Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Propranolol – Prostatron)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Propranolol – Prostatron) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Proinsulin – Proporsi Goldon). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Propranolol - Prostatron)

– Pengertian Propranolol
Definisi Propranolol adalah
salah satu jenis beta blocker.

– Pengertian Prosedur Fontan
Definisi Prosedur Fontan adalah
sebuah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk memperbaiki cacat jantung di mana hanya satu ventrikel yang fungsional. Prosedur ini menghubungkan vena cava inferior arteri paru, yang memungkinkan darah miskin oksigen (biru) dari tubuh mengalir langsung ke paru-paru. Prosedur Fontan dilakukan setelah Glenn shunt, di mana vena cava superior dilekatkan ke arteri pulmonalis.

– Pengertian Prosedur Kosmetik
Definisi Prosedur kosmetik adalah
setiap prosedur medis atau bedah yang meningkatkan penampilan fisik tanpa perlu indikasi medis atau tanpa memperbaiki fungsi fisik.

– Pengertian Prosedur Selempang
Definisi Prosedur selempang (sling) adalah
metode bedah untuk mengobati inkontinensia urin dengan penempatan selempang, yang dilakukan dengan jaringan yang diperoleh dari pasien sendiri atau bahan sintetis. Selempang ini ditautkan pada struktur retropubik dan/ atau perut.

– Pengertian Proses Akromion
Definisi Proses akromion adalah
sebuah kondensasi lateral tulang yang menjadi tempat lampiran untuk dua pertiga otot deltoid lateral dan posterior.

– Pengertian Proses Anabolik
Definisi Proses anabolik,
disebut juga anabolisme atau biosintesis adalah proses pembentukan material kehidupan yang lebih besar dan kompleks dari yang lebih kecil, dan menggunakan energi. Proses ini memungkinkan tubuh untuk membentuk sel-sel baru dan memelihara semua jaringan. Proses atau reaksi anabolik dalam tubuh kita memanfaatkan bahan-bahan kimia dan molekul sederhana (monomer) untuk memproduksi (mensintesis) sejumlah besar produk jadi (polimer) seperti peptida, protein, polisakarida, lipid dan asam nukleat. Kontras dengan proses katabolik.

– Pengertian Proses Katabolik
Definisi Proses katabolik atau katabolisme adalah
proses pemecahan material kehidupan dan memproduksi energi. Katabolisme menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk aktivitas fisik, dari tingkat sel sampai gerakan seluruh tubuh. Proses ini menggunakan molekul yang lebih besar (polimer) untuk membuat sesuatu yang lebih kecil dan sederhana (monomer). Contohnya: pemecahan protein menjadi asam amino dan pemecahan asam nukleat menjadi purin, pirimidin, pentosa, dll. Kontras dengan proses anabolik.

– Pengertian Prosesus Alveolaris
Definisi Prosesus alveolaris adalah
tulang rahang yang memagari soket dan tempat melekatnya serabut periodontium utama. Fungsi prosesua alveolaris adalah sebagai pembentuk dan penyokong gigi (tooth socket). Prosesus alveolaris terdiri dari dinding dalam yang menghadap akar tipis dan padat yang disebut lamina dura atau alveolar bone proper, bagian tengah berongga-rongga yang terbentuk dari tulang spongiosa, disebut cancellous trabeculae (cancelous bone), dinding luar yang menghadap ke lidah terdiri dari tulang kompak, disebut corticalplate

– Pengertian Prosesus Sifoideus
Definisi Prosesus sifoideus adalah
bagian bawah tulang dada (sternum) yang seperti ujung/taju pedang. Proses sifoideus tidak memiliki fungsi tertentu dan bervariasi dalam ukuran, dari sangat kecil sampai beberapa centimeter panjangnya.

– Pengertian Prostaglandin
Definisi Prostaglandin adalah
salah satu dari berbagai asam lemak tak jenuh oksigen siklik dari hewan yang memiliki berbagai tindakan mirip hormon (seperti dalam mengontrol tekanan darah atau kontraksi otot halus).

