Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Prion – Prognosis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Prion – Prognosis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pramenopause – Primigravida). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Prion - Prognosis)

– Pengertian Prion
Definisi Prion adalah
partikel menular yang bertanggung jawab atas penyakit slow-acting seperti scrapie pada domba dan kambing, dan penyakit Creutzfeldt-Jakob pada manusia. Prion memiliki komponen protein, tetapi para ilmuwan belum mendeteksi komponen asam nukleat.

– Pengertian Probabilitas
Definisi Probabilitas adalah
kemungkinan bahwa sesuatu akan terjadi. Sebagai contoh, probabilitas kurang dari 0,05 menunjukkan bahwa probabilitas bahwa sesuatu terjadi secara kebetulan saja kurang dari 5 dalam 100, atau 5 persen. Dalam studi penelitian klinis, probabilitas adalah berapa kali suatu kondisi atau peristiwa terjadi pada kelompok studi dibagi dengan jumlah orang yang diteliti. Singkatan untuk probabilitas adalah P.

– Pengertian Probabilitas Pendahulu
Definisi Probabilitas pendahulu (prior probability) adalah
probabilitas bahwa seseorang memiliki penyakit tertentu sebelum hasil tes diperoleh. Probabilitas pendahulu untuk kelompok besar orang (seperti penduduk kota) adalah sama dengan prevalensi penyakit pada kelompok itu.

– Pengertian Probabilitas Pra-Uji
Definisi Probabilitas pra-uji (pretest probability) adalah
probabilitas bahwa seseorang memiliki penyakit tertentu sebelum hasil tes diperoleh. Probabilitas pra-uji untuk kelompok besar orang (seperti penduduk kota) adalah sama dengan prevalensi penyakit pada kelompok itu.

– Pengertian Probe Lakrimalis
Definisi Probe lakrimalis adalah
prosedur pembedahan yang dilakukan pada duktus lakrimalis untuk meringankan obstruksi yang disebabkan oleh salah satu hal berikut:
> robek akibat aliran air mata berlebihan
> debit mata seperti tahi mata yang bertahan meskipun sudah menggunakan tetes mata dan pemijatan
> infeksi serius pada saluran air mata (dakriosistitis)
> infeksi kulit di atas saluran air mata
> Prosedur probing relatif sederhana dan cepat. Probe yang seperti kawat kecil halus dilewatkan melalui saluran air mata (duktus lakrimalis) ke dalam hidung. Dokter bedah memastikan sistem drainase air mata terbuka pada akhir prosedur ini. Tidak ada sayatan atau jaringan parut dari operasi ini. Tidak ada ketidaknyamanan pasca operasi yang signifikan.

– Pengertian Prodrom
Definisi Prodrom adalah
sebuah tanda atau gejala awal dari sebuah gangguan,

– Pengertian Produk Absorben
Definisi Produk absorben (penyerap):
bantalan dan kain, habis pakai atau dapat digunakan kembali, yang digunakan untuk menyerap kebocoran urin. Produk absorben termasuk tampon, bantalan pakaian dalam, celana kombinasi sistem tampon, pakaian seperti popok, dan bantalan tempat tidur.

– Pengertian Produk Obat
Definisi Produk obat adalah
sebuah produk manufaktur yang berisi obat. Ada banyak bentuk produk obat, termasuk tablet (pil), kapsul, krim, atau cairan. Sebuah produk obat seringkali berisi bahan kimia lain yang tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Mereka termasuk produk untuk membuat rasa yang lebih baik atau mengikat tablet sehingga tidak buyar.

– Pengertian Profil Lipid
Definisi Profil lipid adalah 
tes darah yang mengukur kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol HDL. Kolesterol LDL kemudian dihitung dari hasilnya. Sebuah profil lipid merupakan salah satu ukuran risiko seseorang terhadap penyakit kardiovaskular.

– Pengertian Profilaksis Dalam pengobatan,
Definisi profilaksis adalah
sesuatu yang mencegah atau melindungi.

– Pengertian Profilaksis Gigi
Definisi Profilaksis Gigi adalah
prosedur pembersihan dan pemolesan untuk menghilangkan plak, kalkulus, dan noda.

– Pengertian Progeria
Definisi Progeria adalah
sebuah penyakit atau sindrom di mana beberapa karakteristik penuaan dipercepat sehingga individu-individu yang relatif muda menjadi tua sebelum waktunya. Contohnya termasuk Sindorm Hutchinson Guilford, gangguan autosomal dominan langka dengan presentasi layu klasik yang menyebabkan kematian dini pada usia remaja.

– Pengertian Progesteron
Definisi Progesteron adalah
hormon yang dikeluarkan oleh korpus luteum (massa sel yang terbentuk di ovarium di tempat di mana sel telur dilepaskan) setelah ovulasi. Progesteron berperan menyiapkan rahim untuk kehamilan. Bila kehamilan terjadi, produksi progesteron pada akhirnya akan dilakukan oleh plasenta. Bila kehamilan tidak terjadi, korpus luteum akan terpecah dalam 12-16 hari dan berhenti memproduksi progesteron, sehingga memicu menstruasi.

– Pengertian Progestin
Definisi Progestin adalah 
bentuk sintetis dari progesteron. Ini adalah kelas obat yang pada awalnya dikembangkan untuk memungkinkan penyerapan melalui mulut dalam penggunakan pil KB.

– Pengertian Prognosis
Definisi Prognosis adalah
peramalan dari kemungkinan dan akhir suatu penyakit, sebuah perkiraan kemungkinan hasil akhir gangguan atau penyakit, baik dengan atau tanpa pengobatan.

To top