Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Periodontis – Perkutan)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Periodontis – Perkutan) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pergelangan Tangan – Periodontik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Periodontis - Perkutan)

– Pengertian Periodontis
Definisi Periodontis adalah
dokter gigi spesialis yang ahli dalam penempatan dan pemeliharaan implan gigi.

– Pengertian Periodontitis
Definisi Periodontitis adalah
gingivitis yang tidak diobati dan berkembang lebih lanjut sehingga plak menyebar dan tumbuh di bawah garis gusi. Racun yang dihasilkan oleh bakteri dalam plak mengiritasi gusi, merangsang respon inflamasi kronis dan merusak jaringan dan pendukung gigi. Gusi menjadi terpisah dari gigi, membentuk kantong (ruang antara gigi dan gusi) yang terinfeksi. Dengan berlanjutnya penyakit, kantong akan meluas dan jaringan gusi dan tulang hancur. Seringkali, proses destruktif ini memiliki gejala yang sangat ringan. Akhirnya, gigi dapat menjadi longgar dan mungkin harus dicabut. Ada banyak bentuk dari periodontitis. Yang paling umum adalah periodontitis agresif, periodontitis kronis, periodontitis sebagai manifestasi penyakit sistemik dan penyakit periodontal nekrotis (necrotizing periodontal disease).

– Pengertian Periodontitis Agresif
Definisi Periodontitis agresif adalah
suatu bentuk periodontitis yang terjadi pada pasien yang dinyatakan secara klinis sehat. Fitur umumnya meliputi kehilangan perlekatan yang cepat dan kerusakan tulang dan agregasi familial.

– Pengertian Periodontitis Kronis
Definisi Periodontitis kronis adalah
suatu bentuk penyakit periodontal yang mengakibatkan peradangan dalam jaringan pendukung gigi, kehilangan perlekatan dan tulang yang progresif dan ditandai oleh pembentukan kantung dan/ atau resesi gingiva. Ini adalah bentuk periodontitis paling umum, yang lazimnya pada orang dewasa, namun dapat terjadi pada semua usia. Kehilangan perlekatan biasanya terjadi secara perlahan, tetapi periode perkembangan yang cepat juga dapat terjadi.

– Pengertian Periodontium
Definisi Periodontium adalah
jaringan yang mengelilingi dan mendukung gigi, termasuk gusi, ligamen periodontal, sementum dan tulang alveolar.

– Pengertian Periosteum
Definisi Periosteum adalah
lapisan membran fibrosa tebal yang meliputi hampir seluruh permukaan tulang. Satu-satunya yang tidak tercakup oleh membran ini adalah bagian yang ditutupi oleh tulang rawan. Selain melindungi tulang, periosteum juga berfungsi sebagai perlekatan otot dan tendon.

– Pengertian Peristalsis
Definisi Peristalsis atau gerakan peristaltik adalah
gerakan otot seperti gelombang dalam saluran pencernaan yang menggerakkan makanan dan cairan melalui saluran pencernaan.

– Pengertian Peristiwa Merugikan Jantung
Definisi Peristiwa gangguan jantung (adverse cardiac event) adalah
istilah kolektif untuk angina tidak stabil, infark miokard atau kematian oleh masalah jantung.

– Pengertian Peritoneum
Definisi Peritoneum adalah
membran berkilau yang melapisi semua organ perut. Dengan mengeluarkan cairan peritoneal, membran ini memungkinkan isi perut bergerak dengan lancar selama pengolahan makanan di usus. Luas permukaan peritoneum sama besar dengan permukaan kulit, sekitar dua meter persegi.

– Pengertian Peritonitis
Definisi Peritonitis adalah
peradangan peritoneum, suatu komplikasi umum dari dialisis peritoneal.

– Pengertian Perivaskuler
Definisi Perivaskuler adalah
mengelilingi pembuluh darah atau pembuluh getah bening.

– Pengertian Perkembangan
Definisi Perkembangan adalah
proses biologis integrasi seluler dan pertumbuhan organisme.

– Pengertian Perkembangan Psikoseksual
Definisi Perkembangan psikoseksual (psychosexual development) adalah
serangkaian tahapan dari bayi sampai dewasa, relatif tetap dalam waktu, ditentukan oleh interaksi antara dorongan biologis seseorang dan lingkungan. Dengan resolusi dari interaksi ini seimbang, orientasi perkembangan yang berbasis realitas terjadi; dengan gangguan, fiksasi dan konflik terjadi. Gangguan ini dapat tetap laten atau menimbulkan gangguan karakter atau perilaku.

– Pengertian Perkosaan
Definisi Perkosaan adalah
kejahatan seksual yang melibatkan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk melakukan hubungan intim vag1na, oral atau anal.

– Pengertian Perkutan
Definisi Perkutan
merujuk pada perjalanan zat melalui kulit yang tidak robek, misalnya, dengan tusukan jarum, termasuk pemasangan kabel dan kateter.

To top