Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Darier – Penyakit Inflamasi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Darier – Penyakit Inflamasi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penguatan Negatif – Penyakit Dalam). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Darier - Penyakit Inflamasi)

– Pengertian Penyakit Darier
Definisi Penyakit Darier adalah
ruam persisten yang biasanya menurun dalam keluarga. Ruam ini sering dimulai ketika remaja dan paling umum memengaruhi dada, leher, punggung, telinga, dahi, dan selangkangan, tetapi mungkin melibatkan daerah tubuh lainnya. Ruam menyebabkan bau yang tidak sedap dan dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh di ujung sehingga menyebabkan takik berbentuk V di ujung kuku.

– Pengertian Penyakit Diskus Degeneratif
Definisi Penyakit diskus degeneratif adalah
kondisi yang ditandai oleh dehidrasi dan penyusutan diskus intervertebralis dan pembentukan taji tulang di bagian margin sendi vertebral. Gejalanya meliputi nyeri, kekakuan dan penurunan tingkat fungsi.

– Pengertian Penyakit Endemik
Definisi Penyakit endemik adalah
penyakit yang sering atau terus-menerus hadir dalam suatu populasi, biasanya pada tingkat rendah yang relatif konstan.

– Pengertian Penyakit Endokrin
Definisi Penyakit endokrin adalah
penyakit yang pada umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan dalam beberapa bagian dari sistem endokrin, yang terdiri dari kelenjar yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengatur hormon-hormon yang diperlukan untuk fungsi-fungsi tubuh penting. Stres, infeksi dan perubahan dalam cairan darah dan keseimbangan elektrolit dapat mempengaruhi tingkat hormon sehingga surplus (hipersekresi) atau kekurangan (hiposekresi). Penyakit endokrin juga dapat terjadi jika tubuh Anda tidak merespon hormon sebagaimana mestinya. Selain itu, kelenjar endokrin juga rentan terhadap tumor, yang biasanya tidak terkait dengan ketidakseimbangan hormon. Mendiagnosis penyakit endokrin bisa sulit karena biasanya melibatkan pengukuran jumlah hormon dalam aliran darah. Ini adalah tugas yang sulit. Karena itu, hormon kadang-kadang diukur secara tidak langsung. Contohnya adalah pengukuran glukosa darah, bukan insulin, untuk diabetes.

– Pengertian Penyakit Ginjal Kronis
Definisi Penyakit ginjal kronis adalah
kehilangan fungsi ginjal yang lambat dan progresif selama beberapa tahun, sering mengakibatkan kegagalan ginjal permanen. Orang dengan gagal ginjal permanen membutuhkan dialisis atau transplantasi.

– Pengertian Penyakit Ginjal Polikistik
Definisi Penyakit ginjal polikistik adalah
suatu kelainan genetik yang ditandai oleh pertumbuhan banyak kista seperti anggur yang berisi cairan di ginjal. Kedua ginjal menjadi lebih besar dari waktu ke waktu dan kista kemudian mengambil alih dan merusak jaringan ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis dan stadium akhir penyakit ginjal.

– Pengertian Penyakit Ginjal Terkait Analgesik
Definisi Penyakit ginjal terkait analgesik adalah
hilangnya fungsi ginjal sebagai akibat jangka panjang penggunaan analgesik (obat penghilang rasa sakit). Analgesik yang menggabungkan aspirin dan acetaminophen paling berbahaya untuk ginjal.

– Pengertian Penyakit Grover
Definisi Penyakit Grover,
atau transient acantholytic dermatosis, adalah ruam gatal yang umum. Ruam biasanya berbentuk benjolan merah kecil di dada, perut, punggung dan kadang-kadang lengan dan kaki.

