Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Spasi Gigi – Spinal Tap)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Spasi Gigi – Spinal Tap) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Retinitis – Reumatologi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Spasi Gigi - Spinal Tap)

– Pengertian Spasi Gigi
Definisi Spasi gigi (spacing) adalah kesenjangan atau kerumpangan antar gigi. Hal ini umumnya terjadi ketika gigi lebih kecil dari normal dan / atau rahang lebih besar dari biasanya. Spasi gigi juga bisa disebabkan oleh gigi menonjol, gigi tanggal atau impaksi, atau perlekatan abnormal pada gusi. Jika gigi hilang atau kecil, atau arch (lengkungan) gigi sangat luas, terjadi spasi gigi. Keluhan yang paling umum dari mereka yang memiliki spasi gigi yang berlebihan adalah penampilan estetik yang buruk. Spasi gigi harus diperbaiki karena dapat:mengakibatkan masalah gusi karena kurangnya kontak yang tepat antar gigi.
mencegah berfungsinya gigi.
membuat senyum Anda kurang menarik.

– Pengertian Spasme
Definisi Spasme atau kejang adalah kontraksi otot tak sadar. Pada penderita cedera tulang belakang, kejang otot-otot lumpuh adalah umum dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan perawatan medis. Selain itu, beberapa orang melaporkan nyeri kejang. Kejang biasanya dapat dikendalikan dengan obat-obatan. Ketika tidak bekerja, dokter kadang-kadang membunuh saraf yang mengarah langsung ke otot-otot (di bawah cedera pada tulang belakang) baik dengan suntikan langsung atau, dalam kasus yang ekstrim, dengan operasi.

– Pengertian Spasme Hemifasial
Definisi Spasme hemifasial (hemifacial spasm), atau tik konvulsif, adalah kontraksi kedutan spontan pada satu sisi wajah. Kondisi ini melibatkan saraf kranial ketujuh yang mengontrol otot-otot wajah seperti pada alis, kelopak mata, dan mulut dan bibir. Dalam 92% kasus, spasme dimulai dekat mata dan melebar di wajah dari waktu ke waktu. Dalam 8% kasus lainnya, spasme dimulai dekat dagu dan berkembang ke atas. Kedutan biasanya tidak menyakitkan, tetapi bisa memalukan dan mengganggu ekspresi normal dan visus.
Spasme hemifasial (SHF) dapat disebabkan oleh cedera pada saraf wajah, tekanan saraf oleh pembuluh darah atau tumor, atau Bell’s palsy. Penyebab paling umum adalah tekanan saraf wajah oleh arteri serebri anterior bawah di mana saraf berawal pada batang otak Anda. Tekanan tersebut menyebabkan saraf tidak dapat mengontrol kontraksi otot wajah Anda. Kondisi ini terkait dengan neuralgia trigeminal (NT). Baik spasme hemifasial maupun neuralgia trigeminal disebabkan oleh kompresi saraf oleh pembuluh darah, namun berbeda pada saraf yang terpengaruh yaitu saraf sensorik (NT) atau saraf motorik (SHF).

– Pengertian Spastisitas
Definisi Spastisitas adalah kekakuan abnormal atau kontraksi tidak disengaja dari otot-otot tubuh.
Spekulum Spekulum adalah instrumen yang digunakan untuk membuka vag1na sedikit lebih lebar sehingga leher rahim dapat dilihat dengan lebih mudah.

– Pengertian Sperma
Definisi Sperma atau spermatozoa adalah sel reproduksi laki-laki yang diproduksi oleh testis mulai saat pubertas dan biasanya berlanjut hingga usia 70-an. Ketika laki-laki mengalami ejakulasi, antara 2 sampai 7 juta sperma meninggalkan tubuhnya.

– Pengertian Spermatogenesis
Definisi Spermatogenesis adalah proses pembentukan dan pematangan spermatozoa (sperma). -Spermatogenesis mulai terjadi pada testis laki-laki sejak pubertas, yang mencakup pengembangan spermatogonia (eks sel germinal primordial) sampai menjadi sel sperma.

