Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Inflamasi Usus – Penyakit Neoplasik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Inflamasi Usus – Penyakit Neoplasik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Darier – Penyakit Inflamasi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Inflamasi Usus - Penyakit Neoplasik)

– Pengertian Penyakit Inflamasi Usus
Definisi Penyakit inflamasi usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD) adalah
istilah umum untuk setiap penyakit yang ditandai dengan peradangan usus. Contohnya termasuk penyakit radang usus besar dan Crohn. Gejala termasuk sakit perut, diare, demam, kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan.

– Pengertian Penyakit Jantung
Definisi Penyakit jantung adalah
setiap gangguan yang mempengaruhi jantung. Kadang-kadang istilah “penyakit jantung” digunakan secara sempit sebagai sinonim untuk penyakit arteri koroner. Penyakit jantung dalam arti luas mencakup berbagai jenis penyakit jantung, seperti angina, aritmia, penyakit jantung kongenital, penyakit arteri koroner, kardiomiopati dilatasi, serangan jantung (infark miokard), gagal jantung, kardiomiopati hipertrofik, regurgitasi mitral, prolaps katup mitral, dan stenosis paru.

– Pengertian Penyakit Jantung Bawaan
Definisi Penyakit jantung bawaan (PJB) adalah
kondisi yang muncul dalam bentuk jantung yang cacat saat lahir. Operasi perbaikan seringkali dapat memperbaiki masalahnya segera. Namun, kadang-kadang penyakit jantung bawaan tidak terdeteksi hingga dewasa. PJB yang paling umum adalah defek septum atrium (atrial septum defect/ASD). PJB lain yang lebih serius termasuk berbagai kondisi yang menyebabkan sianosis, di mana pencampuran darah beroksigen dan terdeoksigenasi terjadi. Contoh kondisi ini adalah “Tetralogi Fallot,” yang ditandai oleh obstruksi aliran paru yang dikombinasikan dengan defek septum ventrikel, yang bersama-sama memungkinkan percampuran darah antara ventrikel kiri dan kanan. Istilah lain dari penyakit jantung bawaan adalah kelainan jantung bawaan, kelainan jantung kongenital, defek jantung kongenital, atau penyakit jantung kongenital.

– Pengertian Penyakit Jantung Iskemik
Definisi Penyakit Jantung Iskemik
Lihat iskemia miokard.

– Pengertian Penyakit Jantung Koroner
Definisi Penyakit jantung koroner (PJK) adalah
kondisi yang dimulai ketika zat kolesterol keras (plak) terakumulasi di dalam arteri koroner. Plak dalam arteri koroner itu kemudian pecah dan menyebabkan pembentukan gumpalan kecil, yang dapat menghambat aliran darah ke otot jantung, memproduksi gejala dan tanda-tanda PJK yang mungkin termasuk nyeri dada (angina), serangan jantung atau kematian mendadak karena gangguan fatal dari irama jantung. Juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner (PAK).

– Pengertian Penyakit Jiwa
Definisi Penyakit jiwa
mengacu pada semua diagnosa gangguan kejiwaan atau mental dan ditandai oleh kelainan dalam pemikiran, perasaan, atau perilaku. Beberapa jenis yang paling umum dari penyakit jiwa termasuk ansietas (kecemasan), depresi, gangguan perilaku dan penyalahgunaan zat terlarang. Tidak ada penyebab tunggal untuk penyakit mental. Sebaliknya, biasanya merupakan hasil yang kompleks dari faktor genetik, psikologis, dan lingkungan. Tidak ada satu tes yang secara pasti menunjukkan apakah seseorang memiliki penyakit mental. Oleh karena itu, praktisi kesehatan mendiagnosis gangguan mental dengan mengumpulkan secara komprehensif informasi kesehatan mental dari diri dan keluarga pasien.

