Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Refleks Hidung – Refleks Tendon)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Refleks Hidung – Refleks Tendon) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rawat Inap – Refleks Glabella). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Refleks Hidung - Refleks Tendon)

– Pengertian Refleks Hidung
Definisi Refleks hidung (snout reflex) adalah
serupa dengan refleks glabella, pasien diketuk ringan di hidung. Wajah meringis berlebihan adalah tanda positif dan mungkin karena lesi batang otak (corticopontine).

– Pengertian Refleks Kremasterik
Definisi Refleks kremasterik (pria) adalah
tes dengan sebuah pin yang digunakan untuk mengelus bagian dalam paha. Pada individu normal, testis akan mengangkat pada sisi yang sama. Refleks ini hilang pada laki-laki dengan kerusakan saluran kortikospinalis pada atau di atas L1-L2.

– Pengertian Refleks Meluruskan
Definisi Refleks meluruskan (righting reflex) adalah
pengambilan posisi tubuh yang optimal setelah pasien dipindahkan dari posisi itu.

– Pengertian Refleks Memegang
Definisi Refleks memegang atau refleks Palmer adalah
tes dengan membelai telapak tangan. Jika pasien menggenggam jari pemeriksa dan seringkali tidak dapat melepaskan jari pemeriksa, tes ini disebut positif. Refleks ini menghilang pada bayi setelah usia sembilan bulan, tapi terlihat pada orang dewasa dengan cedera lobus frontalis, kondisi anoksik dan berat.

– Pengertian Refleks Mengunyah
Definisi Refleks mengunyah adalah
ketika sebuah penekan lidah ditempatkan di mulut, pasien mengunyah atau menekankan gigi pada depressor. Refleks mengunyah terlihat pada lesi bilateral difus dari korteks frontotemporalis dan sering terlihat pada kasus demensia, kelumpuhan lengkap (paresis umum) dan cedera otak yang berhubungan dengan kekurangan oksigen.

– Pengertian Refleks Menyusui
Definisi Refleks menyusui adalah
tes di mana bibir diusap. Jika menghasilkan gerakan menyedot atau mengisap, refleks adalah positif dan merupakan indikasi cedera lobus frontal difus. Meskipun refleks ini normal pada bayi sampai penyapihan, orang dewasa seharusnya tidak memiliki respon menyusui. Sebuah refleks menyusui positif sering menyertai demensia (hilangnya kecerdasan yang diperoleh dari penyakit, trauma atau anoksia).

– Pengertian Refleks Moro
Definisi Refleks Moro adalah
gerakan lengan dan kaki yang terjadi ketika bayi yang baru lahir dikejutkan oleh suara atau gerakan keras.

– Pengertian Refleks Patela
Definisi Refleks Patela,
lihat refleks sentakan lutut (knee jerk)

– Pengertian Refleks Pektoral
Definisi Refleks pektoral adalah
lipatan ketiak depan yang berisi otot-otot dada ditekan dengan palu refleks. Pada lesi kortikal tulang belakang di atas C5, ada kontraksi cepat dan kadang-kadang berlebihan.

– Pengertian Refleks Perut
Definisi Refleks perut (abdomen) adalah
tes pada kuadran perut yang dibelai menuju garis tengah di atas, sejajar dengan dan di bawah umbilikus (pusar). Pada lesi traksi kortikospinalis, kontraksi refleks otot-otot perut hilang pada sisi ipsilateral lesi.

– Pengertian Refleks Plantar
Definisi Refleks plantar (atau Babinski’s toe sign) adalah
dorsofleksi jempol kaki pada stimulasi dari permukaan plantar (sol), terjadi pada lesi saluran piramidal (serat saraf yang timbul di otak dan melalui tulang belakang).

– Pengertian Refleks Pupil
Definisi Refleks pupil (pupillary reflex) adalah
kontraksi pupil setelah aplikasi cahaya, suara keras atau stimulus lainnya.

– Pengertian Refleks Sentakan Lutut
Definisi Refleks sentakan lutut (knee jerk) adalah
tes yang dilakukan dengan memukul tendon patela lutut untuk indikasi refleks dari lesi dalam, segmen L2 L3-L4.

– Pengertian Refleks Sentakan Rahang
Definisi Refleks sentakan rahang (jaw jerk) adalah
pengetukan mandibula dengan palu karet saat rahang setengah terbuka. Jika ada cedera otak ke bagian motorik dari saraf kranial kelima, rahang tersentak menutup. Bila refleks sentakan rahang meningkat pada sisi yang berlawanan, lesi lobus frontalis unilateral dapat dicurigai.

– Pengertian Refleks Tendon
Definisi Refleks tendon adalah
kontraksi otot yang disebabkan oleh perkusi tendon.

To top