Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penguatan Negatif – Penyakit Dalam)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penguatan Negatif – Penyakit Dalam) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penggantian Pinggul – Pengobatan Tradisional Cina). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penguatan Negatif - Penyakit Dalam)

– Pengertian Penguatan Negatif
Definisi Penguatan negatif (negative reinforcement) adalah
teknik yang digunakan untuk mencoba mengubah perilaku maladaptif dengan membuang perasaan atau pengalaman negatif untuk mencapai perilaku yang diinginkan. Misalnya, menceritakan seorang anak bahwa mereka tidak perlu mencuci piring jika mereka berperilaku bai, bukannya menghukum mereka untuk mencuci piring jika mereka nakal. Teknik ini digunakan dalam terapi perilaku.

– Pengertian Pengujian Biomedis
Definisi Pengujian biomedis (biomedical testing) adalah
pengujian sekelompok orang untuk mengetahui apakah perubahan dalam fungsi tubuh telah terjadi karena paparan zat berbahaya.

– Pengertian Peningkatan Tekanan Intrakranial
Definisi Peningkatan Tekanan Intrakranial
Setelah cedera otak, tengkorak dapat menjadi terlalu penuh oleh jaringan otak yang membengkak, darah, atau cairan serebrospinal. Tengkorak yang keras tidak akan meregang untuk menghadapi perubahan ini. Tengkorak mungkin menjadi terlalu penuh sehingga meningkatkan tekanan pada jaringan otak. Kondisi ini disebut peningkatan tekanan intrakranial. Juga disebut hipertensi intrakranial (intracranial hypertension).

– Pengertian Penis
Definisi Penis adalah
organ reproduksi luar (genitalia) laki-laki. Penis terdiri dari kepala (glans) dan batang. Pada ujung glans ada pembukaan uretra, di mana urin dan air mani meninggalkan tubuh. Batang penis terbuat dari jaringan spons dan pembuluh darah. Batang ini terisi darah sehingga membesar (menjadi ereksi) selama rangsangan seksual.

– Pengertian Penisilin Spektrum Sempit
Definisi Penisilin spektrum sempit adalah
jenis antibiotik yang hanya aktif terhadap bakteri tertentu, termasuk bakteri gram-positif seperti Staphylococcus aureus dan Streptococcus.

– Pengertian Penolakan Pada transplantasi biologi
Definisi penolakan
tubuh untuk menerima transplantasi sel, jaringan atau organ. Sebagai contoh, transplantasi ginjal mungkin ditolak oleh tubuh.

– Pengertian Penstabil
Definisi Pestabil (stabilizer) adalah
zat yang ditambahkan pada makanan untuk mempertahankan teksturnya. Mereka berkontribusi pada konsistensi produk dalam berbagai kondisi yang dihadapi selama pengolahan, penyimpanan atau penggunaan. Penstabil ditambahkan ke makanan yang bahan-bahannya tidak bercampur dengan baik sehingga mencegah mereka untuk berpisah lagi. Gelatin dan karagenan (rumput laut yang dapat dimakan) adalah penstabil umum.

– Pengertian Penuaan
Definisi Penuaan adalah
proses sepanjang hidup untuk semakin tua, bukan hanya pengalaman hidup di masa tua.

– Pengertian Penyakit
Definisi Penyakit adalah
perubahan dalam proses tubuh yang mengganggu kemampuan berfungsi normalnya. Setiap hari fisiologi tubuh manusia menuntut dipertahankannya tingkat oksigenasi, asiditas, salinitas, dan lainnya dalam rentang spektrum yang sangat sempit. Sebuah penyimpangan dari rentang tersebut dapat disebabkan oleh kegagalan organ, racun, gen, radiasi, atau infeksi bakteri dan virus.

– Pengertian Penyakit Addison
Definisi Penyakit Addison adalah
penyakit endokrin akibat kekurangan steroid adrenal, terutama aldosteron yang biasanya disebabkan oleh atrofi idiopatik atau kerusakan kedua kelenjar adrenal oleh tuberkulosis, gangguan autoimun atau penyakit lain yang ditandai dengan kelelahan, penurunan tekanan darah, penurunan berat badan, peningkatan pigmentasi melanin pada kulit dan selaput lendir, anoreksia dan mual atau muntah. Tanpa terapi substitutif yang tepat, kondisi ini dapat berkembang menjadi insufisiensi adrenokortikal akut. Sinonim: sindrom Addison, hiposupradrenalisme, morbus Addisonii.

– Pengertian Penyakit Alzheimer
Definisi Penyakit Alzheimer adalah penyakit sistem saraf di mana protein abnormal (yang kusut dan plakat) berkembang di otak, dan jaringan otak menyusut. Seiring waktu, akumulasi protein ini menyebabkan masalah dalam proses berpikir normal dan kemampuan untuk membuat keputusan dan pertimbangan, perubahan kepribadian, perilaku abnormal, dan masalah memori. Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyebab utama demensia.

– Pengertian Penyakit Arteri Koroner
Definisi Penyakit Arteri Koroner
Nama lain dari penyakit jantung koroner.

– Pengertian Penyakit Celiac
Definisi Penyakit Celiac adalah 
gangguan pencernaan kronis warisan di mana terdapat kerusakan pada lapisan usus kecil yang mengarah pada malabsorpsi mineral dan nutrisi. Kerusakan lapisan dalam dari usus kecil pada penyakit celiac disebabkan oleh reaksi (alergi) imunologi terhadap gluten. Gluten adalah kelompok protein yang hadir dalam gandum, barley, rye.

– Pengertian Penyakit Creutzfeldt-Jakob
Definisi Penyakit Creutzfeldt-Jakob adalah
penyakit kronis, progresif, fatal pada sistem saraf pusat yang disebabkan oleh prion.

– Pengertian Penyakit Dalam
Definisi Penyakit dalam adalah
spesialisasi medis yang didedikasikan untuk diagnosis dan pengobatan orang dewasa. Seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam penyakit dalam disebut sebagai internis atau spesialis penyakit dalam. Subspesialis penyakit dalam meliputi:
> Alergi-Imunologi Klinik (Sp.PD-KAI)
> Alergi-Imunologi Klinik (Sp.PD-KAI)
> Gastroenterologi-Hepatologi (Sp.PD-KGEH)
> Geriatri (Sp.PD-KGer)
> Ginjal-Hipertensi (Sp.PD-KGH)
> Hematologi – Onkologi Medik (Sp.PD-KHOM)
> Hepatologi (Sp.PD-KH)
> Kardiovaskuler (Sp.PD-KKV)
> Endokrin-Metabolik-Diabetes(Sp.PD-KEMD)
> Psikosomatik (Sp.PD-KPsi)
> Pulmonologi (Sp.PD-KP)
> Reumatologi (Sp.PD-KR)
> Penyakit Tropik-Infeksi (Sp.PD-KPTI)

Comments are closed.