Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pireksia – Plasmasitoma)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pireksia – Plasmasitoma) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pica – Piramida Makanan). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pireksia - Plasmasitoma)

– Pengertian Pireksia
Definisi Pireksia adalah
istilah lain untuk demam.

– Pengertian Piridoksin
Definisi Piridoksin,
nama lain vitamin B6.

– Pengertian Pirogenik
Definisi Pirogenik
berarti menyebabkan demam.

– Pengertian Pita Suara
Definisi Pita suara adalah
otot berlipat di selaput lendir yang membentang di sepanjang dinding laring (kotak suara). Lipatan ini diapit oleh ligamen dan otot vokal elastis yang mengendalikan ketegangan dan tingkat getaran pita saat udara melewatinya.

– Pengertian Pituitari
Definisi Pituitari
Lihat kelenjar pituitari.

– Pengertian Piuria
Definisi Piuria (pyuria) adalah
kehadiran nanah dalam urin; biasanya merupakan indikasi infeksi ginjal atau infeksi saluran kemih. Piuria adalah hasil temuan dari hitung darah putih/ hitung leukosit. Umumnya, piuria merupakan indikasi infeksi bakteri (bakteriuria) yang menyebabkan respon inflamasi pada lapisan saluran kemih (urotelium).

– Pengertian Plagiocephaly
Definisi Plagiocephaly (deformational atau positional plagiocephaly) adalah
istilah yang digunakan untuk menggambarkan kepala datar atau berbentuk tidak sempurna yang mungkin disebabkan oleh tekanan di dalam rahim dan proses persalinan atau karena bayi ditempatkan di posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama. Kepala bayi sangat rentan karena tulang tengkorak mereka lembut dan lentur saat dilahirkan. Penyedia layanan kesehatan juga menggunakan istilah brachycephaly untuk menggambarkan bentuk datar pada bagian belakang tengkorak. Plagiocephaly dan brachycephaly sering terjadi bersama-sama. Meskipun pada umumnya tidak berbahaya terhadap otak bayi, plagiocephaly kadang-kadang dapat parah dan mungkin memerlukan perawatan bedah.

– Pengertian Plak
Definisi Plak adalah:
Kombinasi dari bakteri dan produk-produk bakteri yang lengket pada gigi. Sumbernya adalah bakteri alami mulut, yang terdiri lebih dari 300 spesies berbeda yang telah teridentifikasi. Dalam jumlah kecil dan ketika baru terbentuk, plak tidak terlihat dan relatif tidak berbahaya. Tetapi ketika dibiarkan menumpuk, sehingga meningkat volumenya (dalam jumlah besar, plak dapat dilihat sebagai deposit keputihan lunak), plak dapat menyebabkan gigi lepas. Kumpulan materi kolesterol atau lainnya di lapisan dalam pembuluh darah. Biasanya koleksi ini tidak serius menghambat aliran darah.

– Pengertian Plak Amiloid
Definisi Plak amiloid adalah
agregat dari peptida yang disebut amyloid-beta, yang menumpuk dan membentuk endapan di otak pada penyakit Alzheimer.

– Pengertian Plasebo
Definisi Plasebo adalah
zat atau obat tidak aktif yang tampak sama dan diberikan dengan cara yang sama seperti obat aktif atau pengobatan yang diuji. Efek dari obat aktif atau pengobatan kemudian dibandingkan dengan efek plasebo. Juga disebut “pil gula”.

– Pengertian Plasenta
Definisi Plasenta adalah
organ yang tumbuh di dalam rahim selama kehamilan dan menghubungkan jalur pasokan darah dari ibu dan bayi. Disebut juga uri atau ari-ari.

– Pengertian Plasenta Previa
Definisi Plasenta previa adalah
sebuah kondisi di mana plasenta terletak di bagian bawah rahim sehingga menutup sebagian atau seluruh jalan lahir.

– Pengertian Plasia
Definisi Plasia adalah
sufiks yang berarti pertumbuhan. Ada beberapa variasi istilah yang menggunakan sufiks -plasia:
> Anaplasia : dediferentiasiasi sel-sel
> Hiperplasia : proliferasi fisiologis sel-sel
> Neoplasia : proliferasi abnormal sel-sel
> Displasia : kelainan pematangan sel-sel
> Metaplasia : konversi jenis sel-sel
> Desmoplasia : pertumbuhan jaringan ikat

– Pengertian Plasma
Definisi Plasma adalah
cairan darah yang bening kekuningan yang membawa sel-sel darah. Protein-protein yang membentuk bekuan darah terdapat dalam plasma.

– Pengertian Plasmaferesis
Definisi Plasmaferesis adalah
proses mengeluarkan plasma donor untuk mengekstrak komponen tertentu dan mengembalikan bagian-bagian yang tidak dibutuhkan ke donor. Proses ini terus-menerus menggunakan sirkulasi darah dari donor melalui aparatus dan dikembalikan ke donor. Proses ini memungkinkan untuk menghapus elemen yang diinginkan dari volume besar plasma. Hemaferesis atau aferesis adalah prosedur yang sama di mana trombosit, sel darah merah, sel darah putih, sel induk atau penyusun plasma dapat dihapus secara terpisah.

– Pengertian Plasmasitoma
Definisi Plasmasitoma adalah
suatu jenis kanker yang dimulai di sel-sel plasma (sel darah putih yang menghasilkan antibodi). Plasmasitoma mungkin berubah menjadi mieloma multipel.

To top