Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Risiko Absolut – Rontgen Perut)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Risiko Absolut – Rontgen Perut) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rhabdomiosarkoma – Rinorea). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Risiko Absolut - Rontgen Perut)

– Pengertian Risiko Absolut
Definisi atau risiko mutlak (absolute risk) adalah
ukuran risiko terjadinya kejadian tertentu. Dalam penelitian medis, risiko absolut adalah kemungkinan bahwa seseorang yang bebas dari jenis penyakit/kondisi tertentu pada usia tertentu akan mengembangkan penyakit/kondisi itu selama periode waktu tertentu. Sebagai contoh, seorang wanita berusia 35 tahun, tanpa faktor risiko yang diketahui untuk kanker payudara, memiliki risiko absolut terkena kanker payudara sampai usia 90 tahun sekitar 13,5%, yang berarti satu dari setiap tujuh wanita akan terkena kanker payudara.

– Pengertian Risiko Relatif
Definisi Risiko relatif adalah
perbandingan risiko peristiwa tertentu pada kelompok-kelompok orang yang berbeda. Risiko relatif (RR) biasanya digunakan untuk memperkirakan paparan terhadap sesuatu yang dapat mempengaruhi kesehatan. Dalam studi penelitian klinis, kelompok eksperimen mendapatkan obat atau perawatan tertentu. Kelompok kontrol tidak. Jumlah kejadian dalam setiap kelompok dibandingkan untuk menentukan risiko relatif.

– Pengertian Risiko.
Definisi Risiko. adalah
sebuah cara untuk mengungkapkan kemungkinan bahwa sesuatu akan terjadi. Risiko adalah ukuran asosiasi antara paparan sesuatu dan apa yang terjadi (hasilnya). Risiko sama dengan probabilitas, tapi biasanya digunakan untuk menggambarkan kemungkinan sebuah peristiwa yang merugikan. Risiko adalah tingkat kejadian (seperti kanker payudara) pada populasi total orang yang bisa memiliki kejadian (seperti perempuan pada usia tertentu).

– Pengertian Ritme Sirkadian
Definisi Ritme sirkadian adalah
siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup, termasuk tumbuhan, hewan, jamur dan sianobakteria. Ritme sirkadian penting untuk menentukan pola tidur dan pola makan semua hewan, termasuk manusia. Ada pola yang jelas dari aktivitas gelombang otak, produksi hormon, regenerasi sel dan kegiatan biologis lainnya yang terkait dengan siklus harian.

– Pengertian Riwayat Kesehatan
Definisi Riwayat kesehatan adalah
informasi tentang kesehatan masa lalu seseorang, kesehatan keluarganya, dan masalah lainnya. Juga disebut riwayat medis.

– Pengertian Riwayat Medis
Definisi Riwayat medis adalah
tinjauan rinci kesehatan pasien, sampai ke masa kanak-kanak atau kelahiran. Riwaya medis mencakup pola kesehatan keluarga pasien, jika diketahui. Sebuah riwayat medis juga mencakup informasi gaya hidup, seperti apakah Anda merokok, minum alkohol atau berolahraga.

– Pengertian RNA.
Definisi RNA.
Lihat asam ribonukleat.

– Pengertian ROA
Definisi ROA menjelaskan posisi bayi dalam rahim ibu. R adalah
singkatanright (kanan), O singkatan occipito, bagian dari bayi yang akan lahir lebih dulu (biasanya bagian belakang kepala), A untuk anterior atau menuju bagian depan dan P untuk posterior atau ke arah belakang. Jadi ROA berarti bayi berbaring di sebelah kanan ibu, bagian belakang kepalanya akan keluar pertama dan punggungnya menghadap ke arah depan ibu atau, jika ROP, punggung menghadap belakang ibu. Lihat juga LOA.

– Pengertian Robekan Ligamen Anterior
Definisi Robekan ligamen anterior adalah
cedera lutut akut yang terjadi ketika kaki berpijak, lutut tertekuk, dan kekuatan valgus diterapkan pada lutut dengan kaki bagian bawah merotasi eksternal; biasanya terjadi dalam olahraga yang perlu memutar, melompat, dan berakrobat.

– Pengertian Romberg’s Sign
Definisi Romberg’s sign adalah
tubuh limbung atau jatuh saat kaki ditempatkan berdekatan dan mata tertutup.

– Pengertian Rompi Kuku
Definisi Rompi kuku
mengacu pada materi halus yang menjulur ke kuku dari eponikium.

– Pengertian Rongga Hidung
Definisi Rongga hidung (nasal cavity) adalah
bagian dalam hidung yang dilalui udara melalui lubang hidung. Rongga hidung juga berisi sistem penciuman yang mengatur sensasi bau.

– Pengertian Rongga Peritoneum
Definisi Rongga peritoneum (peritoneal cavity) adalah
ruang di dalam perut bagian bawah tetapi di luar organ internal seperti usus, perut, dan hati. Rongga ini terikat oleh membran tipis yang disebut peritoneum

– Pengertian Rongga Pulpa
Definisi Rongga pulpa (pulp cavity) adalah
ruang di dalam gigi yang berisi pulpa.

– Pengertian Rontgen Perut
Definisi Rontgen perut (abdominal x-ray) adalah
pencitraan sinar x terhadap organ-organ dalam perut. Gambar hasil rontgen perut dapat dipakai untuk membantu mendiagnosa penyakit.

To top