Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Reservoir – Respirasi Selular)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Reservoir – Respirasi Selular) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rentang Gerak – Reseptor Progesteron). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Reservoir - Respirasi Selular)

– Pengertian Reservoir
Definisi Reservoir Dalam epidemiologi, reservoir adalah
setiap orang, binatang, serangga, tanaman, tanah atau zat lain di mana agen infektif biasanya hidup dan berkembang biak. Agen menular tergantung pada reservoir untuk kelangsungan hidupnya.

– Pengertian Reservori
Definisi Reservori adalah
situs, host alternatif, atau carrier yang melabuhkan organisme patogen dan berfungsi sebagai sumber penularan bagi orang lain.

– Pengertian Resesi Gingiva
Definisi Resesi gingiva atau disebut juga resesi gusi/ surut gusi, adalah
kondisi ketika jaringan gusi di sekitar gigi hilang atau surut sehingga akar gigi terekspos. Resesi gusi tidak langsung terkait dengan usia tetapi lebih umum pada orang dewasa di atas usia 40.

– Pengertian Residensi
Definisi Residensi adalah
periode pelatihan spesialisasi medis tertentu yang terjadi setelah lulus dari fakultas kedokteran. Panjang residensi dapat bervariasi dari tiga sampai tujuh tahun, tergantung pada spesialisasinya.

– Pengertian Resin Akrilik
Definisi Resin akrilik adalah
jenis plastik yang banyak digunakan dalam kedokteran gigi.

– Pengertian Resistensi Antimikroba
Definisi Resistensi antimikroba (antimicrobial resistance) adalah
hasil dari mikroba mengubah cara-cara yang mengurangi atau menghilangkan efektivitas obat, bahan kimia, atau agen lain untuk menyembuhkan atau mencegah infeksi.

– Pengertian Resistensi HBV
Definisi Resistensi HBV adalah
pengembangan mutasi HBV selama pengobatan obat HBV yang memungkinkan HBV untuk mereplikasi dan menghindari efek pengobatan HBV.

– Pengertian Resistensi Insulin
Definisi Resistensi insulin adalah
suatu kondisi di mana tubuh membutuhkan insulin lebih dari biasanya untuk mengontrol gula darah. Hal ini meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes dan penyakit jantung. Kondisi ini biasanya berhubungan dengan obesitas.

– Pengertian Resistensi Obat
Definisi Resistensi obat adalah
perlawanan yang terjadi ketika bakteri, virus dan parasit lainnya secara bertahap kehilangan kepekaan terhadap obat yang sebelumnya membunuh mereka. Saat obat lebih banyak digunakan, risiko resistensi obat meningkat karena kasus penggunaan antibiotik yang tidak tepat atau putus obat meningkat. Resistensi obat semakin menjadi tantangan bagi kesehatan global, terutama untuk pengobatan TBC, malaria dan banyak penyakit menular lainnya. Penyakit dapat menjadi resisten terhadap obat lini pertama yang biasanya diresepkan atau bahkan di pengobatan lini kedua, yang diresepkan ketika pasien menjadi resisten terhadap obat lini pertama. Strain TB yang resisten terhadap obat lini kedua telah diketahui sangat resistan terhadap obat (TB-XDR). Resistensi lini kedua mahal dan membahayakan nyawa karena pilihan pengobatan yang lebih terbatas dan mahal.

– Pengertian Resistensi Silang
Definisi Resistensi silang adalah
fenomena di mana resistensi terhadap satu obat yang digunakan untuk mengobati penyakit mendorong resistensi terhadap obat lain dalam kelas obat yang sama.

– Pengertian Resistensi Vaskular Sistemik
Definisi Resistensi vaskular sistemik (pulmonary vascular resistance/ PVR) adalah
resistensi pada pembuluh darah paru-paru yang cukup kuat untuk mengalirkan darah melalui sistem sirkulasi.

– Pengertian Resolusi
Definisi Resolusi adalah
fase atau tahap terakhir dari siklus respon seks pria dan wanita, setelah 0rgasme.

– Pengertian Resorpsi
Definisi Resorpsi adalah
proses asimilasi atau pemecahan. Pada tulang, resorpsi mengacu pada pemecahan tulang oleh osteoklas yang mengakibatkan pelepasan kalsium dan fosfat (mineral tulang) ke dalam darah.

– Pengertian Resorpsi Tulang
Definisi Resorpsi tulang adalah
tahap pertama dari proses remodeling tulang di mana tulang dipecah. Osteoklas menempel pada permukaan tulang dan mengikisnya, menciptakan rongga kecil di permukaan tulang.

– Pengertian Respirasi
Definisi Respirasi adalah
pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Dari bahasa Latin re-(lagi) + spirare (bernapas) = bernapas lagi.

– Pengertian Respirasi Selular
Definisi Respirasi selular adalah
sebuah proses kimia dalam sel-sel tubuh Anda yang mengubah energi yang tersimpan dalam makanan yang Anda makan ke dalam bentuk enery ATP yang diambil untuk digunakan oleh otot-otot Anda).

To top