi tubuh, mengambil nutrisi dari makanan, mengkonversi nutrisi menjadi energi, dan melaksanakan fungsi-fungsi khusus. Sel juga mengandung materi herediter tubuh dan dapat membuat salinan dari diri mereka sendiri. Sel memiliki banyak bagian, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Beberapa bagian, yang disebut organel, adalah struktur khusus yang melakukan tugas tertentu dalam sel. Sel manusia mengandung bagian-bagian utama berupa sitoplasma, sitoskeleton, retikulum endoplasma, aparatus golgi, lisosom, peroksisom, mitokondria, nukleus, ribosom dan membran.

– Pengertian Sel Alfa
Definisi Sel alfa adalah
 jenis sel dalam pankreas. Sel alfa membuat dan melepaskan hormon yang disebut glukagon. Tubuh mengirim sinyal ke sel-sel alfa untuk membuat glukagon ketika glukosa darah turun terlalu rendah. Kemudian glukagon mencapai hati sehingga memicunya untuk melepas glukosa ke dalam darah untuk energi.

– Pengertian Sel B
Definisi Sel B adalah
salah satu dari dua jenis utama dari limfosit (sel darah putih) yang selama infeksi mematangkan diri menjadi sel plasma yang membuat antibodi yang diarahkan pada antigen tertentu.

– Pengertian Sel Basal
Definisi Sel basal adalah
sel-sel yang ditemukan di lapisan luar kulit. Sel basal bertanggung jawab untuk memproduksi sel-sel skuamosa di kulit.

– Pengertian Sel Batang
Definisi Sel batang (rod cell) adalah
sebuah fotoreseptor berbentuk batang di retina yang sensitif terhadap tingkat cahaya rendah (penglihatan malam) dengan rhodopsin sebagai fotopigmen mereka. Sel batang berjumlah jauh lebih banyak dari sel kerucut. Sebuah retina yang normal mengandung 150 juta sel batang.

– Pengertian Sel Bipolar
Definisi Sel bipolar adalah
sel saraf perantara (neurotransmiter) di retina yang mengirimkan sinyal visual dari sel-sel fotoreseptor ke sel-sel ganglion.

– Pengertian Sel CD4
Definisi Sel CD4 (limfosit CD4, Pembatu Sel-T) adalah
jenis sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi.

– Pengertian Sel CD8
Definisi Sel CD8 (limfosit CD8) adalah
jenis sel darah putih yang membantu mengatur dan/atau melaksanakan respon kekebalan tubuh. Sel CD8 termasuk supresor-T dan sel sitotoksik limfosit-T.

– Pengertian Sel Darah Merah
Definisi Sel darah merah adalah
sel yang mengandung hemoglobin yang membawa oksigen ke jaringan seluruh tubuh. Sel darah merah juga disebut sebagai eritrosit.

– Pengertian Sel Darah Putih
Definisi Sel darah putih (leukosit) adalah
massa tidak berwarna di dalam darah yang terlibat dalam pertahanan tubuh dengan menelan dan mencerna bakteri dan jamur. Ada lima jenis utama sel darah putih:
> Basofil
> Eosinofil
> Limfosit (sel T dan sel B)
> Monosit
> Neutrofil
Jumlah normal sel darah putih berkisar 5.000-10.000. Peningkatan dan penurunan jumlah sel darah putih mengindikasikan berbagai macam penyakit, efek kemoterapi atau radioterapi.

– Pengertian Sel Dendritik
Definisi Sel dendritik adalah
sel-sel kekebalan yang berfungsi dalam presentasi antigen dan aktivasi limfosit T. Mereka juga mampu menyaring cairan tubuh untuk membersihkan dari organisme dan partikel asing. Sel dendritik memiliki morfologi bercabang yang menyerupai dendrit dari neuron. Contoh sel dendritik termasuk melanosit, sel-sel pulau langerhans dan beberapa makrofag.

– Pengertian Sel Epitel
Definisi Sel epitel adalah
salah satu dari berbagai jenis sel yang membentuk epitelium dan menyerap nutrisi.

– Pengertian Sel Eukariotik
Definisi Sel eukariotik adalah
sel yang memiliki materi genetik (DNA) tertutup oleh membran nukleus.

– Pengertian Sel Ganglion
Definisi Sel ganglion adalah
sel saraf yang memiliki tubuh di luar sistem saraf pusat, seperti yang terletak di lapisan retina.

– Pengertian Sel Germinal
Definisi Sel germinal adalah
telur, sperma, dan asal muasal mereka (sel germinal primordial). Juga disebut sel nutfah.

loading...

Comments are closed.