Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Radiolog – Rasio Terapeutik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Radiolog – Rasio Terapeutik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Qi gong – Radioisotop). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Radiolog - Rasio Terapeutik)

– Pengertian Radiolog
Definisi Radiolog adalah
dokter yang menggunakan sinar-x atau prosedur pencitraan lain untuk diagnosis dan pengobatan.

– Pengertian Radiologi
Definisi Radiologi adalah
cabang atau spesialisasi kedokteran yang berhubungan dengan studi dan penerapan berbagai teknologi pencitraan untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit. Pencitraan dapat menggunakan sinar-X, USG, CT scan, tomografi emisi positron (PET) dan MRI.Pencitraan tersebut menciptakan gambar dari konfigurasi dalam dari sebuah objek padat, seperti bagian tubuh manusia, dengan menggunakan energi radiasi. Radiologi juga kadang-kadang disebut radioskopi atau radiologi klinis. Radiologi intervensi adalah prosedur medis dengan bimbingan teknologi pencitraan. Pencitraan medis biasanya dilakukan oleh ahli radiografi atau penata rontgen. Seorang radiolog (dokter spesialis radiologi) kemudian membaca atau menginterpretasikan gambar untuk menentukan cedera, menentukan seberapa serius cedera tersebut atau membantu mendeteksi kelainan seperti tumor. Itulah sebabnya mengapa pasien seringkali harus menunggu untuk mendapatkan hasil “resmi” sinar-X atau gambar lainnya bahkan setelah dokter utamanya telah mengkajinya. Seorang spesialis radiologi juga harus menginterpretasikan hasil dan berkonsultasi dengan dokter utama untuk menegakkan diagnosis yang akurat. Klinik dan fasilitas medis yang tidak mempekerjakan spesialis radiologi harus mengirimkan gambar keluar untuk interpretasi dan menunggu temuan.

– Pengertian Radiologi Diagnostik
Definisi Radiologi Diagnostik adalah 
penggunaan berbagai teknik radiologi, sebagian besar noninvasif, untuk mendiagnosa berbagai kondisi medis. Radiologi diagnostik termasuk penggunaan sinar-X, CT scan, MRI scan, dan USG.

– Pengertian Radiologi Intervensi
Definisi Radiologi intervensi adalah
area spesialisasi dalam bidang radiologi yang menggunakan teknik radiologi seperti sinar- x, CT scan, MRI scan, dan ultrasound untuk menempatkan kabel, tabung, atau instrumen lain di dalam pasien untuk mendiagnosa atau mengobati berbagai kondisi.

– Pengertian Radionik
Definisi Radionik adalah
sistem tes diagnostik non-invasif dan pengobatan terkait yang dapat dilakukan pada sampel rambut pasien atau ekstrak tubuh lainnya, bahkan tanpa kehadiran pasien. Kata ‘radionik’ berasal dari dua kata: ‘radiasi’ dan ‘elektronik’.

– Pengertian Radionuklida
Definisi Radionuklida adalah
setiap isotop radioaktif dari setiap unsur.

– Pengertian Radioterapi
Definisi Radioterapi
Lihat terapi radiasi.

– Pengertian Radius
Definisi Radius adalah
salah satu dari dua tulang lengan, yang lainnya adalah ulna. Radius memanjang dari sisi lateral siku ke sisi ibu jari pergelangan tangan.

– Pengertian Randomisasi
Definisi Randomisasi adalah
sebuah metode untuk menempatkan peserta dalam uji klinis menjadi dua atau lebih kelompok secara acak (random). Satu kelompok menerima perawatan atau obat yang diteliti, dan satu kelompok menerima plasebo, obat lain, atau tidak menerima perawatan apa pun. Peserta dimasukkan ke dalam kelompok-kelompok dengan berbagai metode.

– Pengertian Rasio Albumin-Globulin
Definisi Rasio Albumin-Globulin adalah
perbandingan albumin dengan globulin, yang merupakan konstituen utama protein yang ditemukan dalam darah. Rasio yang abnormal terlihat ketika kadar albumin atau globulin meningkat atau menurun. Rasio abnormal terlihat pada berbagai gangguan, termasuk penyakit ginjal dan hati.

– Pengertian Rasio BUN-Kreatinin
Definisi Rasio BUN-Kreatinin adalah
perbandingan antara nitrogen urea darah (BUN) dengan kreatinin. Rasio BUN / kreatinin meningkat pada kondisi yang menyebabkan penurunan aliran darah ke ginjal seperti gagal jantung kongestif, dehidrasi, kadar protein meningkat akibat perdarahan gastrointestinal, dan kasus-kasus protein diet meningkat. Rasio ini menurun pada kekurangan gizi.

– Pengertian Rasio Kasus Terhadap Infeksi
Definisi Rasio kasus terhadap infeksi adalah
jumlah kasus penyakit (pada manusia) dibandingkan dengan jumlah infeksi oleh agen yang menyebabkan penyakit (pada manusia).

– Pengertian Rasio Mortalitas
Definisi Rasio mortalitas adalah
kematian aktual dalam periode waktu tertentu dibagi dengan jumlah yang diharapkan, biasanya dikalikan dengan 100.

– Pengertian Rasio Odds
Definisi Rasio odds (odds ratio) adalah
perbandingan kemungkinan peristiwa terjadi dalam satu kelompok dengan kemungkinan hal yang sama terjadi di kelompok lain. Rasio odds adalah ukuran besarnya efek dan umumnya digunakan untuk membandingkan hasil dalam uji klinik.

– Pengertian Rasio Odds Gabungan
Definisi Rasio odds gabungan (pooled odds ratio/POR) adalah
penggabungan data rasio odds dari beberapa studi. Sebagai contoh, peneliti melihat hasil lima penelitian terpisah yang membandingkan penggunaan obat tertentu untuk mengobati depresi dengan penggunaan plasebo. Mereka melihat jumlah kenaikan berat badan pada orang yang memakai obat tersebut dibandingkan dengan orang yang memakai plasebo. Ketika mereka menghitung kemungkinan kenaikan berat badan dari setiap studi, rasio odds gabungan (POR) untuk obat tertentu adalah 11,16. Ini berarti bahwa orang yang memakai obat tersebut memiliki lebih dari 11 kali kemungkinan kenaikan berat badan dibandingkan dengan orang yang memakai plasebo.

– Pengertian Rasio Pengurangan Urea
Definisi Rasio pengurangan urea (urea reduction ratio) adalah
sebuah tes darah yang membandingkan jumlah nitrogen urea darah sebelum dan setelah dialisis untuk mengukur efektivitas dari dosis dialisis.

– Pengertian Rasio Risiko-Manfaat
Definisi Rasio risiko-manfaat adalah
sebuah metode untuk membandingkan manfaat pengobatan dan risikonya, seperti menyembuhkan penyakit (manfaat) versus memiliki efek samping yang serius dari pengobatan (risiko). Rasio risiko / manfaat pengobatan berbeda-beda tergantung pada penyakit atau kondisi yang dirawat.

– Pengertian Rasio Terapeutik
Definisi Rasio terapeutik adalah
rasio antara kerusakan pada jaringan kanker dengan pengobatan radiasi dan kerusakan yang terjadi pada jaringan normal.


Comments are closed.