Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pulsa Dorsalis – Pyelogram Intravena)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pulsa Dorsalis – Pyelogram Intravena) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Psoriasis – Pulpotomi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pulsa Dorsalis - Pyelogram Intravena)

– Pengertian Pulsa Dorsalis
Definisi Pedis Pulsa dorsalis pedis adalah
denyut nadi yang dirasakan di bagian atas kaki, antara tulang metatarsal pertama dan kedua. Pada 8 sampai 10 persen populasi, denyutan ini tidak dapat terdeteksi.

– Pengertian Puncak Alveolar
Definisi Puncak alveolar (alveolar crest) adalah
bagian tertinggi dari tulang alveolar.

– Pengertian Puncak Massa Tulang
Definisi Puncak massa tulang adalah
sebuah konsep bahwa massa tulang memiliki tingkat maksimal dalam kondisi yang optimal. Puncak massa tulang diyakini dikendalikan oleh faktor genetik (usia, jenis kelamin dan ukuran tubuh) dan secara signifikan dipengaruhi oleh faktor lingkungan (nutrisi, olahraga dan kesehatan umum). Konsep massa tulang puncak adalah penting untuk mempelajari penyakit tulang yaitu bahwa jika seseorang mencapai maksimal (puncak) massa tulang, mereka dapat mengurangi risiko kehilangan tulang yang serius.

– Pengertian Punch Graft
Definisi Punch graft adalah
cangkok kulit kecil untuk menggantikan kulit bekas luka. Sebuah lubang yang dibuat di kulit untuk menghilangkan bekas luka dan kemudian diganti dengan kulit sempurna (seringkali dari belakang cuping telinga). Cangkok kulit ini dapat membantu mengobati bekas jerawat yang dalam.

– Pengertian Punctal Plug
Definisi Punctal plug (sumbat punktus) adalah
salah satu langkah efektif untuk mengobati mata kering sedang sampai parah yang tidak responsif terhadap tetes mata dan salep. Punktus merujuk pada lubang pembukaan saluran air mata pada marjin kelopak mata. Air mata mengalir ke hidung melalui saluran air mata dan menutup arus keluar ini di bagian punktus adalah strategi yang wajar untuk mempertahankan air mata dalam waktu yang lama. Sumbat dapat ditempatkan pada dua saluran air mata, atas dan bawah, di kedua mata atau hanya salah satu. Punctal plug dapat sementara atau permanen. Sumbat sementara akan larut dalam beberapa hari setelah insersi. Jika gejala mata kering Anda tidak menghilang setelah sumbatan sementara dimasukkan, dokter mungkin mempertimbangkan oklusi punktal permanen. Punctal plug meningkatkan kenyamanan dan menurunkan frekuensi penggunaan tetes air mata buatan di sebagian besar pasien mata kering. Hal ini secara ekonomis menguntungkan, mengingat tingginya biaya air mata buatan bebas pengawet.

– Pengertian Pupa
Definisi Pupa (pupae) adalah
tahap berpuasa antara larva dan dewasa dalam metamorfosis serangga holometabolus, di mana larva biasanya mengalami transformasi lengkap dalam kepompong pelindung atau selubung keras.

– Pengertian Pupil
Definisi Pupil adalah
pembukaan hitam melingkar di tengah-tengah iris. Pupil memungkinkan cahaya memasuki mata. Dalam kondisi pencahayaan redup, ia akan membuka lebih lebar dan dikendalikan oleh otot-otot iris kecil.

– Pengertian Purin
Definisi Purin adalah
komponen dari makanan tertentu yang dimetabolisme menjadi asam urat dalam tubuh.

– Pengertian Purpura
Definisi Purpura adalah
penyakit hemoragik yang ditandai dengan ekstravasasi darah ke dalam jaringan yang memproduksi ekimosis dan petechiae spontan.

– Pengertian Purpura Aktinik
Definisi Purpura aktinik adalah
purpura makula asimtomatik (ekimosis) bundar atau oval dan mengakibatkan kerapuhan pembuluh darah.

– Pengertian Purpura Bateman
Definisi Purpura Bateman adalah
lesi ungu yang datar dan tidak teratur yang muncul pada kulit terkait dengan penuaan. Lesi ini biasanya terjadi pada bagian belakang tangan dan lengan. Kulit tampak tipis dan keriput. Ini adalah kondisi umum yang tidak berbahaya.

– Pengertian Purpura Henoch-Schönlein
Definisi Purpura Henoch-Schönlein adalah
suatu bentuk vaskulitis (peradangan pada pembuluh darah) yang paling umum pada anak-anak, selain penyakit Kawasaki.

– Pengertian Purpura Trombositopenik
Definisi Purpura trombositopenik adalah
suatu kondisi yang disebabkan oleh kurangnya trombosit. Pembuluh-pembuluh darah kecil di bawah kulit berdarah, mengakibatkan perubahan warna keunguan.

– Pengertian Pustulosis Palmoplantaris
Definisi Pustulosis palmoplantaris adalah
subtipe dari psoriasis yang muncul sebagai pustula kuning-coklat pada telapak tangan dan telapak kaki. Seperempat dari individu yang terkena juga memiliki plak psoriasis kronis.

– Pengertian Putamen
Definisi Putamen adalah
bagian dari ganglia basal yang menerima informasi dari otak dan mengirimkannya ke daerah lain yang bertanggung jawab untuk mengendalikan fungsi motorik kompleks.

– Pengertian Puting Susu
Definisi Puting susu adalah
bagian payudara yang menonjol. Dalam pemberian ASI, susu mengalir dari sinus laktiferus melalui puting susu ke bayi.

– Pengertian Pyelogram Antegrad
Definisi Pyelogram antegrad (antegrade pyeologram) adalah
jenis sinar-X yang digunakan untuk mendiagnosis sumbatan pada saluran kemih bagian atas. Selama prosedur, pewarna kontras disuntikkan ke bagian ureter (tabung sempit yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih) yang paling dekat dengan ginjal yang disebut pelvis renalis. Aliran pewarna kontras kemudian dapat diamati dengan sinar-X ketika bergerak dari ginjal ke ureter dan kandung kemih. Fluoroskopi atau ultrasonografi dapat digunakan selama prosedur untuk menemukan ginjal dan ureter.

– Pengertian Pyelogram Intravena
Definisi Pyelogram intravena adalah
sebuah tes yang memeriksa sistem saluran kemih menggunakan media kontras yang dapat dilihat pada sinar-x untuk melihat kemungkinan penghalang, tumor, kista, batu, dan kelainan lainnya.

To top