Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Psoriasis – Pulpotomi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Psoriasis – Pulpotomi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pruritus – Psikoterapi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Psoriasis - Pulpotomi)

– Pengertian Psoriasis
Definisi Psoriasis
berasal dari kata Yunani yang berarti penyakit gatal-gatal. Penyakit tidak menular ini ditandai oleh lesi peradangan yang ditutupi dengan keropeng putih perak dari kulit mati. Psoriasis disebabkan sel-sel kulit menua dalam waktu kurang dari seminggu. Karena tubuh tidak dapat melepaskan kulit tua secepat sel-sel baru meningkat ke permukaan, pengelupasan kulit mati menimbulkan keropeng yang berkembang di lengan, punggung, dada, siku, kaki, kuku, lipatan antara pantat, dan kulit kepala. Psoriasis sedikit lebih umum pada wanita dibandingkan pada pria. Meskipun penyakit ini dapat berkembang setiap saat, 10-15% dari semua kasus yang didiagnosis pada anak di bawah 10, dan usia rata-rata pada awal gejala adalah 28. Psoriasis lebih umum pada orang berkulit putih dan sangat jarang terjadi pada orang berkulit gelap. Psoriasis dianggap ringan jika mempengaruhi kurang dari 5% dari permukaan tubuh, moderat, jika 5-30% dari kulit yang terlibat, dan parah, jika penyakit memengaruhi lebih dari 30% dari permukaan tubuh.

– Pengertian Psoriasis Artritis
Definisi Psoriasis artritis adalah
bentuk dari artritis yang berhubungan dengan psoriasis, penyakit kulit dan kuku.

– Pengertian RT-PCR
Definisi RT-PCR (reverse transcriptase polymerase chain reaction) adalah
teknik untuk menghasilkan jutaan salinan bagian-bagian tertentu dari kode genetik suatu organisme sehingga dapat dengan mudah dianalisis. Lebih khusus lagi, RT-PCR menghasilkan salinan dari area tertentu DNA komplementer yang telah dikonversi dari RNA. Teknik ini sering digunakan untuk membantu dalam identifikasi agen menular.

– Pengertian Pterigium
Definisi Pterigium adalah
pertumbuhan jaringan non-kanker yang bening dan tipis di atas bagian putih mata (sklera). Penyebab pterigium tidak diketahui, tetapi lebih umum pada orang yang sering terpapar sinar matahari dan angin, seperti mereka yang bekerja di luar rumah (petani, nelayan, dll). Pterigium jarang terjadi pada anak.

– Pengertian Ptiriasis
Definisi Ptiriasis (pthiriasis) adalah
infestasi kutu kemaluan (Pthirus pubis). Kutu kemaluan dewasa berukuran 1,1-1,8 mm. Kutu kemaluan biasanya ditemukan melekat pada rambut di daerah kemaluan tapi kadang-kadang juga ditemukan pada rambut kasar di tempat lain (misalnya, alis, bulu mata, jenggot, kumis, dada, ketiak, dll). Infestasi kutu kemaluan biasanya menyebar melalui kontak seksual.

– Pengertian Ptosis
Definisi Ptosis (jamak ptoses) adalah
referensi untuk kelopak mata yang terkulai.

– Pengertian Puasa
Definisi Puasa dalam kedokteran adalah
sebuah periode waktu ketika seseorang harus berhenti makan atau minum selama beberapa jam. Seorang dokter mungkin meminta Anda mulai berpuasa pada tengah malam di hari sebelum tes atau prosedur tertentu. Puasa biasanya termasuk menghindari segala sesuatu yang diambil melalui mulut, bahkan termasuk mengunyah permen.

– Pengertian Pubertas
Definisi Pubertas adalah
rangkaian peristiwa di mana seorang anak menjadi seorang dewasa muda, ditandai dengan sekresi hormon, perkembangan karakteristik seksual sekunder, fungsi reproduksi, dan ledakan pertumbuhan.

– Pengertian Puerperium
Definisi Puerperium adalah
enam minggu pertama setelah bayi lahir.

– Pengertian Pulau Langerhans
Definisi Pulau Langerhans adalah
sel-sel pankreas yang memproduksi insulin dan glukagon, dua regulator penting dalam metabolisme gula.

– Pengertian Pulmonologi
Definisi Pulmonologi adalah
spesialisasi medis yang berkaitan dengan diagnosis dan pengobatan gangguan yang mempengaruhi paru-paru dan pernapasan. Spesialis pulmonologi juga disebut ahli paru.

– Pengertian Pulmonologi Intervensi
Definisi Pulmonologi intervensi adalah
bidang baru dalam pengobatan dan perawatan kritis penyakit paru yang berfokus pada modalitas diagnostik dan terapi invasif pada saluran napas dan gangguan pleura.

– Pengertian Pulpa
Definisi Pulpa (pulp) adalah
jaringan ikat yang berisi pembuluh darah dan jaringan saraf yang menempati bagian dalam gigi.

– Pengertian Pulpektomi
Definisi Pulpektomi adalah
penghapusan lengkap tisu pulpa dari ruang kanal akar.

– Pengertian Pulpotomi
Definisi Pulpotomi adalah
operasi pengangkatan sebagian dari pulpa untuk menjaga vitalitas pulpa yang tersisa.


Comments are closed.