– Pengertian Penyakit Kardiovaskuler
Definisi Penyakit kardiovaskuler adalah
penyakit yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah. Istilah ini mencakup sejumlah kondisi yang disebabkan oleh aterosklerosis, termasuk infark miokard (serangan jantung), gagal jantung kongestif, dan stroke.

– Pengertian Penyakit Kawasaki
Definisi Penyakit Kawasaki adalah
kondisi langka pada anak-anak yang melibatkan peradangan pembuluh darah. Penyakit Kawasaki biasanya dimulai dengan demam tinggi dan terus-menerus lebih dari 38° C, seringkali setinggi 40° C. Demam persisten yang berlangsung setidaknya 5 hari dianggap sebagai tanda klasiknya. Demam dapat berlangsung sampai 2 minggu dan tidak biasanya hilang dengan dosis normal paracetamol atau ibuprofen. Gejala lain sering termasuk: mata merah mata (tanpa airmata atau tahi mata), bibir merah dan pecah-pecah, membran mukosa di mulut memerah, lidah berbintik-bintik dengan lapisan putih atau benjolan merah menonjol di bagian belakang, telapak tangan dan telapak kaki bengkak dan memerah, ruam kulit di badan, pengupasan kulit di daerah kelamin, tangan, dan kaki (terutama di sekitar kuku, telapak tangan, dan telapak kaki), pembengkakan kelenjar getah bening khususnya di daerah leher, nyeri sendi dan bengkak.

– Pengertian Penyakit Kronis
Definisi Penyakit kronis adalah
penyakit yang berlangsung lama, biasanya 3 bulan atau lebih.

– Pengertian Penyakit Liver Kolestatik
Definisi Penyakit liver kolestatik adalah
penyakit liver yang mengakibatkan penghentian ekskresi empedu. Kolestasis dapat terjadi di hati, kandung empedu atau saluran empedu (duktus yang menghubungkan kandung empedu ke usus kecil).

– Pengertian Penyakit Madelung
Definisi Penyakit Madelung,
atau lipamotosis simetris benigna, mengacu lipomatosis kepala, leher, bahu, dan ekstremitas atas proksimal. Orang dengan penyakit Madelung adalah pria yang sering mengonsumsi alkohol dan mungkin memiliki karakteristik penampilan “kerah kuda”.

– Pengertian Penyakit Makrovaskuler
Definisi Penyakit makrovaskuler adalah
penyakit pembuluh darah besar yang kadang-kadang terjadi ketika seseorang telah menderita diabetes dalam waktu lama. Gumpalan lemak dan darah terbangun di pembuluh darah besar dan menempel pada dinding pembuluh. Tiga jenis penyakit makrovaskuler adalah penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskuler, dan penyakit vaskular perifer.

– Pengertian Penyakit Meniere
Definisi Penyakit Ménière adalah
gangguan telinga bagian dalam yang menyebabkan pusing (vertigo), telinga berdenging (tinnitus), gangguan pendengaran, dan perasaan penuh atau macet di telinga. Penyakit Ménière biasanya hanya mempengaruhi satu telinga. Serangan pusing dapat hadir tiba-tiba atau setelah tinnitus singkat atau pendengaran teredam. Penyakit Ménière dapat menyebabkan vertigo ekstrem yang membuat kehilangan keseimbangan dan jatuh. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan cairan di kompartemen telinga bagian dalam yang disebut labirin.

– Pengertian Penyakit Menular Seksual
Deifinisi Penyakit menular seksual (PMS) adalah
penyakit yang menyebar melalui kontak seksual, termasuk klamidia, gonore, kutil kelamin, herpes, sifilis, dan infeksi HIV (human immunodeficiency virus/HIV) yang menyebabkan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).

– Pengertian Penyakit Neoplasik
Definisi Penyakit neoplasil adalah
istilah yang luas untuk penyakit yang melibatkan pengembangan massa jaringan abnormal akibat pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali. Pembentukan tumor adalah contoh dari penyakit neoplasik.

loading...

Comments are closed.