– Pengertian Spesifisitas
Definisi Spesifisitas adalah ukuran statistik mengenai akurasi tes, yaitu seberapa baik tes mengidentifikasi negatif orang-orang yang tidak memiliki penyakit atau kondisi. Kontras dengan sensitivitas.

– Pengertian SPET Scan
Definisi SPET Scan atau SPECT Scan adalah pencitraan fungsional otak dengan tomografi emisi foton tunggal (single photon emission tomography/SPET), juga dikenal sebagai tomografi emisi foton tunggal terkomputeriasai (single photon emission computed tomography/SPECT) yang memungkinkan gambar tiga dimensi dari aliran darah serebral yang berasal dari data dua dimensi. Tomografi emisi positron ini dapat digunakan untuk mengukur metabolisme serebral regional dan karakteristik neurotransmitter reseptor lain.

– Pengertian Spina Bifida
Definisi Spina bifida adalah kondisi yang terjadi ketika janin berkembang di dalam rahim dan tulang belakangnya tidak membentuk dengan benar (cacat tabung saraf). Beberapa vertebra (ruas tulang di tulang belakang) tidak menutup untuk membentuk lingkar normal mereka di sekitar sumsum tulang belakang. Ada tiga jenis spina bifida: Spina bifida okulta: lubang kecil, biasanya menyebabkan gejala ringan atau tanpa gejala
Spina bifida sistika – meningokel: pembukaan cukup besar sehingga beberapa dari membran yang mengelilingi sumsum tulang belakang menjulur keluar melalui pembukaan
Spina bifida sistika – myelomeningokel: jenis yang paling serius, di mana beberapa dari sumsum tulang belakang itu sendiri menjulur keluar melalui lubang di tulang belakang.
Jenis gejala spina bifida tergantung di mana di sepanjang tulang belakang pembukaan itu terjadi atau tempat di mana sumsum tulang belakang cacat. Seberapa parah gejala tergantung pada jenis spina bifida telah terjadi. Anak yang lahir dengan spina bifida mungkin memiliki gangguan sistem saraf lain seperti hidrosefalus atau malformasi Chiari.

– Pengertian Spinal Stenosis
Spinal stenosis adalah penyempitan abnormal (stenosis) pada kanal tulang belakang (kanal spinalis) yang mungkin terjadi di salah satu daerah tulang belakang, paling sering di punggung bawah atau leher. Penyempitan ini menempatkan tekanan pada saraf dan sumsum tulang belakang dan dapat menyebabkan rasa sakit. Biasanya, seseorang dengan kondisi ini mengeluh sakit parah di kaki, betis atau punggung bawah ketika berdiri atau berjalan. Nyeri bisa datang lebih cepat saat menaiki tangga dan berkurang dengan duduk atau bersandar. Gejala bisa muncul secara bertahap dan mencakup rasa sakit di leher atau punggung, mati rasa, kelemahan atau nyeri di lengan atau kaki, dan masalah kaki. Sebagian besar spinal stenosis terjadi pada orang tua di atas 50 tahun, namun bisa juga terjadi pada orang muda dengan cedera tulang belakang, radang sendi, skoliosis atau cacat bawaan (kongenital).

– Pengertian Spinal Stenosis Kongenital
Definisi Spinal stenosis kongenital adalah sindrom yang biasanya terlihat pada atlet bertubuh pendek atau kerdil di mana masing-masing tulang belakang mungkin memiliki pedikel pendek yang mengurangi diameter kanal spinalis.

– Pengertian Spinal Tap
Definisi Spinal tap adalah pengambilan sejumlah kecil cairan yang menggenangi otak dan sumsum tulang belakang untuk pemeriksaan mikroskopis sel-sel kanker atau kondisi lain.
Spiral Archimedes Spiral Archimedes adalah tes sederhana yang digunakan untuk menentukan tingkat keparahan tremor. Selama tes ini, pasien diminta untuk menggambar lingkaran yang semakin luas di selembar kertas.
Spirogram Spirogram adalah catatan jumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru.

To top