Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pansitopenia – Parasitemia)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pansitopenia – Parasitemia) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (P53 – Pankreatitis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pansitopenia - Parasitemia)

– Pengertian Pansitopenia
Definisi Pansitopenia adalah
pengurangan signifikan jumlah eritrosit, semua jenis sel darah putih, dan trombosit di sirkulasi darah.

– Pengertian Pap Smear
Definisi Pap smear atau tes Pap adalah
tes yang melibatkan pemeriksaan mikroskopik dari sel-sel yang dikumpulkan dari leher rahim, yang digunakan untuk mendeteksi perubahan yang mungkin kanker atau dapat menyebabkan kanker dan kondisi non-kanker, seperti infeksi atau peradangan.

– Pengertian Paparan
Definisi Paparan atau eksposur adalah
hadir dalam kontak dengan mikroorganisme penyebab penyakit; paparan dapat menyebabkan infeksi.

– Pengertian Paparan Akut
Definisi Paparan akut adalah
kontak dengan zat yang terjadi sekali atau hanya untuk waktu singkat (hingga 14 hari).

– Pengertian Paparan Kronis
Definisi Paparan kronis adalah
kontak dengan zat yang terjadi selama waktu yang lama (lebih dari 1 tahun).

– Pengertian Papiledema
Definisi Papiledema (atau papiloedema) adalah
pembengkakan diskus optikus, titik di mana saraf optik memasuki retina, yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam tengkorak (tekanan intrakranial). Cairan yang mengelilingi otak terus-menerus diproduksi dan diserap untuk menjaga tekanan intrakranial secara memadai yang membantu melindungi otak jika ada trauma tumpul terhadap kepala. Papiledema biasanya merupakan pertanda kerusakan neurologis yang serius seperti stroke atau trauma otak yang menyebabkan perdarahan, tumor otak, hipertensi maligna, atau infeksi inflamasi seperti ensefalitis dan meningitis. Meskipun papiledema bukanlah gangguan mata, bila tidak diobati akan mengakibatkan kebutaan karena pembengkakan menutupi aliran darah ke saraf optik. Saraf ini adalah kabel tebal yang menghubungkan bagian belakang bola mata dan retina ke otak.

– Pengertian Papilitis
Definisi Papilitis adalah
peradangan saraf optik dan edema yang disebabkan oleh tekanan intrakranial di tempat saraf memasuki bola mata.

– Pengertian Papilomatosis Respiratorik Rekuren
Definisi Papilomatosis respiratorik rekuren (recurrent respiratory papillomatosis /RRP) adalah
penyakit langka yang ditandai dengan pertumbuhan tumor pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV). Meskipun terutama terjadi pada laring dan di sekitar pita suara, tumior ini bisa menyebar ke bawah dan mempengaruhi trakea, bronkus dan terkadang paru-paru. Aspek khas dari penyakit ini adalah kecenderungan untuk tumbuhnya kembali papiloma setelah prosedur pembedahan yang menghapusnya. Oleh karena itu, ada kata “rekuren” pada namanya. Tumor ini bisa seperti kutil, sering memiliki penampilan seperti kembang kol, baik bersifat pedunkulata (terlampir hanya dengan tangkai tipis), atau sesil (dengan erat menempel mukosa). RRP terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Pada anak-anak, disebut JORRP (juvenile onset RRP) hampir selalu didiagnosis pada usia sepuluh dan biasanya sebelum usia lima tahun. JORRP biasanya adalah dari penularan HPV ibu ke anak. Studi virologi telah membuktikan hubungan antara kondiloma akuminata dan JORRP.

– Pengertian Papula
Definisi Papula adalah
lesi teraba kecil. Definisi umumnya adalah diameternya kurang dari 0,5 cm, meskipun beberapa penulis menyebut hingga 1,5 cm. Mereka terangkat di atas permukaan kulit, dan dapat soliter atau multipel.

– Pengertian Paradoks Perancis
Definisi Paradoks perancis adalah
istilah yang digunakan untuk menggambarkan insiden penyakit jantung yang rendah pada penduduk Perancis meskipun diet mereka biasanya tinggi lemak jenuh.

– Pengertian Parafilia
Definisi Parafilia adalah
perasaan atau perilaku seksual yang mungkin melibatkan pasangan seksual bukan manusia, tanpa sukarela, atau melibatkan penderitaan salah satu atau kedua pasangan. Termasuk dalam kategori parafilia adalah gangguan mental seksual eksibisionisme, fetisisme, froteurisme, pedofilia, masokisme seksual, sadisme seksual, fetisisme transvestik, dan voyeurisme. Selain itu, ada juga kategori untuk parafilia yang kurang umum, termasuk necrofilia, zoofilia, dan lainnya. Tidak jarang bagi seorang individu memiliki lebih dari satu parafilia.

– Pengertian Parameter
Definisi Parameter adalah
komponen yang dapat dikendalikan dalam percobaan untuk tetap konstan di sepanjang prosedur.

– Pengertian Paranoia
Definisi Paranoia adalah
gejala di mana seseorang merasa seolah-olah dunia “berniat mencelakakan” dirinya. Orang-orang yang paranoid merasa seolah-olah orang lain selalu membicarakan mereka di belakang punggung mereka.

– Pengertian Parasetamol
Definisi Parasetamol (paracetamol) adalah
obat yang mengurangi rasa sakit dan demam (tapi tidak peradangan), yang merupakan anggota kelompok obat yang disebut analgesik. Juga disebut asetaminofen.

– Pengertian Parasit
Definisi Parasit adalah
hewan atau tumbuhan yang hidup di dalam atau dari organisme lain, dari mana ia memperoleh makanan.

– Pengertian Parasitemia
Definisi Parasitemia adalah
kehadiran parasit dalam darah beredar; digunakan terutama mengacu pada protozoa malaria dan protozoa lainnya dan mikrofilaria.

To top