– Pengertian Penyakit Gusi
Definisi Penyakit gusi adalah
peradangan pada jaringan lunak (gingiva) dan kehilangan abnormal dari tulang yang mengelilingi dan menahan gigi. Penyakit gusi disebabkan oleh toksin yang disekresi oleh bakteri dalam plak yang menumpuk dari waktu ke waktu di sepanjang garis gusi. Gejala awal penyakit gusi termasuk perdarahan gusi tanpa rasa sakit. Nyeri merupakan gejala dari penyakit gusi lanjut ketika kehilangan tulang di sekitar gigi mengarah pada pembentukan kantong gusi. Bakteri dalam kantong menyebabkan infeksi, pembengkakan, nyeri, dan kerusakan tulang lebih lanjut. Penyakit gusi lanjut dapat menyebabkan hilangnya gigi-gigi yang sehat. Juga disebut penyakit periodontal.

– Pengertian Penyakit Hashimoto Penyakit
Definisi Hashimototo atau tiroiditis Hashimoto, adalah
jenis yang paling umum dari tiroiditis. Kondisi ini dinamai menurut dokter Jepang Hakaru Hashimoto yang pertama kali menggambarkannya pada tahun 1912. Penyakit Hashimoto disebabkan oleh gangguan autoimun yang menyebabkan peradangan tiroid (tiroiditis). Kelenjar tiroid membesar, meskipun hanya pada salah satu sisi. Sel-sel tiroid kemudian menjadi tidak efisien dalam mengkonversi yodium menjadi hormon tiroid, menyebabkan hipotiroidisme.

– Pengertian Penyakit Hirschsprung
Definisi Penyakit Hirschsprung adalah
cacat lahir di mana jumlah sel saraf berkurang pada usus besar.

– Pengertian Penyakit Hodgkin
Definisi Penyakit Hodgkin adalah
sejenis limfoma, kanker dalam sistem limfatik; penyakit Hodgkin menyebabkan sel-sel dalam sistem limfatik untuk mereproduksi abnormal, akhirnya membuat tubuh kurang mampu melawan infeksi. Pembesaran kelenjar getah bening, limpa, dan jaringan limfatik lainnya juga terjadi.

– Pengertian Penyakit Huntington
Definisi Penyakit Huntington adalah
gangguan degenerasi saraf keturunan progresif yang ditandai oleh gangguan perkembangan emosional, perilaku, dan kejiwaan, kehilangan fungsi intelektual atau kognitif yang diperoleh sebelumnya, dan kelainan gerakan (gangguan motorik). Juga dikenal sebagai korea Huntington, gangguan ini dinamai menurut nama dokter Amerika yang pertama kali menggambarkan kondisinya pada tahun 1872. Tanda-tanda klasik penyakit Huntington mencakup korea serta kehilangan bertahap kemampuan berpikir dan belajar (demensia). Hasilnya mungkin berupa gangguan dalam mengingat, berpikir abstrak, dan menilai; kesalahan persepsi waktu, tempat, atau identitas (disorientasi); peningkatan agitasi dan perubahan kepribadian (disintegrasi kepribadian). Meskipun gejala biasanya menjadi jelas usia 40-an atau 50-an, waktu onset bisa variabel dan berkisar dari usia dini sampai dewasa akhir (misalnya, 70-an atau 80-an). Penyakit ini diwariskan dalam keluarga sebagai sifat dominan autosomal. Gangguan ini terjadi sebagai hasil sekuen abnormal panjang atau “pengulangan” kode instruksi dalam gen pada kromosom 4. Kehilangan progresif fungsi sistem saraf terkait terjadi karena hilangnya jaras di daerah tertentu otak, termasuk di ganglia basal dan korteks serebri.

– Pengertian Penyakit Infeksi
Definisi Penyakit infeksi adalah
penyakit yang disebabkan oleh invasi suatu host oleh agen yang kegiatannya membahayakan host (yaitu menyebabkan penyakit) dan dapat ditularkan ke orang lain.

– Pengertian Penyakit Inflamasi
Definisi Penyakit inflamasi adalah
penyakit dengan jaringan yang meradang, ditandai dengan nyeri, pembengkakan, kemerahan dan panas.


Comments are closed.