Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pemetaan Otak – Pencegahan Universal)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pemetaan Otak – Pencegahan Universal) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pemantauan Biologis – Pemeriksaan Kesehatan). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pemetaan Otak - Pencegahan Universal)

– Pengertian Pemetaan Otak
Definisi Pemetaan otak adalah
istilah yang umum digunakan untuk beberapa teknik EEG kuantitatif (komputerisasi). Hal ini termasuk (a) analisis frekuensi EEG, (b) tampilan topografi, (c) perbandingan statistik dengan database normatif dan (d) perhitungan berbasis komputer lain yang serupa berdasarkan potensi atau bangkitan EEGn. Pemetaan otak dapat membantu menyoroti atau mengidentifikasi fitur regional dari EEG. Kadang-kadang hal ini akan mengidentifikasi fitur samar yang lolos identifikasi oleh inspeksi visual tradisional dari poligraf EEG saja. Pemetaan otak EEG juga dapat membantu dalam mengkomunikasikan fitur-fitur EEG dan melokalisasi mereka, terutama untuk berkomunikasi dengan orang yang tidak ahli dalam EEG. Kuantifikasi fitur EEG dapat membantu dalam penilaian apakah beberapa fitur yang hadir ada pada tingkat normal. Pemrosesan EEG berbasis komputer juga dapat menghitung fitur abstrak yang tidak dapat divisualisasikan. Namun, meskipun ada keuntungan potensial, aplikasi klinis dari pemetaan otak EEG masih sangat terbatas. Kebanyakan laporan ilmiah tentang teknik hanya menunjukkan aplikasi penelitian daripada kegunaan klinis.

– Pengertian Pemfigoid Bulosa
Definisi Pemfigoid bulosa adalah
lepuhan autoimun dari bula yang menegang (menonjol, dibatasi, lesi berisi serosa) yang terjadi pada orang tua, umumnya bersifat kronis dan jinak. Pemfigoid bulosa dapat terjadi di mana saja pada kulit tetapi lebih umum pada daerah lipatan kulit seperti selangkangan dan ketiak. Pemfigoid bulosa dapat juga terjadi di mulut.

– Pengertian Pemfigus Vulgaris
Definisi Pemfigus vulgaris (pemphigus vulgaris/ PV) adalah
gangguan autoimun berupa lepuhan (blister) kulit dan membran mukosa (selaput lendir). Penyebab kondisi ini tidak diketahui, tapi kadang-kadang disebabkan oleh obat tertentu, meskipun jarang terjadi. Obat-obatan yang dapat menyebabkan kondisi ini termasuk obat yang disebut penisilamin, yang menghilangkan bahan-bahan tertentu dari darah (chelating agent) dan obat tekanan darah jenis ACE inhibitor. Pemfigus jarang terjadi dan hampir selalu pada orang paruh baya atau lebih tua.

– Pengertian Pemindaian Nuklir
Definisi Pemindaian nuklir (nuclear scan) adalah
sebuah tes atas struktur, aliran darah, dan fungsi ginjal. Dokter menyuntikkan larutan radioaktif ringan ke vena lengan dan menggunakan sinar-x untuk memantau pergerakannya melalui ginjal.

– Pengertian Pemindaian Tulang
Definisi Pemindaian tulang (bone scan) adalah
prosedur pencitraan di mana zat berpenanda radioaktif disuntikkan ke dalam tubuh untuk mengetahui status cedera tulang. Jika zat radioaktif itu diserap oleh tulang di lokasi cedera, cedera akan menunjukkan sebagai “hot spot” pada gambar scan. Pemindaian tulang ini sangat berguna dalam diagnosis patah tulang stres.

– Pengertian Pemodelan Penyakit
Definisi Pemodelan penyakit adalah
penggunaan kultur sel di laboratorium atau penelitian hewan untuk mendapatkan informasi baru tentang penyakit manusia.

– Pengertian Pemoline
Definisi Pemoline adalah
sejenis stimulan sistem saraf pusat (SSP).

– Pengertian Pemrograman Ulang Sel
Definisi Pemrograman ulang sel (cellular reprogramming) adalah
proses perubahan profil ekspresi gen dari satu jenis (misalnya neuron) ke jenis lain (misalnya sel induk embrio).

– Pengertian Penahapan
Definisi Penahapan (staging) adalah
proses untuk menentukan apakah kanker telah menyebar dan seberapa jauh. Ada lebih dari satu sistem untuk penahapan kanker.

– Pengertian Penahapan ABCD
Definisi Penahapan ABCD (ABCD Rating) adalah
sistem penahapan kanker yang menggunakan ABCD. “A” dan “B” mengacu pada kanker yang terbatas pada tempatnya. “C” mengacu pada kanker yang telah tumbuh keluar dari tempat asalnya tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening atau tempat lain di tubuh. “D” mengacu pada kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening atau ke tempat-tempat lain dalam tubuh. Juga disebut sistem penahapan Jewett dan Whitmore-Jewett.

– Pengertian Penanda Prognostik
Definisi Penanda prognostik (prognostic marker) adalah
karakteristik yang memberikan indikasi kemungkinan perkembangan penyakit di antara pasien dengan karakteristik yang sama. Tujuan pengacakan dalam percobaan klinis adalah memiliki kelompok terawat yang memiliki faktor prognostik penting sama. Sebagai contoh, jika usia diketahui mempengaruhi hasil pengobatan, maka skema randomisasi terpisah akan digunakan untuk kelompok usia yang berbeda.

– Pengertian Penanda Tumor
Definisi Penanda tumor (tumor marker) adalah
zat kimia yang ditemukan dalam jumlah meningkat dalam cairan tubuh beberapa pasien kanker. Kehadiran suatu penanda tumor dalam darah dapat menjadi indikasi bahwa kanker hadir dalam tubuh. Penanda tumor dapat digunakan sebagai bagian dari proses diagnostik, tetapi umumnya tidak dapat memberikan diagnosis definitif. Penanda tumor juga digunakan untuk memantau kemajuan pengobatan serta kemungkinan kekambuhan kanker setelah perawatan.

– Pengertian Pencahar
Definisi Pencahar atau laksatif adalah
sebuah obat yang merangsang gerakan usus.

– Pengertian Pencegahan
Definisi Pencegahan adalah
mengurangi risiko infeksi dan penularan penyakit.

– Pengertian Pencegahan Universal
Definisi Pencegahan Universal adalah
teknik yang digunakan oleh penyedia layanan kesehatan (misalnya, penggunaan sarung tangan dan masker wajah, pembuangan jarum suntik yang digunakan) untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

To top