Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rawat Inap – Refleks Glabella)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rawat Inap – Refleks Glabella) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Radiolog – Rasio Terapeutik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rawat Inap - Refleks Glabella)

– Pengertian Rawat Inap
Definisi Rawat inap adalah
perawatan di mana pasien menginap di rumah sakit. Berbeda dengan rawat jalan.

– Pengertian Reaksi Akrosom
Definisi Reaksi akrosom adalah
sebuah kejadian fusi membran yang melepaskan enzim dari kepala sperma untuk memfasilitasi pembuahan.

– Pengertian Reaksi Negatif
Definisi Reaksi negatif atau efek samping adalah
suatu tindakan yang tidak diinginkan atau efek obat atau pengobatan lainnya.

– Pengertian Reaktivasi
Definisi Reaktivasi adalah
kembalinya infeksi (tidak aktif) yang sebelumnya laten menjadi patogen aktif.

– Pengertian Rebound
Definisi Rebound adalah
peningkatan viral load setelah penurunan sebelumnya.

– Pengertian Reduksi
Definisi Reduksi (reduction) adalah
sebuah prosedur di mana fraktur dikembalikan ke tempatnya untuk menyembuhkan. Prosedur ini dilakukan dari luar tubuh, tanpa sayatan (tertutup) atau melalui sayatan (terbuka).

– Pengertian Reduksi Payudara
Definisi Reduksi payudara adalah
bedah pengurangan ukuran payudara untuk mengurangi berat payudara dan mengurangi gejala dari payudara yang luar biasa besar: payudara terjumbai. Prosedur operasi ini juga dikenal sebagai mamaplasti reduksi.

– Pengertian Refleks Achilles
Definisi Refleks Achilles atau refleks ankle jerk adalah
tes dengan memukul tendon Achilles oleh pemeriksa untuk menguji reaksi refleks yang berhubungan dengan L5-S1.

– Pengertian Refleks Auditori
Definisi Refleks auditori adalah
penutupan sesaat kedua mata pada suara mendadak.

– Pengertian Refleks Babinski
Definisi Refleks Babinski adalah
tindakan refleks jari-jari kaki, yang normal selama masa bayi tetapi abnormal setelah usia 12 sampai 18 bulan. Setelah itu, refleks ini merupakan indikasi kelainan pada jalur kontrol motorik utama dari korteks serebral dan secara luas digunakan sebagai alat bantu diagnostik pada gangguan sistem saraf pusat. Tes refleks Babinski ditimbulkan dengan stimulus gesekan pada telapak kaki, yang menghasilkan dorsofleksi jari besar dan pengembangan jari-jari yang lebih kecil. Biasanya stimulus semacam itu menyebabkan semua jari-jari kaki menekuk ke bawah. Disebut juga Babinski’s toe sign.

– Pengertian Refleks Bisep
Definisi Refleks bisep adalah
tes dengan mengetuk tendon otot bisep. Biasanya ada kontraksi dari otot-otot bisep disertai dengan kedutan lengan bawah. Pada lesi traksi kortikospinalis, ada refleks yang berlebihan. Pada lesi arkus refleks perifer atau kerusakan pada segmen traksi C5-C6 di sisi yang diuji, respon tertahan atau tidak ada.

– Pengertian Refleks Brakioradialis
Definisi Refleks brakioradialis adalah
tes refleks pergelangan tangan yang dilakukan untuk menentukan lesi pada segmen C5-C6 di sisi yang diuji, apakah ada respon depresi atau tidak.

– Pengertian Refleks Bulbokaverosus
Definisi Refleks bulbokaverosus adalah
kontraksi sfingter anus dalam menanggapi remasan glans atau stimulasi listrik pada glans penis. Refleks ini melibatkan akar saraf vertebra S-1, S-2, dan S-3. Pengukuran refleks bulbokavernosus digunakan secara luas untuk mendiagnosis gangguan neurogenik yang mendasari disfungsi ereksi. Sebuah refleks bulbokavernosus laten (yaitu lebih dari 45 msec) atau ketiadaan respon dianggap sebagai tanda penyakit neurologis.

– Pengertian Refleks Dalam
Definisi Refleks dalam (deep reflex) adalah
peregangan singkat otot oleh sebuah ketukan tajam pada tendon atau otot.

– Pengertian Refleks Glabella
Definisi Refleks Glabella adalah
pengetukan ringan di antara mata. Jika pasien merespon dengan spasme otot-otot mata terus-menerus dan menutup mata, Glabella adalah positif. Hal ini mungkin menunjukkan kerusakan pada koneksi antara korteks frontalis dan kompleks saraf wajah di pons. Refleks ini terlihat pada penyakit Parkinson, tumor lobus frontalis dan sering muncul dengan demensia.

To top