– Pengertian Prostat Organ
Definisi Prostat Organ adalah
kecil seukuran kenari yang berada di bawah kandung kemih (tempat urin disimpan) dan mengelilingi uretra (tabung yang membawa air seni dari kandung kemih). Prostat mengeluarkan cairan semen, zat susu yang bergabung dengan sperma (yang diproduksi di testis) untuk membentuk air mani. Bagi sebagian pria, menyentuh atau menggosok daerah prostat sangat menyenangkan, sebagian kecil bahkan dapat 0rgasme melalui teknik ini. Yang lainnya melaporkan bahwa sentuhan dapat menyakitkan atau membuat mereka seperti ingin buang air kecil.

– Pengertian Prostatalgia
Definisi Prostatalgia adalah
nyeri pada kelenjar prostat.

– Pengertian Prostatektomi
Definisi Prostatektomi adalah
operasi untuk menghapus sebagian atau seluruh prostat. Prostatektomi radikal (atau total) adalah pengangkatan seluruh prostat dan beberapa jaringan di sekitarnya.

– Pengertian Prostatisme
Definisi Prostatisme adalah
semua kondisi prostat yang menyebabkan gangguan aliran urin dari kandung kemih.

– Pengertian Prostatitis
Definisi Prostatitis adalah
peradangan kelenjar prostat, yang dapat bersifat akut atau kronis. Prostatitis akut paling sering disebabkan oleh bakteri gram negatif. Sekitar 80% dari kasus prostatitis bakteri diakibatkan infeksi oleh Escherichia coli, sisanya diakibatkan infeksi oleh Klebsiella, Enterobacter, Proteus, Pseudomonas, Streptococcus. Organisme ini mungkin menuju prostat melalui aliran darah atau dari infeksi uretra, invasi bakteri rektum melalui limfatik, refluks urin ke kandung kemih yang terinfeksi saluran prostat atau, agak jarang, melalui hubungan seksual yang berlebihan atau prosedur seperti cystoscopy atau kateterisasi. Prostatitis kronis biasanya hasil dari invasi bakteri dari uretra.

– Pengertian Prostatitis Bakteri Akut
Definisi Prostatitis bakteri akut adalah
peradangan kelenjar prostat tiba-tiba (akut) akibat infeksi bakteri. Gejala-gejalanya termasuk menggigil, demam, nyeri di punggung bawah dan daerah genital, nyeri tubuh, buang air kecil terasa terbakar atau menyakitkan, dan kebutuhan sering dan mendesak untuk buang air kecil. Urin mungkin tampak keruh. Ketika diraba dengan pemeriksaan colok dubur, prostat terasa lembek, bengkak, dan hangat. Infeksi bakteri ini dibuktikan oleh kehadiran sel-sel darah putih dan bakteri dalam urin. Pengobatan prostatitis adalah dengan antibiotik.

– Pengertian Prostatitis Bakteri Kronis
Definisi Prostatitis bakteri kronis adalah
infeksi bakteri pada kelenjar prostat yang berlangsung lama. Gejalanya dapat termasuk nyeri punggung bawah, ketidaknyamanan pada perineum (daerah antara anus dan alat kelamin), testis rasa sakit dan, jika infeksi menyebar ke kandung kemih, nyeri ringan atau terbakar saat buang air kecil (disuria) dan kebutuhan sering dan mendesak untuk buang air kecil. Tanda-tanda lain yang mungkin termasuk ejakulasi yang menyakitkan, hemospermia, keluarnya cairan dari uretra yang persisten, dan disfungsi seksual. Cacat di prostat adalah penyebab utama pada infeksi persisten ini. Identifikasi dan koreksi atas cacat ini perlu dilakukan agar antibiotik bisa efektif.

– Pengertian Prostatron
Definisi Prostatron, juga disebut transurethral thermotherapy microwave adalah
sebuah kateter dengan antena yang memancarkan gelombang mikro yang ditempatkan dalam kandung kemih dan diposisikan ke prostat. Prosedur ini membuka jalan yang memungkinkan untuk buang air kecil lebih mudah.

To top